PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA LIVIN BY MANDIRI MOBILE BANKING
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11107Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Loyalitas PelangganAbstract
Internet semakin berkembang di dunia pada era digital, kehidupan modern menjadi lebih mudah berkat kontribusi yang besar terhadap teknologi dan internet untuk komunikasi dan berbagi informasi, dengan semakin berkembangnya teknologi membuat banyak sector memanfaatkan teknologi dan informasi dalam berbagai bidang seperti sarana berjualan secara online, akademik, media informasi, dan perbankan. Pada prores perbankan dengan perkembangan internet memberikan kemudahan bagi masyarakat tanpa harus mengantre Panjang di bank atau harus pergi ke ATM untuk bertransaksi dengan perkembangan internet yang semakin canggih banyak memberikan akses kemudahan pada masyarakat. Jumlah pengguna internet yang semakin meningkat berdampak pada perubahan perilaku transaksi masyarakat menjadi lebih digital. Dengan ini masyarakat lebih memilih layanan peprbankan berbasis digital dibandingkan melalui kantor konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kualitas layanan dan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan dimensi servqual yang telah diterapkan oleh Livin By’Mandiri Mobile Banking untuk pengguna aplikasi Livin By’Mandiri Mobile Banking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitaif, data yang dibutuhkan yaitu data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, observasi dengan melibatkan 244 responden.
References
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis.Yogyakarta: ANDI.
Finistyawan, Y. K. K., & Bessie, J. L. D. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRAVEL DI
KABUPATEN MALAKA (Studi Pada Travel Betun Mandiri Expres). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), 149–165. https://doi.org/10.35508/jom.v12i2.2686
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Siagian, M. dan H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Agora, 7(1), 1–5.
Sibarani, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Prosiding, 3(4), 10–17. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288
Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Zahara, R. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.121
Rahmawati, W., Haryanti, D., & Laila, M. (2022). A Pragmatic Equivalence of Violating Maxims in Novel Translation of Divergent. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (E- Journal), 7(2), 93-111.
Cahaya, Y. F., & Siswanti, I. (2020). Internet banking service quality in Indonesia and its impact on e-customer satisfaction and e-customer loyalty. Management Research Studies Journal, 1(1), 75-83