Peran Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada PT. Boss Trans Tour and Travel

  • Dwi Rahma Fitria Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Satrio Sudarso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Price, Promotion, Service Quality, Purchasing Decisions

Abstract

Dunia bisnis semakin kompetitif setiap tahunnya, khususnya di industri perjalanan, yang pada tahun ini menawarkan jasa dan barang terkait perjalanan. Namun, pelanggan modern juga cukup pilih- pilih mengenai layanan yang mereka terima dan sadar akan biayanya. Elemen penting lainnya yang mungkin berdampak pada cara bisnis bersaing adalah peran yang dimainkan oleh klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana PT. Boss Trans Tour & Travel. Sejumlah kriteria, antara lain biaya, ketersediaan promosi, dan tingkat layanan, mempengaruhi keputusan memilih layanan Boss Trans Tour & Travel.[1] Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif berdasarkan rumus Slovin dan metodologi Simple Random Sampling untuk mengumpulkan data primer melalui distribusi survei. Dalam penelitian ini, sampelnya berjumlah seratus responden. Untuk pengolahan data dalam penelitian ini digunakan SPSS versi 29 (2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian pelanggan Boss Trans Tour & Travel dipengaruhi secara positif dan kuat oleh berbagai elemen termasuk biaya, penawaran khusus, dan kualitas layanan.

References

M. Nur Saman and C. Wiradendi Wolor, “The Influence Of Product Quality, Promotion, Price, Trust And Purchase Decisions On Consumer Loyalty At Pt. X,” Syntax Transform., vol. 4, no. 9,
2023.
J. W. Ekonomi, I. Rosmayati, ; Hani, S. Hanifah, ; Adil, and F. Budiman, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota

Java Coffee Garut,” [Online]. Available: www.jurnal.uniga.ac.id.
H. Zhao, X. Yao, Z. Liu, and Q. Yang, “Impact of Pricing and Product Information on Consumer Buying Behavior With Customer Satisfaction in a Mediating Role,” Front. Psychol., vol. 12, no. December, pp. 1–11, 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.720151.
S. R. Wibowo, Hafidh Okta, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo,” J. Manajemen, Bisnis dan Pendidik., vol. 8, No 1, pp. 70–78, 2021,
[Online]. Available: https://e- journal.stie- aub.ac.id/index.php/excellent/artic le/view/888/703.
V. M. Ponto, B. Organisasi, D. Sumber,
D. Manusia, and K. Perdagangan, “Cendekia Niaga Journal of Trade Development and Studies Peningkatan Produktivitas Dalam Rangka Mewujudkan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Tujuan ke-8 Sustainable Development Goals),” 2023.
M. Br Marbun, H. Ali, and F. Dwikoco, “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran),” vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.
S. Y. Wicaksono, “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiki Di Surabaya,” 2020. [Online]. Available: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.i d/index.php/jirm/article/view/310 0.
M. Ustman and A. Wahyuati, “Pengaruh




harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 9, no. 6, p. 15,
2020.
I. M. W. Bimantara, “Pengaruh Media Sosial, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rekaman Di Demores Rumah Musik.”
P. Yoga Religia and Y. S. Agus Sriyanto, “Peran Promosi, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Toko Buku Gunung Agung, Jakarta).”
I. Fransiska and N. Madiawati, “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung Analysis Of The Effect Of Price, Promotion, Service Quality, And Brand Image On Purchasing Decisions On Shopee Users In Band.”
A. Budiono, “Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN,” vol. 17, p. 2,
2020, doi: 10.25134/equi.v17i02.
J. Kandoli, “Analisa Pengaruh Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Penggunaan Taxi Online Go-Car Oleh Mahasiswa FEB Unsrat,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 3458–
3467, 2019.
A. A. F. Kurniawan, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Loyalitas Konsumen di Mediasi dengan Kepuasan

Pelanggan pada Jasa Transportasi Gorental Malang,” pp. 1–142, 2023.
F. Erinawati and A. Syafarudin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan 1*,” vol. 1, 2021, doi: 10.46306/vls.v1i1.
F. Chairunnisa and D. Salsabila, “Efektifitas Marketing Mix 7p Dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Brand Image Pada Sevenspeed Screen Printing Studio Kudus Skripsi Untuk memenuhi sebagian persyaratan Mencapai derajat Sarjana S1 Manajemen Program Studi Manajemen Disusun oleh.”
Arif Fakhrudin and Habib Darul Aminuddin, “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Tiket Pesawat Berbasis Teknologi (Studi Kasus Pengguna Travel Agent Pegipegi.Com di Yogyakarta),” J. Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 6,
pp. 2659–2674, Jun. 2022, doi:
10.55927/mudima.v2i6.475.
M. A. Putra, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Paket Tour Pada Travel Mahatalla Graha Tour Samarinda,” vol. 8, no. 4, pp. 300–
308, 2020.
B. Nurfadila, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kuputusan Pembelian Pada Pt Trans Retail Indonesia,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 3. No 5, pp. 1–17, 2020.
Setyahati A, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Konsumen Pada Bengkel Perawatan Mobil Global Protection Bekasi,” Univ. Satya Negara Indones., pp. 10–153,



2020.
R. H. Damayanti, Dalam Hubungan antara Kualitas (Studi Kasus Pada PT. Indosat Tbk. 2021.
D. A. N. Kemudahan and S. S. M. D. H. Husna, “KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA BANJARMASIN : PERAN HARGA , KUALITAS PELAYANAN ,” vol. 5, no. 1, pp. 106–120, 2024.
A. Octasylva, N. Nurida, and T. Mustika, “Analisis Pengaruh Kesesuaian Harga, Promosi, dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian PT XYZ,” J. IPTEK, vol. 5, no. 2,
pp. 41–48, 2021, doi: 10.31543/jii.v5i2.189.
M. Riadi, J. Kamase, and M. Mapparenta, “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota (Studi Kasus Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin),” J. Manag. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 41–60, 2021, doi: 10.52103/jms.v2i1.320.
A. Azis and F. Arif, “Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen),” Ilm. Swara Manaj. (Swara Mhs. Manajemen), vol. 3, no. 3, pp.
285–292, 2023, doi:
10.32493/jism.v4i1.
J. Budiman Bancin, N. Eka Damayanti,
A. Aprilita, and J. Josefina Novalina Banurea, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Peran Mediasi Citra Merk di McDonald’s Palangka Raya,” J. Manaj. dan Organ., vol. 14, no. 4,
pp. 392–413, 2024, doi: 10.29244/jmo.v14i4.51251.
Published
2024-07-17
Abstract viewed = 14 times
pdf downloaded = 1 times