PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA NOMINAL CAFE

  • Rani Wahyuni Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Sixson Roberto Simangunsong Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
Keywords: Kualitas Pelayanan, Produk dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen kualitas pelayanan dan produk terhadap variabel dependen kepuasan pelanggan menggunakan metode analisis data menggunakan uji T dan uji F. Data yang terkumpul diolah dan diuji untuk menilai signifikansi pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, dengan nilai uji t sebesar 2,686 yang lebih besar dari ttabel sebesar 0,198 dan nilai signifikansi 0,009 yang lebih kecil dari α 0,05. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel produk juga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan, dengan nilai uji t sebesar 18,242 yang lebih besar dari ttabel sebesar 0,198 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari α 0,05. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa baik variabel kualitas pelayanan maupun variabel produk berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman hubungan antara variabel-variabel tersebut dan implikasinya bagi bidang studi yang relevan.

 

References

Ajisakti, W., Bagus, I., & Udayana, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Silol Effect Of Service Quality , Product Quality On Customer Satisfaction And Loyalty In Yogyakarta Yogyakarta Silol Cafe. Ebbank, 12(1), 1–16.
Arianto, N., Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper Pada Pt Mitra Busana Sentosa ISSN : 2442-5826 e-Proceeding of Applied Science : Vol.9, No.2 April 2023 | Page 625 Bintaro. Jurnal KREATIF: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 6, No. 2.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan 0 20 40 60 80 100 TP I TP II TP III Tahap Pengembangan I, II, dan III TPI TP II TP III Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 08 Nomor 03, Desember 2023 936 Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 109.
Arikunto, Suharsimi (2010). Analisis Usahatani Bawang Merah (Allium cepa L.) di Desa Pandan Blole Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang. (2021): Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Ferdinand (2011). STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS SIKAP DAN LOYALITAS PEMBELIAN. (2021). (n.p.): Penerbit Adab.
Ghozali, Imam (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goesth & Davis (2019). Relevansi antara Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Produk Dengan Tarif (Biaya Tol) Sebagai Alternatif Pendukung Untuk Kepuasan Pengguna Jalan Tol. (n.d.). (n.p.): Penerbit Adab.
Goetsch & Davis (2005). BISNIS DIGITAL: CV. AZKA PUSTAKA.
Simangunsong, S. R. (2023). Analisis Dampak Inflasi dan Angkatan kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara. Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima), 5(02), 165-170.
Gulo (2022). METODOLOGI PENELITIAN: Widina Bhakti Persada Bandung.
Handayani (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani. (n.p.): Uuwais Inspirasi Indonesia.
Hondro, Wati (2022). Keputusan Pembelian Produk. (n.p.): PT Inovasi Pratama Internasional.
Ida Wibowati, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Adminika, 7(1).
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (1st ed., Vol. 1). Unitomo Press.
Kotler (2019). TRANSFORMASI PEMBANGUNAN MELALUI PELAYANAN PUBLIK. (2022). (n.p.): CV Pena Persada.
Kotler, P., & Kevin, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey: Pearson.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2021). Marketing management: an Asian perspective.
Simangunsong, S., Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2023, January). The Development of Higher Order Thinking Skill Test Instrument based Problem Based Learning to Improve Creative Thinking of the XIthGrade of SMK Negeri 1 Sosorgadong Tapanuli Tengah Academic Year 2022/2023. In Proceedings of the 4th International Conference on Science and Technology Applications, ICoSTA 2022, 1-2 November 2022, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.
Priharto, S. (2020, Agustus 3). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis. Retrieved Desember 4, 2020, from accurate.id: https://accurate.id/marketing-manajemen/indikator-kepuasan-pelanggan/
Rosianasfar (2013). Production & Management: Kualitas dan Total Quality Manaement, http://scm.aurino.com/kualitas-dan-total-quality-management/
Naibaho, S. S., & Simangunsong, S. R. (2022). Indonesia Gudang Nikel, Indonesia Memimpin Transisi Energi. BANGKIT PERKASA 2, 49.
Sugiharto, Sitinjak, (2006), lisrel,cetakan pertama yogyakarta, penerbit Graha Ilmu.
Simangunsong, S. R., Tanjung, A. A., & Siahaan, S. D. N. (2021). Analisis Dampak Dana Desa dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Tapanuli Tengah. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(1), 8-12.
Simangunsong, S. R., Tanjung, A. A., & Siahaan, S. D. N. (2021). Analisis Dampak Dana Desa dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Tapanuli Tengah. JOURNAL OF BUSINESS AND ECONOMICS RESEARCH (JBE), 2(1).
Simangunsong, S. R., Siahaan, S. D. N., & Pramana, D. (2021, February). The Effect of Online Explaining Skills on Teacher Competence. In 1st International Conference on Character Education (ICCE 2020) (pp. 267-270). Atlantis Press.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono (2016). Pemasaran Jasa: Pengertian Dan Perkembangan. (n.d.). (n.p.): Cipta Media Nusantara (CMN).
Simangunsong, S. R., & Sinaga, E. D. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BARUS.
Wardhana (2021), MANAJEMEN PEMASARAN. (2023). (n.p.): Basya Media Utama.
Simangunsong, S. R., & Siahaan, S. D. N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Online Pada Mata Kuliah Kewirausahaan.
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 1 times