Pengaruh Kompetensi Guru Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 2 Karawang

  • Apriyanti Apriyanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Suroso Suroso Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Flora Angela Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Kompetensi Guru, Beban Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan studi untuk memahami dan menganalisis Pengaruh Kompetensi Guru dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 2 Karawang. Metode studi digunakan pendekatan kuantitatif verifikatif memakai alat analisis statistik regresi berganda melalui program SPSS 27. Populasi pada studi ialah guru pendidik SMKN 2 Karawang Barat sejumlah 132 orang dengan sampel 100 responden. sesuai hasil penelitian menunjukkan secara parsial terdapat Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru dengan nilai t hitungnya sebanyak 4,032 > 1,660. Dan begitupun dengan Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Guru dengan nilai t hitungnya sebanyak 3,976 > 1,660. Besarnya Pengaruh Kompetensi Guru dan Beban Kerja memiliki konstribusi sebanyak 53,6% terhadap variabel terikat ialah Kinerja Guru sisanya sebanyak 46,4% dipengaruhi dengan variabel lain dimana variabel tersebut tidak termasuk dalam studi. 

References

Net, J. (2016). OnLine Webtoon Users – Survey Report. Blogjakpat.Net. https://blog.jakpat.net/online-webtoon-users-survey-report/
Agatha Sri Wdyanti Hastuti, M., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622
Agnes, T. (2016). Pembaca Line Webtoon Indonesia Terbesar di Dunia. Detikhot. https://hot.detik.com/art/d-3274551/pembaca-line-webtoon-indonesia-terbesar-di-dunia
Arwani Sholeh, A. (2022). PENGARUH E-WOM, KUALITAS KONTEN TERHADAP SUBSCRIPTION DECISION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Layanan Streaming Genflix pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Carlson, K. D., & Herdman, A. O. (2012). Understanding the impact of convergent validity on research results. Organizational Research Methods, 15(1), 17–32. https://doi.org/10.1177/1094428110392383
Cheung, G. W., Cooper-Thomas, H. D., Lau, R. S., & Wang, L. C. (2023). Reporting reliability, convergent and discriminant validity with structural equation modeling: A review and best-practice recommendations. In Asia Pacific Journal of Management (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10490-023-09871-y
Dimas, V. (2024). Mengulik Kreativitas Webtoon: Mengubah Cara Kita Menikmati Komik di Era Digital! Gamelab.Id. https://www.gamelab.id/news/3310-mengulik-kreativitas-webtoon-mengubah-cara-kita-menikmati-komik-di-era-digital
Failatussyifa, I. (2023). TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP JUAL BELI COINSHOP PADA APLIKASI LINE WEBTOON (Studi Kasus Pengguna Line Webtoon di Desa Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas).
Fakhri, U. N., & Nuriyah, A. (2022). The impacts of Covid-19 on macroeconomic indicators and the performance of Islamic banks in Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 8(March 2021), 206–220. https://doi.org/10.20885/jeki.vol8.iss2.art5
Hair, F, J., Hult, G. T. M., M, C., Ringle, Sarstedt, M., P, N., Danks, & Ray, S. (2023). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202
Hidayat, Z., Saefuddin, A., & Sumartono, S. (2017). Motivasi, Kebiasaan, dan Keamanan Penggunaan Internet. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 13(2), 129–150. https://doi.org/10.24002/jik.v13i2.675
Homburg, C., Klarmann, M., & Vomberg, A. (2022). Handbook of market research. Springer.
Hsiao, C., Chang, Lillian, J. ., & Tang, K. (2015). Exploring the influential factors in continuance usage of mobile social Apps: Satisfaction, habit, and customer value perspectives. TELEMATICS AND INFORMATICS. https://doi.org/10.1016/j.tele.2015.08.014
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
Lestari, A. F. (2020). Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6, 134–148.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134
Matthews, L., Hair, J., & Matthews, R. (2018). PLS-SEM: The Holy Grail For Advanced Analysis. Marketing Management Journal, 28(1), 1–13. https://www.mmaglobal.org/_files/ugd/3968ca_15cd1cfa746e4e63b357dc0e84e8d3ee.pdf#page=9
Maulidah, F., & Russanti, I. (2021). Faktor–faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas. E-Journal, 10(3), 62–68. http://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/820
Mutia A, C. (2023). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (Januari 2013-Januari 2023). Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Nisa, K. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen dalam Mengambil Keputusan Pembelian di Matahari Departemen Store Medan.
Nurhasah, S., Munandar, J. M., & Syamsun, M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 8(3), 250–260. https://doi.org/10.29244/jmo.v8i3.22473
Oh, Y., Jung, H., & Boo, J. (2019). * 한양대학교 대학원 경영학과 ** 건양대학교 글로벌경영학과 *** 한양대학교 경영학과. 42(3), 217–231.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Runiasari, M. (2021). Analisis Kualitas Konten dan Interaktivitas Merek dalam Meningkatkan Niat Beli Konsumen pada Merek Fesyen Melalui Instagram Menggunakan Paradigma SOR. 4–5.
Setiobudi, A., Sudyasjayanti, C., & Danarkusuma, A. A. (2021). Pengaruh pengalaman pelanggan, kualitas layanan dan kepercayaan pelanggan terhadap kesediaan untuk membayar. 238–252.
Similiarweb. (2024). webtoons.com. Similiarweb.Com. https://www.similarweb.com/website/webtoons.com/#overview
Sivo, S. A., Xitao, F. A. N., Witta, E. L., & Willse, J. T. (2006). The search for “optimal” cutoff properties: Fit index criteria in structural equation modeling. Journal of Experimental Education, 74(3), 267–288. https://doi.org/10.3200/JEXE.74.3.267-288
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Tysara, L. (2023). Apa Itu Hipotesis Menurut Para Ahli? Ketahui Karakteristik dan Jenisnya. Liputan 6. https://www.liputan6.com/hot/read/5300198/apa-itu-hipotesis-menurut-para-ahli-ketahui-karakteristik-dan-jenisnya?page=2
Vanya Karunia Mulia Putri, S. G. (2021). Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli, Fungsi, Ciri, dan Manfaatnya. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/10/140000969/pengertian-hipotesis-menurut-para-ahli-fungsi-ciri-dan-manfaatnya
Veterinawati, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Negeri, U., Kampus, S., & Surabaya, K. (2013). Desy veterinawati; Pengaruh Faktor Sosial … 746. Jurnal Ilmu Manajemen |, 1. http://insideit.wordpress.com/2011/07
Webtoon, L. (2024). Pusat Bantuan Line. Line. https://help2.line.me/LINE_WEBTOON/android/categoryId/50003948/pc?lang=id
Wold, S., Eriksson, L., & Kettaneh, N. (2010). PLS in Data Mining and Data Integration. In Handbook of Partial Least Squares. https://doi.org/10.1007/978-3-540-32827-8_16
Published
2024-08-13
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times