Pengaruh Literasi Keuangan, Sosial, Dan Gaya Hidup Terhadap Pengguna Aplikasi Pinjaman Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji, dan membuktikan pengaruh
literasi keuangan, sosial, dan gaya hidup terhadap pengguna aplikasi pinjaman online.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Populasi
dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi pinjaman online yang berada di Indonesia.
Sampel dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi pinjaman online yang ada di Provinsi
Jawa Timur sebanyak 1.943.673 yang kemudian ditentukan menggunakan rumus Slovin,
diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Hipotesis diuji dengan metode analisis regresi
linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji kualitas data, uji normalitas, dan uji asumsi
klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial dan gaya hidup tidak
berpengaruh terhadap pengguna aplikasi pinjaman online, sedangkan literasi keuangan
berpengaruh terhadap pengguna aplikasi pinjaman online.
References
Ajzen, I. (2005). Atitudes, Personality, And Behavior. Second Edition. New York: Open University Press.
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial. Textile View Magazine, 01(02), 92–101.
Dopin, J. N., Setiawan, M., Renopasi, R., Oktario, D. R., & Nugroho, S. (2024). Dampak Sosial Ekonomi Pinjaman Online di Palangkaraya: Kajian Terhadap Pola Peminjaman dan Pengaruhnya terhadap Masyarakat. Balance: Media Informasi Akuntansi Dan Keuangan, 16(1), 44–49.
Erdi, T. W. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal.Fkpt.Org, 3(3), 1273–1284.
Firmansyah, A., Falembayu, A., Andi, ) ;, Siburian, S., Bintang, ) ;, Ginting, P., Simatupang, C., Kelvin, ) ;, Putra, K., Aisyah, M., Muthia, ) ;, Marchelizi, A., Siallagan, N., Rifqi, ) ;, Wibowo, H., Ariawan, Y., Id, A. A., Keuangan, P., & Stan, N. (2021). Edukasi Literasi Keuangan kepada Kelompok Ibu-Ibu dan Remaja Terkait dengan Jasa Pinjaman Online Di Era Pandemi Covid 19. 1(1), 14–21.
Frederica, D., Magdalena, F. C. S., Gunarso, G., Anastasia, C., & Cici, H. D. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Lainnya terhadap Niat Masyarakat Menggunakan Pinjaman Online. 7(1), 141–155.
Gozhali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kothler, & Amstrong. (2018). Principles of Marketing (edisi 15). global edition : pearson.
Kusumawardhany, S. S., Yunita Kurnia Shanti, Khoirunnisa Azzahra, Baiq Fitri Arianti, & Anggun Putri Romadhina. (2021). Penerapan Literasi Keuangan Dalam Memahami Financial Technology. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 151–160.
Mirza Gayatri, A., & Muzdalifah, M. (2022). Memahami Literasi Keuangan sebagai upaya Pencegahan Perilaku Konsumtif dari Pinjaman Online. Judicious, 3(2), 297–306.
ojk. (2019). FAQ: Kategori Umum Fintech Lending.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan RI. (2023). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2023 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan Masyarakat Indonesia. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, 53(9), 3–5.
Sulistianingsih, H., Maivalinda, & Riski, T. R. (2021). Dampak Literasi Digital dan Faktor Demografi terhadap Perilaku Keuangan Pinjaman Online di Masa Pandemi Covid-19. 4(2), 259–270.
Copyright (c) 2024 Salsabila Isnaini Putri, Hero Priono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.