Pengaruh Digitalisasi Dan Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Pendapatan Industri Halal Pasca Pandemi Covid 19 Di Kota Pangkalpinang

  • Himmatul Ulyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Digitalisasi, Pemahaman Moderasi Beragama, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh digitalisasi dan pemahaman moderasi beragama terhadap pendapatan industri halal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian didaaptkan bahwa digitalisasi berpengaruh terhadap pendapatan industry halal, pemahaman moderasi beragama tidak berpengaruh terhadap pendapatan industri halal serta jika diujikan secara simultan maka digitalisasi dan pemahaman moderasi beragama berpengaruh terhadap pendapatan industri halal.

 

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Ali, N. (2020). Measuring Religious Moderation among Muslim Students at Public Colleges in Kalimantan Facing Disruption Era. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 14 (1): 1-24
Deegan, M., & Tanner, S. (2002). Digital futures: strategies for the information age (pp. 162-173). Neal-Schuman Publishers.
Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Ghozali Imam, 2012. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 20, (Semarang: Badan Penerbit Undip)
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033
Hussain, R.M. (2015). Moderationology: An Islamic Introduction to Reassurance the Curriculum of Moderation in Contemporary Islamic Thought and Behavior. International Journal of Scientific and Research Publications, 5 (4): 1-9.
Kbbi, K. B. B. I. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Kementerian Agama (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Keagamaan.
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., Warfield, T. D., Wiecek, I. M., & McConomy, B. J. (2019). Intermediate Accounting, Volume 2. John Wiley & Sons.
Kuni, T. (2001). Digital Libraries.
Mohammed, B., & Kamali, H. (2015). The middle path of moderation in Islam: the Qur’anic principle of wasatiyyah. Choice Reviews Online, 53(03), 53-1226-53–1226. https://doi.org/10.5860/choice.193045
Novita, N. A., Oktianingrum, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Digitalisasi Pemasaran (Pemasaran Online) Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Pada Perspektif Ekonomi Syariah Di Kota Bandar Lampung. Al-Dzahab, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1037
Safrianti, T. N. (2020). Pengaruh Transaksi Online (E-commerce), Modal, dan Lama Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal.
Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm. Strategi Komunikasi Pemasaran, 20, 1–5. file:///C:/Users/BAYU/Downloads/Documents/263-760-1-PB.pdf
Zikwan, M. (2022). “WASATHIYYAH AL-IQTISHADIYAH” Integrasi Nilai Moderasi pada Ekonomi Islam. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 1058–1068. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.434
Published
2024-07-06
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 0 times