Studi Preferensi Konsumen Perempuan Gen Z Terhadap Produk Kosmetik Cina Pada E-Commerce Shopee
Abstract
Era globalisasi menuntut produsen untuk bersaing dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang semakain beragam. Kosmetik sebagai salah satu kebutuhan dasar akan kecantikan bagi perempuan, menjadi produk yang dipilih dengan sangat hati-hati oleh konsumennya. Pembelian kosmetik tertinggi ditemukan pada perempuan ada di rentang usia 18-25 tahun (Generasi Z) yang mayoritas dilakukan melalui e-commerce khusunya Shopee yang didominasi pembeli perempuan. Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi konsumen perempuan generasi Z terhadap produk kosmetik. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa harga terjangkau, kualitas yang baik, variasi produk, kemudahan akses membeli dan desain produk memiliki kecenderungan sebagai preferensi konsumen perempuan generasi z dalam membeli produk kosmetik dari negara Cina. Sedangkan influencer menjadi faktor pendukung dalam munculnya preferensi, sedangkan Country of Origin cenderung tidak menjadi prioritas dalam pembelian produk kosmetik
References
Angmalisang, S. I., Lapian, S. L. H. V. J., Mandey, S. L., Tumbel, A. L., & Tumbuan, W. J. F. A. (2024). Generation Z and The Transformation of Online Purchasing: The Role of E-Commerce in Consumer Preferences. International Journal of Economic Literature (INJOLE), 2(7), 2030–2038.
Arafi, M. T. (2022). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Mutiara Tikar Di Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 5064–5068.
Arifiani, M. P. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsunmi Pada Konsumen Toko Basmalah (Studi Pada Toko Basmalah Kota Pasuruan). Universitas Brawijaya.
Badan Pengawas Obat dan Makanan. (2023). Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Pedoman Dokumen Informasi Produk Kosmetik. BPOM RI. https://notifkos.pom.go.id/upload/informasi/20230814084844.pdf
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Data Ekspor Impor Nasional 2020-2024. https://www.bps.go.id/id/exim
Cahya, E., & Harti. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xpreia Z Series di Counter Insight Plaza Marina Surabaya [Universitas Negeri Surabaya]. http://idc.com
Guntari, D. D., & Halim, P. A. (2021). Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Produk Envygreen Skincare). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(2), 295–307. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.668
IDN Times. (2024). Indonesia Gen Z Report 2024. https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-gen-z-report-2024.pdf
Jessica, P. E., & Pandowo, M. (2016). The Analysis Of Consumer Preference on Female Purchase Decision of Cosmetic Products in Manado City. Jurnal EMBA, 4(2), 46–57.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (Imam Nurmawan, Ed.). Erlangga.
Pangestu, P. (2017). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Halalan Thayyiban Universitas Brawijaya Malang.
Populix. (2022, August). Unveiling Indonesian Beuaty & Dietary Lifestyle. https://info.populix.co/reports/2022-08-beauty-dietary-trends
Putra, I. B. O. K., & Suprapti, N. W. S. (2019). Pengaruh Persepsi Asal Negara (Country of Origin) Terhadap Niat Beli yang Dimediasi Citra Merek. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5240. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p21
Putri, N. E., & Iskandar, D. (2014). Analisis Preferensi Konsumen dalam Penggunaan Social Messenger di Kota Bandung Tahun 2014 (Studi Kasus: Line, Kakaotalk, Wechat, Whatsapp. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 110–127.
Raf, H. M., & Kartika, S. (2019). Pengaruh Country of Origin (Asal Negara Produk) Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(2), 87–96.
Ronauli, L. N., & Indriani, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Kosumen Terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik (Studi pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indoensia, XIX(3), 172–187.
Rosseh, A., & Pasaribu, P. N. (2024). Preferensi Pelanggan terhadap Pasar Online: Studi Kasus Marketplace Shopee. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1372–1395.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Secretaria, N. M., Aranas, A. G. L., Pacubas, C. Y., & Bithay, L. L. (2023). Understanding Gen Z Consumer Preferences for Pricing Methods: A Case Study in Cebu, Philippines. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR) - Peer Reviewed Journal, 9(3), 229–241. https://doi.org/10.36713/epra2013
Shopee Indonesia. (n.d.-a). Produk Terlaris. Https://Shopee.Co.Id/m/3-15-Produk-Terlaris#HBC.
Shopee Indonesia. (n.d.-b). Shopee Career. Https://Careers.Shopee.Co.Id/About.
sugiyono. (2007). Metode Penelitisn Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Syam, S. A., Haeruddin, M. I. W., Ruma, Z., Musa, M. I., & Hasbiah, S. (2022). Pengaruh Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace. Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 73–79.
Triono, E. D., & Lukitasari, L. (2023). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Produk Hasil Laut Di Pasar Ikan Modern Sabilulungan Soreang. FRIMA: Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 6, 444–453.
Wang, R. W. Y., & Chou, M.-C. (2010). The Comprehension Modes of Visual Elements: How People Know About the Contents by Product Packaging . International Journal of Business Research and Management (IJBRM), 1(1), 1–13.
Yanuar, N. D., & Harti, H. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Penjualan Pada Home Industri Olahan Ikan di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 51–60.
Yuniar, A. M., & Aji, G. G. (2022). Pemaknaan Brand China: (Studi Fenomenologi Pada Millennial Pengguna Mobil Wuling di Surabaya). Commercium, 5(1), 68–82. www.wuling.com
Copyright (c) 2024 Yolanda Aesi Gunawan, Idfi Setyaningrum, Frisqylia Dameria Ella Leluni Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.