Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Shopee Di Kota Batam

  • Greis Putri Lase Universitas Putera Batam
  • Hikmah Hikmah Universitas Putera Batam
Keywords: Viral Marketing; Online Customer Review; Kepercayaan; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, online customer review, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk fashion pada shopee di Kota Batam. Populasi yang digunakan yaitu para pelanggan produk fashion pada shopee, namun tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Jacob Cohen dengan jumlah perhitungan sebesar 204 responden dengan teknik pengambilan secara non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 26, yang meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing, online customer review, dan kepercayaan masing- masing dan secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi R2) menunjukan bahwah viral marketing, online customer review dan kepercayaan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Selain itu, uji t dan uji F menunjukan bahwa viral marketing, online customer review dan kepercayaan baik secara individu maupun secara keseluruhan, saling berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di Shopee di Kota Batam. Penemuan ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi dan pengembangan produk fashion di Shopee di masa depan.

References

Aisah, N., & Permana, B. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Camille Beauty. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(3), 594–605. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i2.2589
Apristiani, A., & Rosyadi, I. (2024). Manajemen dan Bisnis Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada E-Commerce Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 85–94. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/MdB
Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 560. https://doi.org/10.29210/020211245
Harun, A., & Ayu Salmah, N. N. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2), 114. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i2.4318
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Innukertarajasa, I. M., & Hayuningtias, K. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Sikap Konsumen Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7881–7889. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Luh Kadek Budi Martini, Ejasa Sembiring, & Frandy Paulus. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67
Murni, D., & Salim, M. (2024). The The Mediating Role Of Trust In The Influence Of Viral Marketing And Online Consumer Reviews On Purchasing Decisions Skintific Product In TikTok. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 487–498. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4971
Nofrizal, N., Sucherly, S., Juju, U., Khairani, Z., Soviyanti, E., Hadiyati, H., & N, A. (2023). Can Product Quality Improve Purchase Decisions in E-Commerce and Social Media through Customer Loyalty and Trust? Binus Business Review, 14(2), 147–161. https://doi.org/10.21512/bbr.v14i2.8800
Pratama, C. A. Z., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33406
Rahmadhana, R., & Ekowati, S. (2022). Resiko 3. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 10 No(2), 629–636.
Saputra, Y. A., & Hendratmoko, C. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, CUSTOMER REVIEW, CUSTOMER RATING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Survei pada pengguna shopee di Solo Raya). 3, 2021.
Sihotang, C. S., & Supriyono, S. (2024). The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions. Indonesian Journal of Business Analytics, 4(2), 166–172. https://doi.org/10.55927/ijba.v4i2.8760
Soekotjo, E. (2022). Pengaruh Online customer Review terhadap Kepercayaan Pelanggan yang mempengaruhi Minat Beli Konsumen DND Pet di Marketplace Shopee. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(2021), 585–594.
Umma, N., & Nabila, R. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Citra Merek dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Generasi Z). IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 10(1), 30–47. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v10i1.8407
Wachid, A. I., & Sukaris, S. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Kepercayaan dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Electronic Commerce yang Terdaftar Pada Indonesian E-Commerce Association di Gresik. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(02), 167. https://doi.org/10.30587/mahasiswamanajemen.v2i02.2979
Yunitarini, S., & Sunarjo, W. A. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett di Shopee. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (Senesis) 2023, 5(2016), 433–441.
Published
2024-07-16
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 2 times