Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Kain Crinkle Pada Markectplace Shopee

  • Fina Nur Falah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Satrio Sudarso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Product Quality, Price, Promotion, Consumer Purchase Interest

Abstract

Shopee adalah pasar terbesar, terlengkap, dan paling murah di Indonesia, yang memfasilitasi transaksi online antara konsumen dan penjual melalui aplikasi selulernya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat konsumen dalam membeli barang di marketplace shopee dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, dan pemasaran. Untuk deskripsi dan analisis yang lebih mendalam mengenai hubungan antara variabel-variabel tersebut, metode deskriptif kuantitatif sangat relevan. Oleh karena itu, strategi ini dapat membantu memperjelas elemen yang mempengaruhi keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian di pasar Shopee. Dengan menggunakan pendekatan random sampling, sampel dikumpulkan sebanyak seratus orang. Perangkat lunak statistik SPSS versi 29 dipekerjakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa periklanan, harga, dan kualitas produk semuanya mempunyai dampak menguntungkan terhadap keinginan konsumen untuk melakukan pembelian.  Elemen-elemen ini mempunyai kekuatan untuk membentuk perilaku konsumen dan menunjukkan betapa efektifnya pengendalian Harga, kualitas produk, dan promosi semuanya dapat mempengaruhi pilihan pelanggan untuk membeli. Bisnis dapat meningkatkan efektivitas pemasaran secara keseluruhan dan meningkatkan niat membeli konsumen dengan mengkaji secara cermat cara-cara untuk meningkatkan kualitas produk, harga, dan promosi.

References

[1] A. Meri Christina, Iranita, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN 2017 UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG,” Ekon. Keuang. dan Finasial, Ekon. Biaya dan Pembiyaan, vol. 1, hal. 573–583, 2020.
[2] S. Nur Hajijah, I. R. Dewi, dan Y. N. Annisamala, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kota Cirebon,” BONANZA J. Ilm. Ekon. Bisnis dan Keuang., vol. 2, no. 2, hal. 28–38, 2022, doi: 10.54123/bonanza.v2i2.191.
[3] Y. E. Simanjuntak, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa di Yogyakarta),” Sekol. Tinggi Ilmu Manaj. Yayasan Kel. Pahlawan Negara, vol. 21, no. 1, hal. 1–9, 2022.
[4] S. Sumaa, A. S. Soegoto, dan R. L. Samadi, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial Terhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 9, no. 4, hal. 304–313, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36229
[5] Harsokoesoemo, “Perancangan Produk,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2019.
[6] D. A. Fajar Arini, S. Hartono, dan I. Istiqomah, “Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee ditinjau dari Celebrity Endorser, Online Customer Review dan Rating,” El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 3, no. 4, hal. 680–692, 2022, doi: 10.47467/elmal.v3i4.1002.
[7] B. Firmansyah, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Sidoarjo,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 1, no. 1, hal. 1–9, 2018.
[8] A. Afnina dan Y. Hastuti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan,” J. Samudra Ekon. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, hal. 21–30, 2018, doi: 10.33059/jseb.v9i1.458.
[9] R. Mustika Sari dan P. Piksi Ganesha, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise),” vol. 5, no. 3, hal. 2021.
[10] A. Jamaludin, Z. Arifin, dan K. Hidayat, “Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang),” J. Adm. Bisnis (JAB)|Vol, vol. 21, no. 1, 2015.
[11] M. R. N. Irawan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya,” Ekonika J. Ekon. Univ. Kadiri, vol. 5, no. 2, hal. 140, 2020, doi: 10.30737/ekonika.v5i2.1097.
[12] W. Anugrah dan Irda, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta ),” hal. 2–3, 2022.
[13] Z. P. Wulandari, A. Mulyati, dan E. Tjahjono, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Marketplace Shopee),” J. Din. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 1, hal. 1–14, 2020.
[14] R. Limanto, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Hswgrail.Id,” Performa, vol. 6, no. 1, hal. 57–66, 2021, doi: 10.37715/jp.v6i1.1919.
[15] J. I. M-progress et al., “Pengaruh Pengembangan Karier Dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Di Tangerang,” J. Ilm. M-Progress, vol. 12, no. 1, hal. 13–25, 2022, doi: 10.35968/m-pu.v12i1.862.
[16] P. Harga, K. Produk, D. A. N. Promosi, dan D. R. Prayudha, “Terhadap Minat Pembelian Ulang Di,” vol. 11, 2023.
[17] H. Maulana, N. E. Oktaviani, dan N. Handayani, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Article Info ABSTRAK,” J. Bisnis dan Manaj. West Sci., vol. 1, no. 01, hal. 51–62, 2022.
[18] H. Indriani dan R. B. Bambang Sumantri, “Analisis Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Percetakan Seventeen,” J. Teknol. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, hal. 35–52, 2021, doi: 10.37087/jtb.v2i2.23.
[19] S. Magfiroh, A. Sunarmo, dan D. Primasari, “Profesional Audit Dan Etika Kerja Terhadap Tindakan Whistleblowing,” J. Anal. Bisnis Ekon., vol. 16, no. 2, hal. 103–116, 2018, doi: 10.31603/bisnisekonomi.v16i2.2619.
[20] M. Maria, D. Halawa, R. R. Situmeang, M. R. Manalu, F. Ekonomi, dan U. Prima, “Pengaruh kualitas produk , promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Effect of product quality , promotion and service on customer satisfaction,” J. Manaj., vol. 13, no. 3, hal. 339–347, 2021.
[21] I. D. Astutik, U. Y. Suyanto, I. Purwanti, dan S. Yaumi, “Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee : Analisis Harga dan Kualitas Produk dimoderasi Kepercayaan Konsumen,” J. Ekon. Ekon. Syariah, vol. 5, no. 2, hal. 2169–2184, 2022.
Published
2024-07-17
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 0 times