Pengaruh Promosi Instagram dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Media Sosial Instagram

  • Roby Irawan Universitas Telkom
  • Rajiv Dharma Mangruwa Universitas Telkom
Keywords: Instagram Promotion, Brand Image, Purchase Decision, Brand trust, Social Media Instagram

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi Instagram dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks dengan brand trust sebagai variabel intervening pada media sosial Instagram. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini memiliki jumlah 200 sampel, dengan menggunakan metode non-probability sampling untuk menentukan sampel dan purposive sampling untuk Teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan kuisioner melalui Google Form, dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian, promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand trust, brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap brand trust, promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian melalui brand trust, variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian melalui brand trust. Saran yang dapat diberikan pada Starbucks adalah menjaga citra positif terhadap merek, terus melakukan promosi, memperhatikan kepercayaan konsumen terhadap merek. Dengan memperhatikan saran yang ada, Starbucks diharapkan dapat terus meningkatkan strategi pemasarannya melalui Instagram dan dapat memanfaatkan promosi, brand image, dan brand trust untuk meningkatkan keputusan pembelian.

References

A’iniyah, R. Q., & Taufiqurahman, E. (2021). Pengaruh Indikator Makroekonomi, Kinerja Keuangan Dan Harga Saham Terhadap Return Saham: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Idx30 Di Bei 2015-2019. Jurnal Manajemen, 15(2), 192–202.
Alkusani, A., Handayani, A., & Rahmadani, Y. F. (2020). Linkage Stock Price, Trading Volume Activity, Stock Returns and Trading Frequency on Bid Ask Spread. Innovation Research Journal, 1(1), 28. https://doi.org/10.30587/innovation.v1i1.1189
Arnani, M. (2023). Apa yang Menyebabkan Harga Saham Naik dan Turun. Kompas. https://money.kompas.com/read/2023/02/25/170039626/apa-yang-menyebabkan-harga-saham-naik-dan-turun?page=all
Astutik, W. S. (2020). Manajemen Investasi (Cetakan I). Media Nusa Creative.
Chornelia, M. R. A., & Suhartini, D. (2020). Analisis Trading Day, Trading Volume, Dan Trading Frequency Terhadap Return Saham Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2018. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.
Darwin, J. F., Tantra, J., Royce, V., Rahmi, N. U., & Dewi, P. K. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Harga Saham Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2018-2021. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(3), 535–545. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i3.694
Gery, M. H. (2023). Pengaruh Trading Volume Dan Harga Saham Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Di BEI. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 01(02), 87–96.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, R., Suhendro, S., & Masitoh W, E. (2022). Pengaruh profitabilitas, debt to equity ratio, price to eraning ratio dan kapitalisasi pasar terhadap return saham. Inovasi, 18(1), 127–138. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10397
Hartarto, A. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan
Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Kedelapan). BPFE Yogyakarta.
Kartasasmita, A. G. (2021). Industri Makanan dan Minuman Diakselerasi Menuju Transformasi Digital. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/22485/Industri-Makanan-dan-Minuman-Diakselerasi-Menuju-Transformasi-Digital#:~:text=Kementerian Perindustrian mencatat%2C kinerja industri,nonmigas sebesar 4%2C69%25.
Kusnandar, V. B. (2022). Industri Makanan dan Minuman Nasional Mulai Bangkit dari Pandemi Covid-19. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/31/industri-makanan-dan-minuman-nasional-mulai-bangkit-dari-pandemi-covid-19
Maysie, K. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, & Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Pada Sektor Pariwisata Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.52300/jmso.v2i1.3055
Niawaradila, B., Wiyono, G., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2019. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–138. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2078
Novaliasari, E. (2018). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham LQ45. STIE PERBANAS Surabaya.
Nurhayati, I. (2022). The Effect of Trading Volume, Frequency and Market Capitalization on Stock Return of Chemical Sub Sector. Jurnal Manajemen, 13(2), 283. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v13i2.7247
Putri, N. L. P. I. A., & Diantini, N. N. A. (2016). Analisis Penilaian Pasar Terhadap Return Saham Pada Industri Barang Konsumsi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi (PT Kanisius (ed.)).
Wibowo, A. R., & Hendratno. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham dan Kapitalisasi Pasar terhadap Return Saham Perusahaan yang Berada pada Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. E-Proceeding of Management, 6(1), 336–340.
Yusra, M. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan , Trading Volume, Nilai Kapitalisasi Pasar, Harga Saham, Dan Trading Day Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 65. https://doi.org/10.29103/jak.v7i1.1841
Zachary, R. F., & Yuyetta, E. N. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Perdagangan Saham. Diponegoro Journal of Accounting, 10(2), 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Published
2024-07-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times