Pengaruh Analisis Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Kinerja Pemasaran
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh lingkungan internal dan lingkungan eksternal terhadap kinerja UMKM. Menggunakan metode deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang menghasilkan sebanyak 102 pelaku UMKM dijadikan sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi berganda, koefisien korelasi determinasi, regresi linier berganda, dan uji hipotesis simultan (uji F) dan uji hipotesis parsial (uji T). Hasil pada penelitian ini, Uji F menunjukan bahwa Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UMKM dengan nilai Fhitung 202,504 lebih besar dari F tabel 3,09. Kemudian hasil uji T, Lingkungan Internal secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran dengan hasil Thitung > Ttabel yakni 8,340 > 1,660. Lingkungan Eksternal berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran dengan nilai 5,927 > 1,000, sehingga dari keduanya menunjukan bahwa Lingkungan Internal berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran dan Lingkungan Eksternal memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pemasaran.
References
Djayadiningrat, A. F., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4978–5004
Djayadiningrat, A. F., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. K. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4978–5004.
Dwitia, Y. D. (2020). Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Terhadap Keunggulan Kompetitif (Studi Pada Perusahaan Peternakan Ayam, Pelanggan PT. Japfa Comfeed Indonesia di Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24. Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai Spss Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa Dan Tidak Suka Statistika. Deepublish Publisher.
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., Program Studi Ekonomi Pembangunan, Ms., Yusrizal Akmal, D., Program Studi Budidaya Perairan, Ms., Pertanian, F., & Iddris, J. (2019). Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25 Edisi Pertama. 165. Cv Sefa Bumi Persada
Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabhet.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Syahrum dan Salim. (2014). Buku Metodologi penelitian kuantitatif.pdf. Cita Pustaka Media
Wicaksono, G., & Nuvriasari, A. (2012). Meningkatkan Kinerja UMKM Industri Kreatif Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar: Kajian pada Peran Serta Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Jurnal Sosio Humaniora, 3(4), 27–39.
Yuniarto, R. K. dan B. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya (1st ed.). Kencana.
Zulganef, D. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen (Rachmi (ed.); 1st ed.). PT. Refika Aditama
Copyright (c) 2024 Muhamad Syahrul Kurniawan, R. Deni Muhammad Danial, Faizal Mulia Z
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.