Menggapai Loyalitas Pengguna Jasa Grab: Efek Harga Dan Kualitas Pelayanan

  • Teuku Fajar Shadiq Universitas Islam Syekh Fajar
  • Suwandi Suwandi Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Hani Hasanah Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Rahmiwati Habibu Universitas Muhammadiyah Palu
  • Dewi Mariam Widiniarsih Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Yose Ega Mulyadi Politeknik ATK Yogyakarta
Keywords: Harga, Jasa Grab, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Penawaran Produk

Abstract

Pemberdayaan strategi pemasaran dalam membentuk loyalitas pelanggan masih belum optimal dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis di Indonesia. Penelitian kausal ini dimaksudkan untuk mengukur bagaimana harga dan kualitas pelayanan berdampak pada loyalitas pengguna jasa Grab di Kabupaten Bone. Penelitian ini melibatkan 60 responden sebagai sampel yang dipilih melalui proses accidental sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan pengukurannya menggunakan skala likert. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Temuan menginformasikan bahwa harga mempunyai efek positif dan tidak signifikan pada loyalitas pengguna jasa Grab, sedangkan kualitas pelayanan berdampak positif serta signifikan pada loyalitas pengguna jasa Grab. Menindaklanjuti temuan ini, selain penentuan harga yang tepat dan pelayanan berkualitas yang harus ditingkatkan, teknik pemasaran lainnya juga penting untuk diimplementasikan dalam menawarkan produk di pasar, sehingga berpeluang meningkatkan loyalitas pelanggan secara optimal.

References

Adnin, R. J., Lubis, N., & Widayanto, W. (2013). Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pt. nasmoco pemuda semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(3), 36-43.
Alkhurshan, M., & Rjoub, H. (2020). The scope of an integrated analysis of trust switching barriers, customer satisfaction and loyalty. Journal of Competitiveness, 12(2), 5-21.
Amryyanti, R., Sukaatmadja, I. P., & Cahya, K. N. (2013). Pengaruh kualitas layanan, produk, dan kewajaran harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada lnc skin care Singaraja. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2(1), 22-29.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.
Chaniago, E. A., & Ariyani, N. (2023). Marketing Management's View of Integrated Marketing Communications. Journal of Social Research, 2(1), 589-595.
Cheng, F. F., Wu, C. S., & Chen, Y. C. (2020). Creating customer loyalty in online brand communities. Computers in Human Behavior, 107, 105752.
Dachi, A. (2020). Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan: Studi Pengguna Mobil Toyota Calya di Kota Bogor dan Bekasi. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 120-129.
Delecourt, S., & Fitzpatrick, A. (2021). Childcare matters: Female business owners and the baby-profit gap. Management Science, 67(7), 4455-4474.
Dwivedi, Y. K., Hughes, L., Wang, Y., Alalwan, A. A., Ahn, S. J., Balakrishnan, J., et al. (2023). Metaverse marketing: How the metaverse will shape the future of consumer research and practice. Psychology & Marketing, 40(4), 750-776.
Essardi, N. I., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2022). Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, and Price Perception: Determinants of Purchase Decisions for Consumers at Jumbo Supermarket. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 2(2), 95-104.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148-159.
Firmansyah, D., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan perceived value terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1), 120-128.
Gea, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2).
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus mitra korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 70-79.
Harumi, S. D. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 8(2), 115-128.
Karim, D., Sepang, J. L., & Soepeno, D. (2020). Pengaruh relationship marketing dan suasana kafe terhadap loyalitas pelanggan di Rumah Kopi Billy Kawasan Megamas. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).
Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM. CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 2, 1003-1011.
Khayru, R. K., & Issalillah, F. (2021). Study on Consumer Behavior and Purchase of Herbal Medicine Based on The Marketing Mix. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 1(1), 1-14.
Khoirunnisa, A. A., & Wijayanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 672-680.
Kim, M., Yin, X., & Lee, G. (2020). The effect of CSR on corporate image, customer citizenship behaviors, and customers’ long-term relationship orientation. International Journal of Hospitality Management, 88, 102520.
Lestari, R. W., & Wahyuati, A. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).
Lim, W. M. (2023). Transformative marketing in the new normal: A novel practice-scholarly integrative review of business-to-business marketing mix challenges, opportunities, and solutions. Journal of Business Research, 160, 113638.
Mala, I. K. (2023). Experiential Marketing Strategy in Increasing MSME OnlineShop Customer Loyalty: Overley Visualization Bibliometric Analysis. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(3), 341-352.
Mateus, R. A., Oliveira, T., & Neves, C. (2023). Sustainable technology: Antecedents and outcomes of households’ adoption. Energy and Buildings, 284, 112846.
Morseletto, P. (2023). Sometimes linear, sometimes circular: States of the economy and transitions to the future. Journal of Cleaner Production, 136138.
Myo, Y. N., Khalifa, G. S., & Aye, T. T. (2019). The impact of service quality on customer loyalty of Myanmar hospitality industry: the mediating role of customer satisfaction. International Journal of Management and Human Science (IJMHS), 3(3), 1-11.
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2016). Analisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan untuk meningkatkan minat beli ulang (studi pada online store lazada. co. id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1105-1117.
Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café (2020). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 465-493.
Purnama, P. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140-152.
Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Matahari Department Store di Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).
Rahayu, S., & Syafe’i, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2192-2107.
Rita, P., Oliveira, T., & Farisa, A. (2019). The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping. Heliyon, 5(10), e02690.
Santoso, S., Pradiani, T., & Fathorrahman, F. (2022). Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Personal Selling terhadap Keputusan Konsumen Membeli Motor Honda pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 176-193.
Scott, O., Hezekiah, O., & Folake, B. (2023). The impact of paid promotions on customer satisfaction with the mediating role of co-creation of customer value and moderating role of customer loyalty. History, 2(03), 132-143.
Shamsudin, M. F., Esa, S. A., & Ali, A. M. (2019). Determinants of customer loyalty towards the hotel industry in Malaysia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(9), 21-29.
Shokouhyar, S., Shokoohyar, S., & Safari, S. (2020). Research on the influence of after-sales service quality factors on customer satisfaction. Journal of Retailing and Consumer Services, 5(6), 102139.
Subawa, I. G., & Sulistyawati, E. (2020). Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen, 9(2), 718-736.
Wijaya, P. S., & Lomi, R. (2019). Analisis pengaruh kepuasan pasien, kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap loyalitas di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Jurnal Optimal, 16(2), 61-77.
Zanubiya, J., Meria, L., & Juliansah, M. A. (2023). Increasing Consumers with Satisfaction Application based Digital Marketing Strategies. Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), 2(1), 12-21.
Zhafar, H., & Andah, B. D. (2018). Penerapan Electronic Customer Relationship Management Terhadap Upaya Peningkatan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Ahass Sinar Makmur Sentosa Pada Divisi Perawatan Motor (H2). DEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 1(1), 461-467.
Zhang, R., Jun, M., & Palacios, S. (2023). M-shopping service quality dimensions and their effects on customer trust and loyalty: An empirical study. International Journal of Quality & Reliability Management, 41(1), 169-191.
Published
2024-08-01
Abstract viewed = 27 times
pdf downloaded = 22 times