ANALISA IMPLEMENTASI BUSINESS PROCESS REENGINEERING: STUDY LITERATURE REVIEW

  • Omitta Yuliastuti Kusharini Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Sanya Diandra Praniti Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Lena Fitriyani Martal Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Thomas Alpa Edyson Ringo Ringo Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mira Veranita Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: BPR, Business process, Business Process Reengineering, Process Innovation, Organization.

Abstract

Business Process Reengineering (BPR) adalah suatu metode manajemen perubahan yang menitikberatkan pada perbaikan proses dengan cara mengurangi elemen-elemen proses yang tidak memberikan nilai tambah. BPR adalah teknik yang pada dasarnya digunakan oleh sebuah organisasi untuk memikirkan kembali dan meningkatkan pekerjaan mereka dengan tujuan untuk secara dramatis meningkatkan klien. metode pendekatan BPR secara menyeluruh membentuk kembali praktik bisnis yang ditujukan untuk mencapai kinerja yang lebih baik secara keseluruhan baik dalam hal biaya, kualitas layanan, kecepatan layanan, dan kemahiran petugas layanan. Artikel ini bertujuan untuk menemukan bagaimana literatur sebelumnya telah menggambarkan faktor-faktor keberhasilan BPR, dalam hal Human-Technology-Organization (HTO) elemen dan tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh praktisi BPR. Berdasarkan dari temuan melalui literature review menunjukkan bahwa BPR adalah metodologi terbaik yang dapat dapat diterapkan pada banyak organisasi bisnis sehingga dapat menghasilkan proses bisnis yang efektif, efisien dan hemat biaya. BPR melibatkan pemikiran ulang proses bisnis yang dapat membantu secara drastis mengurangi biaya produk atau jasa. Dari perspektif historis, BPR telah diterima sebagai strategi manajemen bisnis yang kuat sejak tahun 1990.

 

References

Fetais, A., Abdella, G. M., Al-Khalifa, K. N., Hamouda, A. M. (2022). Business Process Re-Engineering: A Literature Review-Based Analysis of Implementation Measures. MDPI,13 185-193. https://doi.org/10.3390/info13040185
Kumar, M. S., Harshita, D., (2019). Process Innovation Methods on Business Process Reengineering. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(11) 2766-2768.DOI: 10.35940/ijitee.K2244.0981119. https://www.researchgate.net/publication/335756725
Linarti, U., Anugrah, H.D., Asih, M.H. (2023). Business process reengineering involving information technology in a tin mining company. Journal of industrial engineering and education (JIEE), 1(1). 119–130. https://jiee.bksti.org/index.php/iee/article/view/18
Nurfadilah, Sidin, A.I., Kadir, A.R. (2021). Key Success Factors in Implementing Business Process Re-Engineering (BPR) in Hospitals: Integrative Review. Journal of Asian Multicultural Research for Medical and Health Science Study, 2(3). 60-72.
Zaini, Z., Saad. A., (2019). Business Process Reengineering as the Current Best Methodology for Improving the Business Process. Journal of ICT in Education (JICTIE), Vol (6) 66-85. https://doi.org/10.37134/jictie.vol6.7.2019.
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 2 times