ANALISA IMPLEMENTASI BUSINESS PROCESS REENGINEERING: STUDY LITERATURE REVIEW
Abstract
Business Process Reengineering (BPR) adalah suatu metode manajemen perubahan yang menitikberatkan pada perbaikan proses dengan cara mengurangi elemen-elemen proses yang tidak memberikan nilai tambah. BPR adalah teknik yang pada dasarnya digunakan oleh sebuah organisasi untuk memikirkan kembali dan meningkatkan pekerjaan mereka dengan tujuan untuk secara dramatis meningkatkan klien. metode pendekatan BPR secara menyeluruh membentuk kembali praktik bisnis yang ditujukan untuk mencapai kinerja yang lebih baik secara keseluruhan baik dalam hal biaya, kualitas layanan, kecepatan layanan, dan kemahiran petugas layanan. Artikel ini bertujuan untuk menemukan bagaimana literatur sebelumnya telah menggambarkan faktor-faktor keberhasilan BPR, dalam hal Human-Technology-Organization (HTO) elemen dan tantangan apa saja yang akan dihadapi oleh praktisi BPR. Berdasarkan dari temuan melalui literature review menunjukkan bahwa BPR adalah metodologi terbaik yang dapat dapat diterapkan pada banyak organisasi bisnis sehingga dapat menghasilkan proses bisnis yang efektif, efisien dan hemat biaya. BPR melibatkan pemikiran ulang proses bisnis yang dapat membantu secara drastis mengurangi biaya produk atau jasa. Dari perspektif historis, BPR telah diterima sebagai strategi manajemen bisnis yang kuat sejak tahun 1990.
References
Kumar, M. S., Harshita, D., (2019). Process Innovation Methods on Business Process Reengineering. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(11) 2766-2768.DOI: 10.35940/ijitee.K2244.0981119. https://www.researchgate.net/publication/335756725
Linarti, U., Anugrah, H.D., Asih, M.H. (2023). Business process reengineering involving information technology in a tin mining company. Journal of industrial engineering and education (JIEE), 1(1). 119–130. https://jiee.bksti.org/index.php/iee/article/view/18
Nurfadilah, Sidin, A.I., Kadir, A.R. (2021). Key Success Factors in Implementing Business Process Re-Engineering (BPR) in Hospitals: Integrative Review. Journal of Asian Multicultural Research for Medical and Health Science Study, 2(3). 60-72.
Zaini, Z., Saad. A., (2019). Business Process Reengineering as the Current Best Methodology for Improving the Business Process. Journal of ICT in Education (JICTIE), Vol (6) 66-85. https://doi.org/10.37134/jictie.vol6.7.2019.
Copyright (c) 2024 Omitta Yuliastuti Kusharini, Sanya Diandra Praniti, Lena Fitriyani Martal, Thomas Alpa Edyson Ringo Ringo, Mira Veranita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.