Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

  • Tontowi Jauhari Universitas Kadiri
  • Evi Husniati Sya’idah Universitas Kadiri
Keywords: product, price, purchase decision

Abstract

Pemasaran merupakan bentuk pertanggungjawaban dalam mendorong organisasi untuk menyesuaikan diri dengan konsumen yang keinginannya selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhannya. Oleh sebab itu Produsen selalu dituntut untuk dapat mengetahui faktor penentu konsumen dalam melakukan pembelian sehingga produsen dapat menjamin keberlangsungan usahanya serta mendapatkan profit yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari produk, harga terhadap keputusan pembelian. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini termasuk jenis data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang melakukan pembelian sepeda motor pada dealer kembang jawa motor, sedangkan pengambilan sampel menggunakan pusrposive random sampling sejumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis koefien regresi dari produk sebesar 0.442 yang berarti bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan koefisien harga sebesar 0.390 maka dapat dikatakan bahwa harga juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan dari uji F didapatkan Fhitung sebesar 9.607 dengan tingkat signifikasi 0.000 yang bearti produk dan harga secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Maka dari penelitian ini didapatkan bahwa secara parsial maupun simultan produk, harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Davin Joshua & Metta Padmalia International Business Management, Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra Surabaya e-mail: djoshua@student.ciputra.ac.id, metta.padmalia@cipu. NBER Working Papers, 89. Retrieved from http://www.nber.org/papers/w16019
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911
Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.
Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: erlangga.
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.
Tjiptono, F. (2017). Service Quality and Satisfaction. Jakarta: Andi Offset.
Published
2024-08-02
Abstract viewed = 10 times
pdf downloaded = 6 times