Peran Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Belikopi Sidoarjo
Abstract
Sekarang di kota-kota besar coffee shop menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk menghabiskan waktu senggangnya, fenomena ini hadir dalam beberapa pada kelompok kelas atas maupun menengah, serta remaja hingga dewasa. Akibatnya, minum kopi sudah menjadi kewajiban sosial bagi semua orang, sehingga mengarah pada gaya hidup, Belikopi adalah merek lokal di Indonesia yang menjual berbagai minuman, termasuk kopi dan minuman non-kopi.penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang menggunakan data penelitian berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan statistik dan menggunakan variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), dan lokasi (X3), sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian (Y). Populasi pada penelitian ini bebrapa konsumen yang telah membeli produk Belikopi di Sidoarjo, yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambian sample yang digunakan adalah teknik non probability sampling yang jenisnya Purposive Sampling.Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian produk Belikopi cabang Sidoarjo. Kualias pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian produk Belikopi cabang Sidoarjo. bahwa lokasi yang diukur melalui indikator fleksibilitas, competitive positioning, manajemen permintaan , dan fokus strategis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian produk Belikopi cabang Sidoarjo. disimpulkan bahwa faktor-faktor seperti harga, kualitas pelayanan, dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan menunjukkan harga yang kompetitif memengaruhi keputusan pembelian konsumen, sementara lokasi yang strategis mampu menjangkau masyarakat Kota Sidoarjo dan mempengaruhi preferensi pembelian.
References
[2] B. A. Kasiono, A. L. Tumbel, And J. J. Pondaag, “Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Pengunjung Di Cafe Kopi Lain Hati Tondano ) The Influnce Of Brand Image , Service Quality And Price Perception On Purchasing Decisions ( A Case Study On Visitors At Another Coffe Café Hati Tondano ) Jurnal E,” Vol. 10, No. 4, Pp. 1795–1806.
[3] T. Hidayat, “Terhadap Keputusan Pembelian Analyzed The Effect Of Product , Price , Promotion And Location On Purchase Decision Oleh : Taufan Hidayat,” Vol. 17, No. 4, Pp. 95–105.
[4] M. Abdul Kohar Septyadi, M. Salamah, And S. Nujiyatillah, “Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., Vol. 3, No. 1, Pp. 301–313, 2022, Doi: 10.38035/Jmpis.V3i1.876.
[5] C. A. Sandra And U. B. Dharma, “Pengaruh Kualitas Produk , Harga , Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pilona,” Vol. 2, Pp. 93–109, 2022.
[6] Y. Nurfauzi, H. Taime, H. Hanafiah, M. Yusuf, And M. Asir, “Quality And Competitive Pricing Literature Review : Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian , Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif,” Vol. 4, No. November 2022, Pp. 183–188, 2023.
[7] R. Putra, Nur Astaman, “Jurnal De Facto ( Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen ) Against The Purchase Decision At The Shady House Café ( Review Of Consumer Protection Law ),” Vol. 9, No. 1, Pp. 53–60, 2022.
[8] Z. R. W. Cucu Hodijah, Mariati Tirta Wiyata, “Pengaruh Harga, Digital Marketing Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Café Coffeecirenggot,” Vol. 6, Pp. 696– 706, 2023.
[9] A. M. Sinta Yuliana, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. 5, No. C, Pp. 559–573, Doi: 10.37531/Sejaman.V5i1.1772.
[10] T. Selatan And R. Susanto, “Pengaruh Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan,” Vol. 7, No. 4, Pp. 450–457, 2021.
[11] A. Alfiah, A. Suhendar, And M. Yusuf, “Seiko : Journal Of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco Di Cv Indosanjaya Kota Bandung,” Vol. 6, No. 1, Pp. 492–503, 2023, Doi: 10.37531/Sejaman.V6i1.3926.
[12] M. Taufan And M. Z. Azhari, “Pengaruh Promosi , Harga , Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal ( Studi Pada Supporter Persib Bandung ),” Vol. 6, No. 2, Pp. 202–208, 2023.
[13] N. J. Doni Marilus, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji,” Vol. 2, 2023.
[14] C. Cesariana, F. Juliansyah, And R. Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace : Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan ( Literature Review Manajemen Pemasaran ),” Vol. 3, No. 1, Pp. 211–224, 2022.
[15] A. Muhtarom, M. I. Syairozi, And H. L. Yonita, “Analisis Persepsi Harga , Lokasi , Fasilitas , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Umkm Skck ( Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah ) Metode Structural Equation Modelling ( Sem ) - Partia,” Vol. 10, Pp. 391–402, 2022.
[16] N. Adabi, “Pengaruh Citra Merek , Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok Influence Of Brand Image , Service Quality And Consumer Confidence On Indihome Purchasing Decisions At Telkom Telecommunications,” Vol. 12, No. 1, Pp. 32–39, 2020.
[17] F. I. Prabowo, Y. Keke, And B. Istidjab, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pt Sarana Bandar Logistik,” Vol. 15, No. 2, Pp. 75–82, 2021, Doi: 10.9744/Pemasaran.15.2.75.
[18] D. Cynthia, H. Hermawan, A. Izzudin, And U. M. Jember, “Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. Ix, Pp. 104–112, 2022.
[19] A. Syahidin, “Gajah Putih Journal Of Economics Review ( Gpjer ) Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon,” Vol. 4, No. 1, Pp. 20–32, 2022.
[20] M. P. D. Cahyani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Raya Sememi Surabaya,” J. Ilmu Dan Ris. Manajamen, Vol. 2, No. 2461–0593, 2020.
[21] C. M. Nur Fitri, Rista Yulia, Andi Besse Zalika Hanum, Nurjannah, “Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Es Teh Poci Jl. Andi Kambo Kota Palopo,” Vol. 8, No. 2, Pp. 269–284, 2023.
[22] S. R. Dewanti, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Kenangan Surabaya Cabang Mulyosari,” Vol. 2, No. 2461–0593, 2020.
[23] M. Tahir, “Pengaruh Produk , Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Smart Phone Pada Toko Rahmat Cell Di Kabupaten Mamuju The Effect Of Product , Price And Location On Smart Phone Purchasing Decisions At Rahmat Cell Stores In Mamuju Regency,” Vol. 2, No. 1, Pp. 91–105, 2023.
[24] S. F. Anggraini, Z. Nasution, D. Simanjuntak, U. Labuhanbatu, And I. Pendahuluan, “Pengaruh Harga , Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Khanza Aeknabara,” Vol. 6, Pp. 408–417, 2022.
[25] A. H. Pramana, I. Kusdyah, And A. R. Alamsyah, “Bursa : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja,” Vol. 2, No. 1, 2023.
[26] D. A. R. Mas Oetarjo, “Online Ojek Satisfaction: Brand, Trust, And Service Quality Influence Kepuasan Konsumen Ojek Online: Pengaruh Brand Equity, Kepercayaan, Dan Kualitas Layanan,” Vol. 7, Pp. 1–13, 2022, Doi: 10.21070/Acopen.7.2022.3169.
[27] A. Zakiyah And M. Hariasih, “Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Brand Trust , Digital Marketing Dan Online Customer Review ( Studi Kasus Pada Mie Gacoan Sidoarjo ),” Vol. 6, No. 2, Pp. 113–126, 2023, Doi: 10.35326/Jiam.V6i2.4062.Keputusan.
[28] F. F. Muryan Awaludin, Hari Mantik, “Penerapan Metode Servqual Pada Skala Likert Untuk Mendapatkan Kualitas Pelayanan Kepuasan,” Univ. Dirgant. Marsekal Suryadarma, Vol. 2, 2022.
[29] S. D. Puspa, J. Riyono, And F. Puspitasari, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., Vol. 05, No. 01, Pp. 302–319, 2021.
[30] A. Sanusi, “Metodologi Penelitian Bisnis.” Jakarta: Salemba Empat, 2011.
[31] S. Siregar, “Metode Penelitian Kuantitatif Spss,” Dalam Metod. Penelit. Kuantitatif Spss. Jakarta Kencana, Prenada Media Grup, 2017.
[32] N. R. Mehta, C.R., And Patel, “Spss Exact Tests.,” Spss16.0 Man., No. January, Pp. 1–220, 2007.
[33] S. Hidayati, Teori Ekonomi Mikro, No. 1. 2019. [Online]. Available: Http://Eprints.Unpam.Ac.Id/8598/1/Modul Utuh_Teori Ekonomi Mikro.Pdf
[34] H. Herman, R. Z. Nurzaman, D. A. Sari, And F. Amylia, “Analisis Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Batam,” Postgrad. Manag. J., Vol. 3, No. 1, Pp. 29–35, 2023, Doi: 10.36352/Pmj.V3i1.606.
[35] J. Aryandi And Onsardi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu,” J. Manaj. Modal Insa. Dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, Pp. 117–127, 2020, [Online].
Available: Http://Jurnal.Imsi.Or.Id/Index.Php/Jmmib/Article/View/12
[36] P. Kotler And K. L. Keller, “Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga. Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2011. Principle Of Marketing.” New Jersey: Prentice Hall, 2013.
[37] E. Kedai Beli Kopi Di Sidoarjo Anzas Setyo Budi Prakoso, H. Maya Kumalasari, And U. Muhammadiyah Sidoarjo, “The Existence Of ‘Beli Kopi’ In Sidoarjo,” Manag. Stud. Entrep. J., Vol. 4, No. 6, Pp. 8470–8477, 2023, [Online]. Available: Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
[38] N. P. Angelin And A. D. Astono, “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Produk Kopi Kenangan,” J. Mhs. Inst. Teknol. Dan Bisnis Kalbis, Vol. 8, No. 2, Pp. 2412–2426, 2022.
[39] Y. Putra, S. Fa, R. Sardanto, And D. K. Hadi, “Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unp Kediri Belikopi Kediri,” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. Dan Akuntasi, Vol. Vol. 6, Pp. 1–4, 2021.
[40] V. Senggetang, S. L. Mandey, And S. Moniharapon, “Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing),” J. Emba, Vol. 7, No. 1, Pp. 881–890, 2019. Available: Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Emba/Article/View/22916
[41] R. Ekasari And T. A. Putri, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” Iqtishadequity J. Manaj., Vol. 3, No. 2, P. 266, 2021, Doi: 10.51804/Iej.V3i2.937.
[42] T. Hidayat, “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Makan Koki Jody Di Magelang,” J. Ilmu Manajemem, Vol. 17, No. 2, Pp. 95–105, 2020.Suarjana, IW (2022). Analysis Of The Establishment Of Optimal Share Portofolio Using The Markowitz Model And The Single Index Model As The Basis For Investment Decision Making (Case Study On Companies Listed On The SRI-KEHATI Index On The IDX For The 2015-2019 Period). Golden Journal, 3(9).
Copyright (c) 2024 Mas Oetarjo, Moch Rofiuddin, Misti Hariasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.