Analisis Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle Sebagai Variabel Mediasi (Survei Terhadap Pengguna Lazada Di Kota Sukabumi)

  • Diah Nurul Fauzi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Nilai Belanja Hedonis, Gaya Hidup Belanja, Pembelian Impuls.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mediasi gaya hidup belanja dalam hubungan nilai belanja hedonis terhadap pembelian impuls. Metode penelitian yang digunakan dala penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kausal. Teknil sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menyebarkan kuesioner terhadap 165 pengguna Lazada di Kota Sukabumi dengan teknik analisis yaitu Structural Equating Modeling Parsial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPls Versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lazada mendorong konsumen memiliki perilaku hedonis, gaya hidup belanja dan pembelian impuls. Nilai belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup belanja sebesar 0,792. Nilai belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impuls sebesar 0,327. Dan gaya hidup belanja dapat berperan sebagai variabel mediasi pada hubungan antara nilai belanja hedonis dan pembelian impuls namun hubungannya tidak efektif dikarenakan nilai pengaruh tidak langsung lebih kecil dari pada pengaruh langsung, yakni sebesar 0,459.

References

Afif, M. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN Kotler, philip, & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.
Aswin, A., Rafiq, M., Pratama, Y. A., & Septiana, R. (2022). Perilaku Online Impulse Buying pada Marketpalce Shopee.
Fitrandi Mooduto, M., Abidin Umar, Z., Yanto Niode, I., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Gorontalo, U. (2023). pengaruh hedonic shopping value terhadap e-impulse buying pelanggan tiktok shop. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 2, Issue 9).
Hamdani, alam,nizar, muharwiyah, kamila,meli, & nurhasan, rohimat. (2022). Pengaruh Price Discount dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee di Kabupaten Garut. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35899/biej.v4i1.351
Hair Jr, J. F., G. Tomas M. Hult ·, Christian M. Ringle ·, Marko Sarstedt ·, Nicholas P. Danks ·, & Soumya Ray. (2021b). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management.
Liantifa, M., Tinggi, S., Sakti, I. E., & Kerinci, A. (2019). shopping lifestyle as a mediation variable in the effect of hedonic shopping value on buying impulse in online shop. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 7(2), 183–191.
Muzdalifah, L., Manajemen, P., Ekonomi, F., Impulsif, P., Konsumen, S., & Situasional, F. (2023). Konsumen Online terhadap Pembelian Impulsif: Sifat Konsumen dan Faktor Situasional Consumer’s Online to Impulse buying: Consumer traits and Situational factors. GREENOMIKA, 1, 13–28. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022
Nurlinda, R., Christina, D., Arjuna Utara No, J., Kepa, D., Kb Jeruk, K., Jakarta Barat, K., & Khusus Ibukota Jakarta, D. (2020). peran positive emotion sebagai sebagai mediator hedonic shopping dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di lazada under a Creative Commons Attribution (cc-by-nc-sa) 4.0 license. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1). http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/380
Prasetyo, R. B. (2023). Pengaruh e-commerce dalam dunia bisnis (Vol. 1, Issue 1). https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jmeb
Published
2024-07-16
Abstract viewed = 17 times
pdf downloaded = 8 times