Evaluasi Program Pendidikan Kewirausahaan Pada Universitas Indonesia Dengan Pendekatan Soft System Methodology
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan kewirausahaan di Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan Soft System Methodology (SSM). Pendidikan kewirausahaan menjadi semakin penting di era globalisasi ini karena perannya dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi wirausahawan yang sukses. Soft System Methodology (SSM) digunakan sebagai kerangka evaluasi karena pendekatan ini mampu menangani masalah kompleks yang melibatkan banyak pemangku kepentingan dengan perspektif yang berbeda. SSM tidak hanya berfokus pada aspek teknis tetapi juga mempertimbangkan aspek manusia dan budaya dalam sistem yang dievaluasi. Proses evaluasi dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan pemangku kepentingan terkait. Selanjutnya, dilakukan analisis terhadap persepsi dan harapan dari berbagai pemangku kepentingan termasuk mahasiswa, dosen, dan pelaku industri. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun program pendidikan kewirausahaan di Universitas Indonesia telah berjalan dengan baik, masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki. Diantaranya adalah peningkatan kolaborasi dengan industri, penyesuaian kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan pasar, serta pengembangan fasilitas dan sumber daya yang mendukung pembelajaran kewirausahaan. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang lebih dinamis, peningkatan kerjasama dengan berbagai sektor industri, dan penambahan fasilitas pendukung seperti inkubator bisnis dan akses ke mentor yang berpengalaman. Implementasi dari rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas program pendidikan kewirausahaan di Universitas Indonesia dan menciptakan lebih banyak wirausahawan muda yang berkompeten. Dengan menggunakan pendekatan SSM, evaluasi ini tidak hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja program, tetapi juga menawarkan solusi praktis yang dapat diimplementasikan untuk perbaikan berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengembangkan program kewirausahaan yang efektif dan responsif terhadap perubahan kebutuhan pasar.
References
Arief, H. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. 96–107. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.4193
Citra Savitri, EnjangSuherman, S. (2019). Peran Stakeholder Lembaga Pendidikan Dalam Usaha Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Dikalangan Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Pada Perguruan Tinggi Di Kabupaten Karawang ). c, 11–23.
Darojah Zakiyah, M. Didanul Quro’i, D. K. D. (2020). Peran Kewirausahaan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Islam Di Indonesia. 11(1), 99–111.
Ghumman, A. M. (2021). Role of Entrepreneurial Passion between Entrepreneurial Attitude , Subjective Norms , Perceived Behavioral Control , and Entrepreneurial Intention : Measuring the Entrepreneurial Behav ... Role of Entrepreneurial Passion between Entrepreneurial Attitude , Subjective Norms , Perceived Behavioral Control , and Entrepreneurial Intention : Measuring the Entrepreneurial Behavior of Pakistani Students. November.
Harianti, A., Malinda, M., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi , Kompetensi dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. 16(3), 214–220.
Hidayatullah, H. (2011). SSM , Sebuah Pendekatan Holisitik Untuk Kegiatan Aksi ( Learning For Actions ). 1(2).
Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. 4(3), 228–240.
Maarif, A. F. dan M. S. (2015). Aplikasi Soft System Methodology (Ssm) Untuk Perencanaan Terintegrasi Biofuel Dalam Sektor Pertanian Dan Sektor Energi. Ix(1), 1–9.
Meyanti, I. G. A. S., Sutajaya, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Implikasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membentuk Minat Dan Kompetensi Wirausaha. 9(3), 292–299.
Rasminto, H., Silalahi, F. D., & Hartono, B. (2020). Analisis Kebutuhan E-Learning untuk Pengembangan Mutu KBM dengan Soft System Methodology pada SMK di Semarang . 13(2), 138–149.
Setiawan, Y. (2021). Pengaruh Dukungan Universitas dan Keterampilan Kepemimpinan Terhadap Intensi Berwirausaha. 12(2), 79–90.
Siska Maya, L. Y. (2018). Urgensitas Pendidikan Kewirausahaan Pada Pendidikan Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Daya. 1(September).
Westhead, P., & Wright, M. (2013). Entrepreneurship: A Very Short Introduction. https://doi.org/10.1093/actrade/9780199670543.001.0001
Copyright (c) 2024 Annisa Parastry, Nurul Safitri, Rachma Fitriati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.