Analisis Online Customer Rewiew Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Dengan E-Trust Sebagai Variabel Mediasi (Pada Pengguna E-Commerce)

  • Lienry Salsia Putri Suryadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Muhamad Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dicky Jhoansyah Jhoansyah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Trust, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui e-trust sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini yaitu pengguna Tokopedia yang ada di kota sukabumi. Sampel penelitian ini sebanyak 180 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan melalui probability sampling. Selanjutnya pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat analisis SEM dibantu software Smart PLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust, online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-trust, e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, e-trust mampu memediasi pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, dan e-trust mampu memediasi pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian.

 

References

Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Perjuangan, U. B. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Platform Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang ). 4(6), 9373–9392.
Aliakbari, F., Parvin, N., Heidari, M., & Haghani, F. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24–29.
Fathin, R. F., & Millanyani, H. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Minat Beli pada Aplikasi Pemesanan Hotel Traveloka. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 709–722. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.3045
Febri, I., Lukitaningsih, A., & Maharani, B. D. (2021). Respon Konsumen Pada E-service Quality Online Customer Review, Dan E-trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee. Managemen Development and Applied Researc Jurnal, 1.
Fitria, N. T., & Pratiwi, N. D. (2020). Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Situs Jual Beli Shopee Ditinjau Dari Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Pada Mahasiswa UNIBA Surakarta. Edunomika, 04(01), 227–235. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/download/857/pdf
Hair, J., Hult, T., Ringle, C., Sarstedt, M., Danks, N., & Ray, S. (2021). Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Indra, D., Zahra, H. M., Setiono, S., & Pratama, D. R. P. (2022). Pengaruh E-Rating dan E-Review dengan E-Trust Sebagai Mediasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Lazada di Dago, Bandung). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 452. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.568
Kamisa, N., Putri, A. D., & Novita, D. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Journals of Economics and Business, 2(1), 21–29. https://doi.org/10.33365/jeb.v2i1.83
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kurnia, I., & Martinelli, I. (2021). Permasalahan Dalam Transaksi E-Commerce. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 343–350. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.11457
Lisnawati, L. L., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. J. (2021). Analysis of Brand Image and Online Consumer Reviews on Consumer Loyalty. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 9–15. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v22i1.644
Lutfianisa, F., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Antara Cash On Delivery Dengan Keputusan Pembelian Di Sosial Media Facebook. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 517–522. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2446
Nurul Ulfaida, I., Savitri, C., Pramudita Faddila, S., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Toko Terhadap Minat Pembelian Produk Whitelab Di Marketplace Tokopedia Pada Generasi Y. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5743–5755. https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/3017
Prayunda, R. N. D., & Wardani, N. I. K. (2023). Analisis E-Trust Dan E-Wom Terhadap E-Loyalty Pada Pengguna Tokopedia Di Surabaya. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 5496–5507. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
Ristanto, H., Aditya, G., & Catur. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). Bingkai Ekonomi, 6(1), 58–71.
Sonie Mahendra, & Primasatria Edastama. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317
Tataningtyas, L., & Tjahjaningsih, E. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi E-Trust Serta Dampaknya Pada Repurchase Intention. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 55–67. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i1.616
Tsani, A. A., Susyanti, J., & Bastomi, M. (2023). Pengaruh E-trust, Online customer review dan Online customer rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Riset Manajemen, 12(02), 221–232.
Tsaqila, U. Q., Ramdan, A. M., & Nurmala, R. (2023). Analysis of the role online customer review in mediating online customer experience relationships to increase marketplace rating. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1).
Published
2024-07-17
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 2 times