PENGARUH V BTS SEBAGAI KOREAN BRAND AMBASSADOR DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAHAM DI APLIKASI SIMINVEST PADA GENERASI Z DAN MILENIAL

Authors

  • Azzahra Sabila Awanis Universitas Telkom Indonesia
  • Maya Irjayanti Universitas Telkom Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11063

Keywords:

Brand Ambassador, Daya Tarik Iklan, Keputusan Pembelian, Generasi Z, Generasi Milenial

Abstract

Meningkatnya jumlah investor dari tahun ke tahun membuat banyak munculnya platform investasi saham secara online, salah satunya adalah SimInvest. Namun, jumlah pengguna dan nasabah aktif belum sesuai dengan harapan mereka, sehingga SimInvest mencoba melakukan strategi pemasaran dengan menggaet brand ambassador dan daya tarik iklan. Dengan berkembangnya fenomena Korean Wave, SimInvest memanfaatkan fenomena ini untuk mengajak kerja sama V BTS sebagai brand ambassador dari aplikasi SimInvest. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak kehadiran V BTS sebagai brand ambassador dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian di aplikasi SimInvest. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara online kepada responden. Sampel penelitian terfokus pada pengguna aplikasi SimInvest generasi Z dan Milenial dengan rentang usia 17 hingga 42 tahun, yang pernah melakukan transaksi pembelian, dan pernah melihat iklan SimInvest yang dibintangi oleh V BTS di media sosial. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan SPSS ver 26. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa brand ambassador berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, daya tarik iklan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Serta brand ambassador dan daya tarik iklan berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap keputusan pembelian 87.4%, sedangkan sisanya sebesar 12.6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

References

Anggraeni, N. A., & Wajdi, M. F. (2024). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Image, dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. SEIKO: Journal of Management & Business.
Annur, C. M. (2023, September 20). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Creswell J., W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.
Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia).
Fadhlurrahman, A., & Tantra, T. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan LinkAja. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi).
Fawwaz, I. El, & Indrawati. (2020). The Impact of Brand Ambassador on Brand Image and Consumers’ Purchasing Decision: A Case of BTS as Tokopedia’s Brand Ambassador. International Journal of Science and Research (IJSR), 9. https://www.ijsr.net/archive/v9i6/SR20628114516.pdf
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi Dan Informasi. PT. Refika Aditama.
Russel, A. (2020). The Influencer Code: How to Unlock the Power of Influencer Marketing. Hatherleigh Press.
Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2018). Marketing Real People, Real Choices (ninth edition). Pearson Education Limited.
Trisliatanto, D. A. (2020). Metodologi Penelitian; Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. ANDI.
Utaminingsih, S. L., & Sudrajat, R. H. (2021). Pengaruh Stray Kids Sebagai Brand Ambassador terhadap Brand Loyalty Shopee.

Downloads

Published

2024-08-27