Pentingnya Manajemen Risiko Kredit Pada Skema Buy Now Pay Later (BNPL)
Abstract
Sistem BNPL kini semakin populer di kalangan masyarakat karena dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam melakukan pembayaran. BNPL (Buy Now Pay Later) adalah sistem pembayaran yang memungkinkan konsumen membeli barang atau jasa dan kemudian membayarnya dalam jangka waktu pembayaran tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya manajemen risiko kredit pada BNPL. Metode penelitiannya adalah literature review dengan memperoleh informasi dari jurnal atau artikel. Data kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen risiko kredit sangat penting dalam sistem BNPL karena dapat membantu memitigasi risiko kredit dan menjaga keunggulan kompetitif perusahaan, sehingga perusahaan penerapan BNPL diharapkan lebih fokus pada manajemen risiko agar mereka dapat mengelola risiko tersebut dengan baik.
References
Amelia, N. P., Fidiansa, A., & Risa, S. C. (2023). Fenomena Penggunaan Paylater di Kalangan Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional, 176–187.
Herlina, N., & Yuliati, N. L. (2022). Perlindungan Konsumen Pengguna Paylater yang Rentan Tekanan Pelaku Usaha. Policy Brief Pertanian, Kelautan Dan Biosains Tropika, 4(4).
Juananda, A., & Winanti, A. (2022). Penerapan Prinsip Kehati-Hatian dan Pengendalian Resiko Gagal Bayar Akibat Fraud Pada P2P Lending Paylater.
Pangaribuan, M. P., & Purba, V. A. (2023). Pemodelan Probability Of Default Portofolio Pembiayaan Bersama Fintech Lending dan Multi Finance :Studi Kasus Bank ABC. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VII(2), 562–576.
Qurniawati, S. R., Andreyan, R. D., & Nurohman, A. Y. (2023). Determinan Pembelian Kompulsif pada Mahasiswa Pengguna Buy Now Pay Later. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 230–238.
Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial dan Generasi Z Diindonesia. YUME: Journal of Management, 6(1), 604–616.
Saputra, R. M. (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Shoppe Paylater Ditinjau dalam Hukum Islam. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wijaya, L. A., Hafizh, F. D., & Damanik, G. D. F. (2022). Peran Mediasi Sikap Penggunaan Terhadap Niat Konsumen Menggunakan Aplikasi PayLater Traveloka (E-commerce). Binus University.
Copyright (c) 2024 Lenny Widiawati, Fahri Hananto Yasin, Agus Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.