ANALISIS DISTINCTIVE CAPABILITY DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM FURNITURE
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.10829Keywords:
Distinctive Capability, Kinerja Bisnis, Keunggulan BersaingAbstract
UMKM Furniture menjadi salah satu sektor unggulan di Indonesia yang memiliki potensi besar. Namun, saat ini kontribusi yang diberikan terhadap perekonomian di Indonesia tengah mengalami penurunan. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut yaitu disebabkan oleh penurunan kinerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh distinctive capability dalam meningkatkan kinerja bisnis melalui peran keunggulan bersaing. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu UMKM Furniture di Kabupaten berjumlah 100 UMKM dengan kerangka sampel menggunkan teknik cluster sampling dan stratified random sampling. Teknik inferensial menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara distinctive capability terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap kinerja bisnis, Dan keunggulan bersaing memediasi secara parsial hubungan antara distinctive capability terhadap kinerja bisnis secara positif dan signifikan.
References
Aprilianti, Nisa, Surtiani, Ani, & Johan, Ahmad. (2023). Business Performance MSMEs Bandung City : The Role Of Marketing Mix Strategy And Service Quality ( Study At Sambel Mitoha Restaurant Bandung ) Kinerja Bisnis UMKM Kota Bandung : Peran Strategi Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan ( Studi Pada Rumah Mak. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8451–8461.
Arraya, Marco. (2022). The relationship between distinctive capabilities system, learning orientation, leadership and performance. European Journal of Management Studies, 27(2), 205–227.
Asari, Andi, Zulkarnain, Hartatik, Anam, Ahmad, Suparto, Limahuputty, Jacomina, Dewadi, Fathan, Prihastuty, Dyah Rini, Maswar, Syulrilla, Wara, Murni, Nanti Sari, & Sukwika, Tatan. (2023). Pengantar Statistika (Cetakan Pe; Andi Asari, ed.). Sumatera Barat: PT. MAFY MEDIA LITERASI INDONESIA.
Auliandari, Tasya, Linda Hetri Suriyanti, and Zul Azmi. “Determinan Adopsi E-Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Fashion Di Pekanbaru).” Accountia Journal (Accounting Trusted, Inspiring, Authentic Journal) 6.2 (2022): 153-170.
Ciptagustia, Annisa. (2019). Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Distinctive Capabilities serta Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Industri Furniture Rotan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(1), 1–15.
Darmawan, D., Sari, P. N. L., Jamil, S. A., & Mardikaningsih, Rahayu. (2023). Penerapan Manajemen Strategi: Kontribusi Orientasi Pasar Dan Orientasi Teknologi Terhadap Kinerja Bisnis UMKM. Journal of Management and Economics Research, 1(2), 64–70.
Fanani, Yazied Kamal, and Dhiah Fitrayati. "Pengaruh modal insani dan modal sosial terhadap kinerja UMKM makanan dan minuman di Surabaya." Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 9.3 (2021): 84-89.
Ferdiansyah, Ahmad, and Eri Bukhari. "Pengaruh Modal, Financial Knowledge, Teknologi Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Fashion Di Bekasi Utara." Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen 17.2 (2021): 103-114.
Ghozali, Imam. (2021). Structural Equation Modeling Dengan Metode Alternatif Partrial Least Squares (PLS) (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarto, Muji, Armanto, Rully, Verawaty, & Achmadi, Judi. (2021). The role of collaboration in mediating distinctive capability on performance in the digital industry in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3028–3036.
Hidayat, Asep, Lesmana, Surya, & Latifah, Zahra. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.
Kurniawati, Dian, & Yanti, Ani Rohmah. (2018). Tantangan Eksportir Furnitur Di Yogyakarta Studi Kasus Cv. Dbest Furniture. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(01).
Maryatmo, Rogatianus, & Pamenta, Devi Victoria. (2023). Peran Aplikasi Digital Pada Kinerja Bisnis Kedai Kopi Skala Mikro Di Diy. Jurnal Modus, 35(1), 101–115.
Komariah, Neng Siti, M. Fadhli Nursal, and Muhammad Richo Rianto. "Pengaruh Inovasi dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Makanan Halal di Kota Bekasi Utara." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8.2 (2022): 2247-2252.
Kurniawan, Jefri Handy, and Kartika Nuringsih. "Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Makanan Khas Jambi." Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 6.1 (2022): 176-187.
Ludiya, Eka, and Aam Rachmat Maulana. "Pengaruh karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha pada UMKM fashion di kota cimahi." Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 17.1 (2020): 113-120.
Lorensa, Eliora, and Nur Hidayah. "Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja umkm fashion." Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 4.3 (2022): 739-748.
Mathafena, Rose boitumile Galawe, Jabulile. (2021). Entrepreneurial orientation , market orientation and opportunity exploitation in driving business performance: Moderating effect of interfunctional co-ordination. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 15(3).
Nafrianti, Hardiana, Samsir, & Paramitha, Anggia. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi Pada Usaha Minuman Boba Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 1–13.
Nasution, Salman, & Silalahi, Purnama Ramadani. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Umkm Kuliner Berbasis Syariah Di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 510–519.
Novitasari, Anindita Trinura. (2022). Kontribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Journal of Applied Business and Economic, 9(2), 185.
Nurhasanah, Sri Tania, Sunarya, Erry, & Ramdan, Asep Muhammad. (2022). Analysis Of Distinctive Capabilities And Entrepreneurial Orientation To Competitive Advantage For SMEs Traditional Food Typical Of Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2154–2160. Retrieved from
Pratama, Mochamad Iqbal, Sunarya, Erry, & Saori, Sopyan. (2022). MSMEs Performance During the Covid-19 Pandemic Analisis Orientasi Kewirausahaan dan Adopsi E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(3), 1450–1459.
Putri, Nadia Azalia. "Pengaruh Literasi Keuangan dan Kapabilitas Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja UMKM Kerajinan Tangan di Kabupaten Jember." Opinia de Journal 2.1 (2022): 1-13.
Putri, Sri Melisa, Desmiyawati, & Hariadi. (2020). Pengaruh Keunggulan Bersaing dan Kompetensi KewirausahaanTerhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)(Studi Empiris pada UMKM di Kabupaten Rokan Hilir). Journal of Public and Business Accounting, 1(2), 43–53.
Ramdan, Asep Muhamad, Rahayu, Agus, Wibowo, Lili Adi, & Dirgantari, Puspo Dewi. (2021). The effect of uniqueness and student’s experience in improving university image: Empirical study at private universities in Indonesia. Management Science Letters, 11, 357–364.
Sembiring, Sari Indah Oktanti. (2020). Penerapan Strategi Bersaing Umkm Dan Implikasinya Terhadap Kinerja Usaha. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 25(1), 81–95.
Siswati, Endang, & Alfiansyah, Ramadhan. (2020). Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner Berbasis Inovasi (Studi Pada Umkm Keripik Samiler Kasper Di Sidoarjo). IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 84–90.
Soliha, Nadia. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis UMKM Industri Fashion dan Kerajinan Tangan (Komunitas UKM Kenalsapa Pada Masa Pandemi Covid-19). Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2020.
Tanuraharjo, Hans Harischandra. (2021). The Effects of Government Regulation and Distinctive Capability on the Cost Leadership Strategy to Drive the Business Performance of Minimarket Chain. Journal of Sosial Science, 2(1), 40–47.
Tarigan, Miska Irani. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha dalam rangka Digitalisasi UMKM, Sumatera Utara. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 156.
Wachadah, Fitri Lutfhia, Izza, Muhammad Alfin Syaiful, & Yasin, Muhammad. (2023). Analisis Strategi Industrialisasi Pada Industri Mebel di Kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(3), 82–93.
Wahyuningrum, Putri, Anggraini Sukmawati, and Lindawati Kartika. "Peningkatan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kluster Kerajinan di Kota Depok Menggunakan The House Model." Jurnal Manajemen dan Organisasi 5.2 (2014): 154-166.
Yuliana, Rahmi, and Maduretno Widowati. "Strategi Pendekatan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Pembelajaran Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Makanan Halal Khas Cirebon." Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA) 1.2 (2022): 151-155.
Yunitasari, Sisilia Suci Yunitasari, & Anwar, Muhadjir. (2022). Analisis Keunikan Produk dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Busana Muslim di Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 160–170.