PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN, KEAMANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SOSIAL COMMERCE TIKTOK SHOP DI KOTA BATAM

  • Cici Astriani Br Manullang Universitas Putera Batam
  • Mauli Siagian Universitas Putera Batam
Keywords: Kepercayaan Konsumen, Keamanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Riset ini berpusat pada individu yang sudah pernah membeli produk di TikTok Shop di Kota Batam pada tahun 2024, walaupun jumlah keseluruhan pelanggan tidak diketahui. Riset ini mempelajari hubungan antara kepercayaan konsumen, keamanan, serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan memakai metode sampling purposive, 204 responden diseleksi berdasarkan pada metode Jacob Cohen. Proses analisa data melibatkan uji kualitas data, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis melalui regresi linier berganda. Hasil analisa regresi linier berganda membuktikan bahwa kepercayaan konsumen memberikan pengaruh sebesar 33,8% terhadap keputusan pembelian, keamanan memberikan pengaruh sebesar 49,4%, serta kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 43,2%. Secara keseluruhan, koefisien determinasi (R2) mengindikasikan bahwa kepercayaan konsumen, keamanan, dan kualitas produk bisa menjelaskan 49,5% variasi dalam keputusan pembelian. Tidak hanya itu, hasil uji T serta uji F mengonfirmasi bahwa kepercayaan konsumen, keamanan, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara individu ataupun bersama-sama, terhadap keputusan pembelian konsumen pada sosial commerce TikTok Shop di Kota Batam.

References

Amalia, I. K., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya, 6(1), 166–172. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.886
Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop. Jurnal Technobiz, 6(2), 86–96.
Asep Suhendar Aprilia. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809
Atmaja, H. S., & Achsa, A. (2022). Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop. Jurnal Mirai Management, 7(1), 400–409. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2167%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/2167/1430
Aulia, T., Ahluwalia, L., & Puji, K. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2, 58–69.
Febby Andriani, Enny Arita, A. A. (2022). Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 01(01), 124–137. https://www.jurnal.unidha.ac.id/index.php/JPPISB/article/download/500/303
Gultom, R., Khoiri, M., Putera Batam, U., & Soeprapto Muka Kuning, J. R. (2023). Pengaruh Customer Review, Customer Rating Dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Kota Batam. 23(2), 72.
Irenius Pandi Berian Gea, H. (2024). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, AND TRUST ON PURCHASING DECISIONS ON LAZADA E-COMMERCE IN BATAM CITY. 5(1), 218–225. https://www.researchgate.net/publication/378286711_The_Influence_of_Promotion_Brand_Image_and_Trust_on_Purchasing_Decisions_at_Bukalapak_in_Batam_City
Jefryansyah, J., & Muhajirin, M. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Secara Online. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 85–94. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.703
Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335
Puanda, F., & Rahmidani, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Ecogen, 4(3), 367. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11507
Rahmahyanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1143–1151. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3309
Sanjaya, V. F., & Hernita, S. J. (2020). Online Consumer Review, Brand Community, Trust and Consumer Purchase Decisions in Indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 276. https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.945
Siagian, M., Manajemen, P. S., Batam, U. P., Manajemen, P. S., & Batam, U. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam. Journal of Management & Business ISSN, 6(2), 215–225.
Sisrahmayanti, T., & Muslikh, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1), 54–65. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i1.5802
Published
2024-10-22
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 6 times