Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Guest Booking Intention Di Hotel Patra Bandung

  • Haniek Listyorini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang
  • Deni Somantri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI) Semarang
Keywords: Keterikatan; Niat Pemesanan Tamu; Industri Perhotelan; Reputasi

Abstract

Sebagai hotel yang sudah menjadi pemain lama dalam industri dan bertahan hingga kini umumnya karena telah memiliki reputasi yang baik di tengah masyarakat. Derasnya persaingan usaha perhotelan memperketat persaingan, sehingga perlu diuji apakah reputasi saja dapat mempengaruhi niat pemesanan tamu hotel, atau membutuhkan kuatnya keterikatan pelanggan dengan hotel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor reputasi sebagai penyebab terjadinya niat pemesanan tamu hotel dengan keterkaitan (attachment) sebagai faktor yang memediasi pengaruh tersebut. Untuk dapat menjawab tujuan tersebut maka digunakan metode penelitian kuantitatif dengan SMART PLS sebagai alat analisisnya untuk menguji outer model maupun inner model agar dapat menentukan penerimaan atau penolakan hipotesis pada sampel 100 tamu yang telah melakukan pemesanan di Hotel Patra Bandung sebagai responden. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukan bahwa Reputasi berpengaruh terhadap niat pemesanan hotel baik secara langsung maupun tidak langsung melalui keterikatan tamu. Hal ini memberikan konfirmasi bahwa hotel yang telah bermain lama dalam industri perlu mempertahankan reputasi yang dapat menguatkan keterikatan pelanggan sehingga menghasilkan niat tamu untuk melakukan pemesanan layanan hotel.

  

References

Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 2(1), 39–52. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6050
Ahmadi, A., & Ataei, A. (2024). Emotional attachment: a bridge between brand reputation and brand advocacy. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 16(1), 1–20. https://doi.org/10.1108/APJBA-11-2021-0579
Bell, E., Bryman, A., & Harley, B. (2022). Business research methods. Oxford university press.
Citrawati, V. D., Prakosa, A., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Produk, dan Reputasi Terhadap Minat Menabung di Tabungan Tamansari BPR Bantul. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.56393/equilibrium.v1i1.50
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 4(1).
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Halizah, S. N., Infante, A., & Darmawan, D. (2022). Keterbentukan Kepercayaan Pelanggan Shopee Melalui Kualitas Hubungan, Reputasi dan Keamanan Marketplace. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 256–261. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.1712
Hosany, S., Buzova, D., & Sanz-Blas, S. (2020). The influence of place attachment, ad-evoked positive affect, and motivation on intention to visit: Imagination proclivity as a moderator. Journal of Travel Research, 59(3), 477–495. https://doi.org/10.1177/0047287519830789
Lachowicz, M. J., Preacher, K. J., & Kelley, K. (2018). A novel measure of effect size for mediation analysis. Psychological Methods, 23(2), 244. https://doi.org/10.1037/met0000165
Li, J., & Liu, F. (2011). A proposed framework of eWOM and eTrust in online hotel booking: The influence of an e-Intermediary. 2011 International Conference on Management and Service Science, 1–4. https://doi.org/10.1109/ICMSS.2011.5998817
Loureiro, S. M. C., & Kastenholz, E. (2011). Corporate reputation, satisfaction, delight, and loyalty towards rural lodging units in Portugal. International Journal of Hospitality Management, 30(3), 575–583. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2010.10.007
Ogbeibu, S., & Gaskin, J. (2023). Back from the future: Mediation and prediction of events uncertainty through event-driven models (EDMs). FIIB Business Review, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.1177/23197145221121084
Stylos, N., Bellou, V., Andronikidis, A., & Vassiliadis, C. A. (2017). Linking the dots among destination images, place attachment, and revisit intentions: A study among British and Russian tourists. Tourism Management, 60, 15–29. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.11.006
Su, W.-S., Hsu, C.-C., Huang, C.-H., & Chang, L.-F. (2018). Setting attributes and revisit intention as mediated by place attachment. Social Behavior and Personality: An International Journal, 46(12), 1967–1981. https://doi.org/10.2224/sbp.6861
Sudarti, K., & Ulum, S. B. (2019). Peran sikap konsumen dalam memediasi pengaruh religiusitas dan reputasi merek terhadap minat beli ulang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 48–61.
Swift, D. A. (1981). The electrical discharge. Contemporary Physics, 22(1), 37–60. https://doi.org/10.1080/00107518108231514
Tiamiyu, T., Quoquab, F., & Mohammad, J. (2020). Antecedents and consequences of tourists’ attachment in driving guests’ booking intention: a case of Airbnb, Malaysia. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 14(4), 525–544. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-11-2019-0200
Yamin, S. (2023). Olah data Statistik SMARTPLS 3 SMARTPLS 4 AMOS & STATA (MUDAH & PRAKTIS) EDISI III. Dewangga Energi Internasional Publishing.
Yen, C.-H., Chen, C.-Y., Cheng, J.-C., & Teng, H.-Y. (2018). Brand attachment, tour leader attachment, and behavioral intentions of tourists. Journal of Hospitality & Tourism Research, 42(3), 365–391. https://doi.org/10.1177/1096348015584438
Zhang, H., Huang, Z., Green, B. C., & Qiu, S. (2018). Place attachment and attendees’ experiences of homecoming event. Journal of Sport & Tourism, 22(3), 227–246. https://doi.org/10.1080/14775085.2018.1480404
Published
2024-07-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times