Efektivitas Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatan Penjualan Produk Alat Kesehatan Pada CV Mulya Jaya Sidoarjo

Keywords: Produk, Harga, Promosi, Lokasi dan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari Harga (X1), Produk (X2), Promosi (X3) dan Lokasi (X4) dalam meningkatkan penjualan (Y) produk pada CV Mulya Jaya Sidoarjo. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder dan primer. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen dari CV Mulya Jaya. Data dikumpulkan dengan menyebarkan melalui kuisioner dengan 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan SEM-PLS sebagai metode analisis data dengan program Smart-PLS 3.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga ( X1 ) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan, pada variabel Produk (X2) dan Promosi (X3) menghasilkan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan. Sebaliknya pada variabel Lokasi (X4) menunjukan bahwa berpengaruh positif dan signifikan ini menunujukan bahwa Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dapat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Maka perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran dari penetapan harga, kualitas produk dan promosi penjualan agar berpengaruh positif terhadap penjualan, sehingga dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan

References

Agustini. 2023. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan.” Economics and Digital Business Review 4(2):113–27.
Buchari, Achmad, and Eka Nurcahya. 2021. “Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon.” Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat 2(1):56. doi: 10.24198/sawala.v2i1.30231.
Christianti, Cindy Cilvia, Tri Endar Suswatiningsih, and Resna Trimerani. 2022. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Keripik Pisang Susu Lampung.” Jurnal Agribisnis Terpadu 15(2):1. doi: 10.33512/jat.v15i2.17927.
Daud, Ahmad, and Diyan Yusri. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Dodol.” Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 1(1):35–42.
Dewi, Ratna, Yuliatti Yuliatti, M. Maknun, Rahmadani Mutahli Aphar, Dihaq Allaamah, and Dirga Dwi Putra Ashar. 2023. “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA) 3(3):648–60. doi: 10.47709/jebma.v3i3.2931.
Feronika Susanti. 2023. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Spontan.” Jurnal MISSY 4(1):1–7.
Gorontalo, Universitas Muhammadiyah, Fakultas Ilmu Budaya, Faculty Of, and Cultural Science. 2020. “Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal.” 3(1):3–5.
Haryanto, Mozes, Nurdwiana Sari Saudi, Muh. Ashary Anshar, and Moh Hatta. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan .” Journal of Management 5(1):222–37. doi: 10.37531/yume.vxix.436.
Hendriyati, Lutfi, and Ihsan Budi Santoso. 2021. “Strategi Pemasaran Food and Beverage Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia.” Journal of Tourism and Economic 4(1):60–72. doi: 10.36594/jtec.v4i1.111.
Hulu, Budieli, Yohanes Dakhi, and Erasma F. Zalogo. 2021. “Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Ud.Mitra Kecamatan Amandraya.” Jurnal Riset Manajemen Dan Binsis 6(2):16–25.
Irawan, Muhammad Rizal Nur. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya.” Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 5(2):140. doi: 10.30737/ekonika.v5i2.1097.
Kusmayadi, Muhammad, and Trisha Gilang Saraswati. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Five Review Di Lazada Selama Pandemi Covid-19 The Effect of Marketing Mix on The Purchase Decision of Five Review T-Shirt at Lazada During The Covid-19.” 9(2):701–6.
Mahzura, T. Alvi Syahri. 2020. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Penjualan Pada Burger Sei Putih Kota Medan.” Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima 11(1):65–80.
Mamonto, Tumbuan, and Rogi. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9(2):110–21.
Management, Jurnal Mirai, Pengaruh Bauran, Pemasaran Terhadap Peningkatan, Abdul Haris, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, and Wira Bhakti Makassar. n.d. “Volume x Issue x (Xxxx) Pages x-Xx Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kamar Pada Hotel Maxone Makassar.” x(x).
Masud, Muhlis, and Mahfud Nurnajamuddin. 2022. “Journal of Management Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk.” Journal of Management 5(3):213–25. doi: 10.37531/yume.vxix.472.
Musa, B., and J. J. Rotinsulu. 2019. “Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi Terhadap Omzet Penjualan Telur Ayam Pada Pt. Pandu Prima Manado.” Jurnal 7(3):2701–10.
Musyawarah, Irdha Yanti, and Desi Idayanti. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju.” Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen 1(1):1–13.
Nabilah, Sarah, Adelina Lubis, and Eka Dewi Setia Tarigan. 2019. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aroma Bakery Dan Cake Medan.” Jurnal Ekonomi Manajemen 4.
Pratiwi, Veronica, and Umaimah Wahid. 2021. “Strategi Pemasaran Digital Dalam Menigkatkan Penjualan (Studi Kasus PT.Bukku Media Integrasi (Bukku) Pada Masa Pandemi).” Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Penelitian 7(2):710–24.
Rusdi, Moh. 2019. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya.” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 6(2):83–88. doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.
Setyorini, Winarti, and Siti Khotimah. 2020. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Perumahan BTN Tipe 36 Pada PT Kharisma Land Batu Belaman.” Magenta 9(1):15–22.
Stie, Nurfitriyenni, Haji Agus, and Salim Bukittinggi. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Motor Bekas Pada Dealer Syaf Motor Di Bukittinggi Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi.” III(April):193–202.
Zainuddin, Muh. Zabir, Hayu Lianti, and Suyuti H. M. 2020. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu, Citra Perusahaan Operator Seluler Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Lbc Kendari.” Sultra Journal of Economic and Business 1(1):56–65. doi: 10.54297/sjeb.vol1.iss1.125.
Published
2024-07-07
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 2 times