Analisisa Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BPRS Bangkalan

  • Dissye Salsabila Universitas Trunojoyo Madura
  • Rian Abrori Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Digital Marketing, Pertumbuhan Nasabah, BPRS Bangkalan, Perbankan Syari’ah

Abstract

Digital Marketing menjadi alternatif promosi yang efisien di era teknologi informasi dalam memperkenalkan produk, layanan, dan transaksi perbankan. BPRS Bangkalan menggunakan digital marketing dalam promosinya. Penelitian ini mengkaji efektivitas alat dan platform digital marketing yang digunakan BPRS Bangkalan untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Melalui media sosial, konten edukatif tentang produk syariah, dan interaksi personal melalui platform digital, BPRS Bangkalan berhasil meningkatkan kesadaran publik dan keterlibatan nasabah. Hasil penelitian menunjukkan strategi digital marketing membawa dampak positif signifikan dalam pertumbuhan jumlah nasabah dan peningkatan loyalitas. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia yang ahli di bidang digital, kebutuhan investasi besar dalam teknologi dan pelatihan, serta risiko keamanan data. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat beberapa kendala, manfaat digital marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah dan memperkuat posisi kompetitif BPRS Bangkalan jauh lebih besar. Strategi yang tepat dan pengelolaan yang baik dapat mengatasi kendala tersebut dan memaksimalkan potensi digital marketing dalam industri perbankan syariah.

References

Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Penerapan studi lapangan dalam meningkatkan kemampuan analisis masalah (Studi Kasus pada mahasiswa Sosiologi IISIP YAPIS BIAK). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63. https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/63-72
Arinta, Y. N. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan antara Bank Syariah dan Bank Konvensional (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri). Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(1), 119. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v7i1.119-140
Arsyad, A. Y., Maupa, H., & Jusni, J. (2023). Perbandingan Strategi Marketing Syariah dan Marketing Konvensional dalam Menarik Dana dari Masyarakat. Judicious, 4(1), 151–156. https://doi.org/10.37010/jdc.v4i1.1280
Elida, T., & Raharjo, A. (2019). Pemasaran Digital (A. M. Sari & A. T. Putra (eds.)). PT Penerbit IPB Press.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gunawan, A. (2014). DALAM AKTIVITAS E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN PT GOLDEN RAMA EXPRESS Landasan Teori. Journal The WINNERS, 15(1), 61–71.
Hendro, J., & Arlinda, S. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM di Wilayah Kecamatan Cilincing. Jurnal Manajemen STEI, 06(02), 31–37.
Hidayat, R., & Sukmono, R. A. (2024). Impact of Digital Marketing Strategy , Brand Image , and Influencer Selecttivenes on Purchasing Decision for Netflix Product [ Dampak Strategi Pemasaran Digital , Citra Merek , dan Daya Pilih Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Netflix ]. 1–10.
Ismawati, I. (2019). Peran dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakukang Kota Makassar. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(1), 70. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i1.7740
Ivanka Mira Nur Aini, & M. Ruslianor Maika. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 128–142. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10348
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 6(2), 212–224. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452
Muwazir, M. R., Anwar, D., & Ab Ghani, A. M. (2018). Perbandingan Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia. Kontekstualita, 33(01), 1–24. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v33i1.47
Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 142–157.
Syahputra, M. A., Markager, S., Bro, R., Fellman, J. B., Petrone, K. C., Grierson, P. F., D’Orazio, V., Traversa, A., Senesi, N., Lapierre, J. F., Frenette, J. J., Catalá, T. S., Mladenov, N., Echevarría, F., Reche, I., Science, E., Technology, R., Environment, W., Engineering, R., … Qianheng, G. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN PADA PT. BPRS GEBU PRIMA MEDAN. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.
Triastity, R. (2011). Marketing Plan Sebagai Upaya Pencapaian Strategi Pemasaran Perusahaan Jangka Panjang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(1), 38–47.
Wibowo, D. H., Arifinin, Z., & Sunarti. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Yanti, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Published
2024-08-10
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 4 times