Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Jovanbeauty Karawang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Media Sosial dan E-WOM terhadap minat beli konsumen JovanBeauty di Karawang, serta mengidentifikasi faktor yang paling berpengaruh terhadap minat beli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Lemeshow. Penelitian dilakukan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner berskala Likert yang disebarkan kepada 100 responden di kalangan calon konsumen JovanBeauty di Karawang. Analisis regresi linier berganda dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) secara signifikan dan positif mempengaruhi niat beli. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan yang secara teoritis mempengaruhi niat beli. Disarankan bagi perusahaan untuk meningkatkan strategi media sosial mereka dan menciptakan pengalaman konsumen yang positif, mendorong mereka untuk berbagi ulasan dan rekomendasi secara online. Hal ini dapat meningkatkan citra merek dan meningkatkan niat beli
References
Apriani, D. and M. Pradana. (2017). The Influence of Electronic Word of Mouth (EWOM) Towards Consumers’ Purchase Decision at Bakso Boedjangan Bandung. Journal of Business Management, Vol. 3, No. 1, pp. 38-44.
Bjurling, L., and V. Ekstam. (2018). Influencer Marketing’s Effect on Brand Perceptions: A consumer Involvement Perspective. Master's Thesis, Lund University. Retrieved from http://lup.lub.lu.se/luur/download?func= download File&recordOId=8949706&fileOId=8949707.
Bjurling, L., and V. Ekstam. (2018). Influencer Marketing’s Effect on Brand Perceptions: A consumer Involvement Perspective. Master's Thesis, Lund University. Retrieved from http://lup.lub.lu.se/luur/download?func= download File&recordOId=8949706&fileOId=8949707.
Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word of Mouth (E-WOM) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), Vol. 2, No. 1, pp. 31-45, https://doi.org/ 10.15642/manova.v2i1.354.
Damayanti, Y. (2020). Kajian Literatur Efektivitas Electronic Word of Mouth (E-WOM) Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), Vol. 2, No. 1, pp. 31-45, https://doi.org/ 10.15642/manova.v2i1.354.
Duffy, Brooke Erin and Emily Hund. (2015). “Having it All” on Social Media: Entrepreneurial Femininity and Self-Branding Among Fashion Bloggers. Social Media + Society, Vol. 1, No. 2, pp. 1–11.
Duffy, Brooke Erin and Emily Hund. (2015). “Having it All” on Social Media: Entrepreneurial Femininity and Self-Branding Among Fashion Bloggers. Social Media + Society, Vol. 1, No. 2, pp. 1–11.
Ekasari, Novita. (2014). Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, Vol. 16, No. 2, pp. 81–102
KIOEK, Maria Anita Carolina; ELLITAN, Lena; HANDAYANI, Yuliasti Ika. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. BIP's Jurnal Bisnis Perspektif, 14.1: 11-28.
Savitri, Citra, and Robby Fauji. (2021). Model Electronic Word Of Mouth dan Rating dalam Mempengaruhi Minat Beli pada Marketplace Shopee pada Masa Pandemi Covid-19. Buana Ilmu 6.1: 1-12.
Copyright (c) 2024 Anistasya Jovanka, Sihabudin Sihabudin, Robby Fauji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
pdf downloaded = 11 times