Pengaruh Konten Pemasaran Terhadap Interaksi Konsumen Pada Produk Indomie PT Indofood (Studi Pada Konsumen Indomie di Surabaya)
Abstract
Pada masa sekarang, perkembangan internet sangat pesat mengakibatkan semua kalangan ketergantungan dengan internet. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis yang memaksa melakukan perubahan pemasaran melalui internet. Internet memberikan platform yang luas dan terbuka bagi pelaku periklanan untuk mencapai audiens yang lebih besar dan lebih tersegmentasi. Dalam pembuatan iklan, diharapkan bisa menarik dan tidak monoton. Pemasaran digital merupakan suatu cara inovatif dalam mengikuti perkembangan jaman. Pemasaran digital memiliki keunggulan dalam mencapai target yang terukur dan bersifat interaktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konten pemasaran terhadap interaksi konsumen pada produk Indomie PT Indofood di Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi Indomie di Surabaya. Data tersebut diperoleh dari kuisioner yang diisi secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Sumber data diambil melalui kuesioner, buku, website dan literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel konten pemasaran terhadap interaksi konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten pemasaran berpengaruh terhadap interaksi konsumen.
Kata kunci : Internet, Iklan, Pemasaran Digital, Konten Pemasaran, Interaksi Konsumen
References
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Pradipa, B. D., Nandita, K. F., Wati, L. S., Azzahra, M. N., & Dewanto, S. (2023). Pengaruh Konten Instagram Chatime Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(1), 43. https://doi.org/10.24853/jbk.1.1.2023.43-52
Rahmatillah, F., & Saefuloh, D. (2022). Analisis Pengaruh Konten Pemasaran Tiktok terhadap Niat beli: Studi Kasus pada Produk UMKM Makanan. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1099–1104.
Sonhaji, A. I. (2022). Profil Perkembangan Kependudukan Kota Surabaya 2022. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.
Sya’idah, E. H., & Jauhari, T. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement Pada Testoefl.Id. Jurnal Ecoment Global, 7(2), 153–161. https://doi.org/10.35908/jeg.v7i2.2193
Wahyudiyono. (2019). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 63. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487
Copyright (c) 2024 Wahyu Arrofiq, Sonja Andarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.