PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PROMOSI JASA OUTSOURCING PT. CATUR KARYA SENTOSA

  • Ella Effrisna Ivana Br Sinuhaji Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
  • Sixson Roberto Simangunsong Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma
Keywords: Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan, Promosi Jasa Outsourcing,   PT. Catur Karya Sentosa.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap promosi jasa outsourcing PT. CKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jasa outsourcing PT. CKS. Namun, analisis parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap promosi. Sebaliknya, kepuasan pelanggan ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jasa outsourcing PT. CKS. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kualitas pelayanan merupakan faktor penting, kepuasan pelanggan memainkan peran yang lebih krusial dalam mendorong promosi jasa outsourcing. Implikasi dari hasil penelitian ini menyarankan bahwa PT. CKS perlu fokus pada strategi peningkatan kepuasan pelanggan untuk memperkuat upaya promosi mereka.

 

References

Charles W. Lamb, J. F. (2001). Pemasaran. Jakarta: Selemba Empat.
Gotra Lidya Puspita, M. A. (2015). ANALISIS PENYALURAN TENAGA KERJA OLEH PERUSAHAAN-PERUSAHAAN OUTSOURCING DI PERUSAHAAN AIRLINES. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan.
Hartatik, M. E. (2023). SAINS DATA: Strategi, Teknik, dan Model Analisis Data.
kholik, a. (2020). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. 95-103.
Khuzaini, R. d. (2021). Pengaruh harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelaayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta.
Pramestil, D. Y. (2021). Pengaruh Kulitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee.
Puspita, G. L. (n.d.).
R, L. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Rahman, J. H. (2021). JENIS DATA PENELITIAN TEKNIK ANALISIS DATA GEOGRAFI.
Rifa'il, P. A. (2023). Metodologi Penelitian Hukum.
Rina Nur Fauziah, I. W. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OUTSOURCING PT. RAMA INDONESIA. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Wihasnanto.
Rina Nur Fauziah, I. W. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA OUTSOURCING PT. RAMA INDONESIA. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana .
Rosalia Irawaty, R. A. (2022). Kualitas Pelayanan, Harga, dan Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Outsourcing pada PT. Bintang Perkasa Surya Widya Laksana. Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Sugiyono. (2009). Metode Peneliti
Aziz Alimul, H. (2021). Cara mudah menghitung besar sampel (N. Aulia Azis, Ed.). Health Books Publishing.
Eddy Roflin, Iche Andriyani Liberty, P. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran (Moh. Nasrudin, Ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Habibur, R. J. (2021). Jenis jenis data penelitian. Jurnal Teknik Pengumpulan Data Dalam Rancangan Penelitian, August, 1–7.
Hartatik, Mayko Edison Koibur, A. W. M. (2023). SAINS DATA: Strategi, Teknik, dan Model Analisis Data (Rita Komalasari, Ed.). Kaizen Media Publishing.
Simangunsong, S., Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2023a, January 18). The Development of Higher Order Thinking Skill Test Instrument based Problem Based Learning to Improve Creative Thinking of the XIthGrade of SMK Negeri 1 Sosorgadong Tapanuli Tengah Academic Year 2022/2023. https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2022.2326236
Simangunsong, S., Maipita, I., & Hutasuhut, S. (2023b, January 18). The Development of Higher Order Thinking Skill Test Instrument based Problem Based Learning to Improve Creative Thinking of the XIthGrade of SMK Negeri 1 Sosorgadong Tapanuli Tengah Academic Year 2022/2023. https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2022.2326236
Simangunsong, S. R., Dian, S., Siahaan, N., & Pramana, D. (2021). The Effect of Online Explaining Skills on Teacher Competence.
Simangunsong, S. R., Tanjung, A. A., Dian, S., & Siahaan, N. (2021). Analisis Dampak Dana Desa dan Produk Domestik Regional Bruto Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Tapanuli Tengah. Journal Of Business and Economics Research (JBE), 2(1), 8–12.

an Pendidikan Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
WATI, W. T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN.
WATI, W. T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN.
Yanuar, M. M. (2017). Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi dan kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia.
Published
2024-09-02
Abstract viewed = 11 times
pdf downloaded = 4 times