Pengaruh Advertising Attractiveness, Influencer Marketing Dan Review Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee

Authors

  • Fathya Febrina Faza Universitas Telkom
  • R.Nurafni Rubiyanti Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10964

Keywords:

daya tarik iklan, pemasaran influencer, ulasan konsumen, keputusan pembelian, e-commerce Shopee.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik iklan, pemasaran melalui influencer, dan ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian di platform e-commerce Shopee. Dalam era digital ini, strategi pemsaran yang efektif sangat penting untuk menarik minat dan kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakna metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna Shopee. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Daya tarik iklan yang tinggi mampu menarik perhatian dan membentuk persepsi positif tentang produk. Pemasaran melalui influencer efektif dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan konsumen, sementara ulasan konsumen memberikan informasi yang penting dan dipercaya oleh calon pembeli. Penelitian ini memberikan dampak praktis bagi para pemasar dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan di platform e-commerce.

References

Aditiya, I. M. (2023). E-Commerce Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang 2023. https://goodstats.id/infographic/e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-sepanjang-2023-aVFg5
Ahdiat, A. (2023). Media Digital Kuasai Pasar Iklan Global pada 2022. Databoks.Katadata.Co.Id, 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/04/media-digital-kuasai-pasar-iklan-global-pada-2022
Arief, M., Mustikowati, R. I., & Chrismardani, Y. (2023). Why customers buy an online product? The effects of advertising attractiveness, influencer marketing and online customer reviews. LBS Journal of Management & Research, 21(1), 81–99. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-09-2022-0052
Consumers in Indonesia. (2023). September.
Dwi Setiana, N., & Tjahjaningsih, E. (2024). The Influence of Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Reviews on Satisfaction and its Impact on Tiktok Consumer Loyalty (Study on Semarang City Students) Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Review Terhadap. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1509–1517. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fachmi, M., & Sinau, H. (2022). The effect of Online Costumer Reviews and Influencer Marketing on Shopee Purchasing Decisions. Terbuka Journal of Economics and Business, 3(2), 44–52. https://doi.org/10.33830/tjeb.v3i2.4206
Firnanda, A. A., & Krisnawati, W. (2023). Enrichment : Journal of Management The effect of advertising attractiveness , influencer marketing , online customer review , and brand image on purchase decision Somethinc. 13(July 2022).
Imaningsih, E. S. (2018). The Model Of Product Quality, Promotion, Price, And Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi, 23(2), 260–271. https://doi.org/10.24912/je.v23i2.373
Influencer marketing in Indonesia Table of Contents. (2022).
Kang, M., Sun, B., Liang, T., & Mao, H. Y. (2022). A study on the influence of online reviews of new products on consumers’ purchase decisions: An empirical study on JD.com. Frontiers in Psychology, 13(September), 1–22. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.983060
Mullins, J. W., & Walker Jr., O. C. (2010). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach Seventh Edition (Internatio). McGraw-Hill/Irwin.
Nurhayati-Wolff, H. (2023). Number of monthly web visits on Shopee in Indonesia from 1st quarter 2018 to 2nd quarter 2022. IPrice Group. https://www.statista.com/statistics/1012548/indonesia-number-monthly-web-visits-shopee-quarter/
Nwankwo, D. B. E., Aboh, D. J. U., Obi, T. C., Agu, S. A., & Agbor, D. N. S.-. (2013). Influence of Advertising Appeals and Personality on Telecoms Consumption Preferences in Nigeria. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(9). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v3-i9/205
Ridho Muhammad, P., Hartono, & Damayanti Apriliani, H. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN VIRAL MARKETING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Shopee Di Bandar Lampung). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(September), 506–515.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2015). Consumer Behavior 11th Edition.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.

Downloads

Published

2024-07-06