Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Chartered Accountant Terhadap Minat Sertifikasi Profesi Chartered Accountant Dengan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Moderasi

  • Zakharia Vito Trinova Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Munari Munari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
Keywords: Motivasi, Persepsi Biaya Chartered Accountant, Tingkat Pemahaman Akuntansi, dan Minat Sertifikasi Profesi Chartered Accountant.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, persepsi biaya chartered accountant terhadap minat sertifikasi profesi chartered accountant dengan tingkat pemahaman akuntansi sebagai variabel moderasi pada mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Jumlah populasi 288 mahasiswa akuntansi dan sampel 74 responden. Data diolah dan dianalisis dengan perangkat lunak SPSS Versi 26. Hasil penelitian yaitu motivasi berkontribusi, persepsi biaya chartered accountant tidak berkontribusi terhadap minat sertifikasi profesi chartered accountant, serta tingkat pemahaman akuntansi tidak dapat memoderasi hubungan antara motivasi dan persepsi biaya chartered accountant terhadap minat sertifikasi profesi chartered accountant.

 

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
_____. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Cabinet Office. (2018). Society 5.0. https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html
Cahyadi, D. D., Andayani, S., & Suryaningrum, D. H. (2019). Accounting students perceptions on factors affecting career choices. Journal of Accounting and Strategic Finance, 2(2), 170–182. https://doi.org/10.33005/jasf.v2i2.63
Database Peraturan JDIH BPK. (2023). Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2023 Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/240203/uu-no-4-tahun-2023
Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan (Pertama). PT Bumi Aksara.
Ekasari, P. C. A., & Dewi, L. G. K. (2022). Motivasi, tingkat pemahaman, persepsi biaya dan minat mahasiswa memperoleh sertifikasi chartered accountant. E-Jurnal Akuntansi, 32. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v
Ervina, N., Zhura, S., Werastuti, D. N. S., Amani, T., Agustina, P. A. A., Wahidahwati, Tenriwaru, Rohmatunnisa, L. D., Murniati, A., Suharsono, R. S., Saleh, L., Hanafie, H., & Dura, J. (2020). Teori Akuntansi. Media Sains Indonesia
Erwati, N. K. A. A., Ekawati, N. W., Sukaatmadja, I. P. G., & Setiawan, P. Y. (2020). The incluence of motivation on the intention of accounting students in denpasar to take the chartered accountant (ca) exam. International Journal of Economics, Business and Management Research, 4(08). www.ijebmr.com
Fajarsari, H. (2020). Pengaruh motivasi dan persepsi terhadap minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi (ppak) di kota semarang. Pamator Journal, 13(1), 30–43. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7001
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafsah, Hanum, Z., Saragih, F., & Ningsih, R. W. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi feb umsu. Owner, 7(1), 312–321. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1260
Hayes, A. F. (2020). Statistical methods for communication science. Routledge
IAI. (2023). CA is a Difference Maker. Web.iaiglobal.or.id
Istanti, E., Nusantoro, J., & Padwa Sari, G. (2020). Pengaruh tingkat pemahaman akuntansi, persepsi biaya terhadap niat untuk mengambil sertifikasi profesi chartered accountant (ca) dengan motivasi sebagai variabel moderasi (studi kasus pada mahasiswa akuntansi di universitas Muhammadiyah metro). Jurnal Akuntansi AKTIVA, 1(2). https://doi.org/10.24127/akuntanssi.v1i2.552
Kamus. 2016. KBBI Daring. Diambil 28 Desember 2023, kbbi.kemendikbud.go.id/entri/kamus
Kurniawati, (2023, Maret 04). Opini: Merefleksikan masa depan akuntan Indonesia. Harian Jogja. https://opini.harianjogja.com
Laksmi, A. C., & Suciati, I. (2018). Factors influencing the intention to obtain accountant certifications. The Indonesian Journal of Accounting Research, 21(03), 347–362. https://doi.org/10.33312/ijar.399
Maharani, P. M. C., & Astika, I. B. P. (2023). Motivasi karir, motivasi ekonomi, biaya ujian dan minat mahasiswa memperoleh sertifikasi chartered accountant. E-Jurnal Akuntansi, 33(4), 1153. https://doi.org/10.24843/eja.2023.v33.i04.p20
Maryati, N. P. S., & Dwirandra, A. A. N. B. (2021). Self-Motivation and adversity quotient moderates the effect of exam costs on student interest in taking the chartered accountant certification exam. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5, 74–84. www.ajhssr.com
Mehta, C. R., & Patel, N. R. (1996). IBM SPSS Exact Tests. SPSS Incorporated.
Nisa, S. (2019a). Pengaruh tingkat pemahaman dan motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengambil profesi chartered accountant (ca) pada universitas islam swasta di kota medan. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30743/akutansi.v6i1.1412
Nurhidayah, S., & Munari, M. (2022). Pengaruh remunerasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja fakultas ekonomi dan bisnis pada UPN “Veteran” Jawa Timur. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(12), 5473-5482.
Prakosa, D. K., & Firmansyah, A. (2022). Apakah revolusi industri 5.0 dapat menghilangkan profesi akuntan. Jurnalku, 2(3), 316–340. https://doi.org/https://doi.org/10.54957/jurnalku.v2i3.282
Prayitno, J. A., & Lastiati, A. (2021). Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam memperoleh sertifikasi profesional akuntansi di indonesia (chartered accountant) (studi kasus mahasiswa akuntansi semester akhir pada universitas dengan prodi akuntansi berakreditasi a dan b yang berlokasi di jakarta). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 89–97. https://doi.org/10.31000/competitive.v5i2.4248
Putra, A. F. A. (2022). Analisis Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi, Pemahaman Akuntansi, Kendala, dan Norma Subjektif terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi UPN Veteran Jawa Timur untuk Berkarir Menjadi Akuntan Profesional [UPN Veteran Jawa Timur]. https://repository.upnjatim.ac.id/8629/
Riadi, S. (2020). The intention to obtain chartered accountant: a theory of planned behavior and motivation theory approach. Akuntansi Dewantara, 4(2), 176–186. https://doi.org/10.26460/ad.v4i2.6991
Salsabila, A., Sya’ban, M., & Maharani, R. (2022a). Pengaruh motivasi, pemahaman, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku persiapan terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan profesional chartered accountant (ca). Jurnal Sustainable, 02(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/sustainable/index
Sari, R. S., Anggraini, L. D., & Pebriani, R. A. (2023). Pengaruh motivasi karier, persepsi biaya dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti ppak dan sertifikasi chartered accountant (ca). Jurnal Akuntasi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), 6(1). https://doi.org/10.30596/jrak.v7i2.16855
Simorangkir, P. (2019). Minat mahasiswa akuntansi meraih gelar profesi chartered accountant (ca). EQUITY : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi |, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34209/equ.v21i1.629
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Ed.Rev. cet.5.). Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.). Alfabeta.
Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Published
2024-07-07
Abstract viewed = 9 times
pdf downloaded = 10 times