PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FESYEN BERKELANJUTAN BERBAHAN KATUN PADA PENGGUNA TIKTOK

  • Alby Silmi Maulidan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rusani Jaelani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syti Sarah Maesaroh Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Purchase Decisions, Attitudes, Perceptions, Sustainable Fashion Made from Cotton

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda untuk menganalisis hubungan antara persepsi, sikap, dan keputusan pembelian fesyen berkelanjutan berbahan katun oleh mahasiswa asal Tasikmalaya yang aktif di TikTok. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh persepsi dan sikap terhadap keputusan pembelian produk fesyen berkelanjutan berbahan katun. Menggunakan pendekatan kuantiatif jenis survei dengan teknik pengumpulan data sekunder dan primer dikumpulkan dari 144 responden yang dipilih secara purposif sampel. Analisis dilakukan menggunakan SPSS versi 25 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi (X1) dan sikap (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Koefisien determinasi regresi sebesar 0,485 mengindikasikan bahwa 48,5% variasi dalam keputusan pembelian dijelaskan oleh persepsi dan sikap, sementara faktor lain mempengaruhi 51,5% sisanya. Temuan ini menunjukkan bahwa persepsi dan sikap konsumen sangat memengaruhi keputusan pembelian produk fesyen berkelanjutan. Persepsi positif terhadap kualitas dan manfaat lingkungan produk membentuk sikap yang mendukung, yang pada akhirnya mendorong perilaku pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu menekankan kualitas dan manfaat lingkungan produk untuk membentuk persepsi positif, mengubah sikap konsumen, dan mengurangi kesenjangan antara sikap positif dan perilaku pembelian produk fesyen berkelanjutan berbahan katun.

 

References

Agustina, T. (2022). Analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk fashion pada Ecommerce JD.ID (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Pakuan). Universitas Pakuan.
Amalia, R. G. (2023). Carbon addons. Linkedin. https://id.linkedin.com/pulse/sama-sama-jagain-bumi-hidup-berkesadaran-dengan-sustainable
Anggraini, S., & Lestari, R. B. (2023). Pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Kepercayaan Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Lazada Di Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 4(2), 127–131.
Azwar, S. (2007). Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya. Dalam Yogyakarta : Pustaka Pelajar,. Pustaka pelajar.
Blas Riesgo, S., Lavanga, M., & Codina, M. (2023). Drivers and barriers for sustainable fashion consumption in Spain: a comparison between sustainable and non-sustainable consumers. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 16(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/17543266.2022.2089239
Dania, A. F., Trihudiyatmanto, M., & Purwanto, H. (2024). Analisis Dimensi Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(1), 9–24.
Dhir, A., Sadiq, M., Talwar, S., Sakashita, M., & Kaur, P. (2021). Why Do Retail Consumers Buy Green Apparel? A Knowledge-Attitude-Behaviour-Context Perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 59, 102398. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102398
Endrayana, J. P. M., & Retnasari, D. (2021). Penerapan Sustainable Fashion Dan Ethical Fashion Dalam Menghadapi Dampak Negatif Fast Fashion. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 4, 1–6.
Fashion United. (2021). Global Fashion Industry Statistics. Fashion United. https://fashionunited.com/global-fashion-industry-statistics
Fauzi, E., Visar Sinatrya, M., Daru Ramdhani, N., Ramadhan, R., & Muhammad Rasid Safari, Z. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 7(2), 189–197. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6877
Febryanty, I., & Suryowati, B. (2020). Faktor Psikologis dan Kepercayaan dalam Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis.
Firdaus, M. S., & Haryanti, I. (2023). Sikap Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusanpembelian Online Di Sungai Lilinmusi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 2, 588–598.
Jafrizal. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8.
Kotler, P., & Armstrong, G. (1998). Prinsip-Prinsip Pemasaran. OPAC Perpustakaan Nasional RI.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=946875
Maesaroh, S. S. (2020). Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Kota Tasikmalaya Melalui Pemanfaatan System Informasi Geografis (SIG). Dalam Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis (Vol. 11).
Najib, M., & Munandar, J. m. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Konsumen untuk Membeli Produk Melalui E-Commerce Factors That Influence Consumer’s Purchase Intention to Buy Products Through E-Commerce. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 11(2), 83–90.
Park, H. J., & Lin, L. M. (2020). Exploring Attitude–Behavior Gap In Sustainable Consumption: Comparison Of Recycled And Upcycled Fashion Products. Journal of Business Research, 117, 623–628. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.08.025
Pratama, A. P. Y., Layla, A. Z. H., Fadhli, M. A. M., Zhafran, M. H., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek"http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek
Pratiwi, F. Y., & Zulian, I. (2023). Tren Konsumerisme Dan Dampak Fast Fashion Bagi Lingkungan Kota Medan. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 5(3), 106–116. https://doi.org/10.54783/jin.v5i3.812
Reza, M. H., & Fatana, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Air Minum Isi Ulang Pada Depot Air Minum Bale Syiar Kecamatan Kuripan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 4(2).
Rizaty, A. (2024). Data Pengguna Aplikasi TikTok di Indonesia pada Oktober 2021-Januari 2024. Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/data-pengguna-aplikasi-tiktok-di-indonesia-pada-oktober-2021januari-2024
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer Behavior. Dalam Pearson Education. Pearson Education/Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=a1LpngEACAAJ
Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Suliyanthini, D., Mahdiyah, M., & Utari, D. (2022). Hubungan Pengetahuan Fast Fashion Dengan Preferensi Pembelian Konsumen. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(3), 205–214.
Yolanda, Y. (2021). Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Jeruk Keprok Garut (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Young, S. (2020). Fashion Revolution Week: What Was The Rana Plaza Disaster And Why Did It Happen? Independent. The Independent.
Published
2024-09-01
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 1 times