Pengaruh Jingle Iklan Versi “Shopee COD” Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia

  • Fathur Rahmat Nabawi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: advertisement jingle, brand awareness, Shopee COD, marketing strategy

Abstract

Pertumbuhan pesat e-commerce di Indonesia di dorong oleh Shopee sebagai pemimpin pasar, yang memanfaatkan jingle iklan untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh jingle iklan Shopee versi “Shopee COD” terhadap brand awareness Shopee Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif & verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 95 responden berusia 17-34 tahun yang telah mendengar jingle "Shopee COD". Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan kuat antara penggunaan jingle iklan Shopee versi “Shopee COD” dengan peningkatan brand awareness. Analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa jingle mampu mempengaruhi sekitar 62,9% brand awareness Shopee, hal ini menegaskan seberapa besar pengaruh jingle  dalam membangun brand awareness Shopee Indonesia. Indikator memorability yang memiliki value tertinggi mengartikan bahwa jingle yang mudah diingat dan dikenal terbukti efektif dalam membentuk ingatan dan menarik perhatian konsumen terhadap merek. Selain itu, temuan ini menggarisbawahi pentingnya kelima indikator (memorability, meaningfulness, likeability, adaptability, dan protectability) dalam pembuatan jingle yang baik untuk strategi pemasaran pengenalan sebuah merek.

References

Aaker, D. A. (2009). Managing Brand Equity Capitalising on the value of Brand Name. Dalam the Free Press (Vol. 13, Nomor 1). Free Press.
Annur, C. M. (2023, November 6). E-commerce, Sektor Penyumbang Ekonomi Digital Terbesar Indonesia pada 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/06/e-commerce-sektor-penyumbang-ekonomi-digital-terbesar-indonesia-pada-2023
Binet, L., Müllensiefen, D., & Morrison, G. (2015). Marketing to the senses: Music gets under your skin.
Jain, P., & Jain, U. (2016). Study of the Effectiveness of Advertising Jingles. 3(5), 496–502.
Keller, K. L. 1956-, & Swaminathan, V. (2019). Strategic brand management : building, measuring, and managing brand equity. (5 ed.). Pearson Education.
Kertamukti, R. (2019). Strategi kreatif dalam periklanan : konsep pesan, media branding, anggaran (3 ed.). Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., Adaptation of (work): Kotler, Philip., Keller, K. L., Goodman, M., Brady, M., & Hansen, T. (2012). Marketing management. Pearson Education, Inc.
Lee, Monle., & Johnson, C. (2005). Principles of advertising : a global perspective. Haworth Press.
Levy, P. S., & Lemeshow, Stanley. (2013). Sampling of populations : methods and applications. Wiley.
Morrisan, M. A. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, cetakan pertama. Dalam Penerbit: Kencana Prenada Media Group. Kencana.
Pelsmacker, P. de, Bergh, J. van den, & Geuens, M. (2021). Marketing communications : a European perspective. Pearson.
Rahmah, S., Herawaty, T., & Syafa’atul Barkah, C. (2021). PENGARUH JINGLE IKLAN VERSI “BABY SHARK” TERHADAP BRAND AWARENESS SHOPEE INDONESIA. Journal IMAGE |, 10(2), 75–85.
Shopee Indonesia. (2023, Januari 23). Shopee 2.2 COD Sale. You Tube. https://www.youtube.com/watch?v=V3U7rg0PYME
Soehadi, A. W. (2005). Effective Branding : Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merek yang Sehat dan Kuat. Dalam ICB Research Reports (Nomor 9). Quantum Bisnis & Manajemen.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif: Vol. xviii (3 ed.). Alfabeta.
Top Brand Award. (2024). Komparasi Brand. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=540&tahun_awal=2020&tahun_akhir=2024&brand1=Blibli.com&brand2=Bukalapak.com&brand3=Lazada.co.id&brand4=Shopee.co.id&brand5=Tokopedia.com
Vazsonyi, N. (2012). Richard Wagner: Self-Promotion and the Making of a Brand. Cambridge University Press.
Widyastuti, T. A. R., Mukhlis, I. R., Tondong, H. I., Nur, M. Dj., Utami, R. N., Kusumastuti, S. Y., Kurniawan, S., Judijanto, L., & Pratama, A. (2024). METODOLOGI PENELITIAN : Panduan Lengkap Penulisan Karya Ilmiah (E. Efitra, I. Uzma, & S. Sepriano, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Published
2024-07-24
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times