Analisis Pengaruh Brand Image, Emotional Value, Dan Price Perception Terhadap Keputusan Pembelian Wedding Offerings

  • Sakianata Maulidina Minarta Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyo Iriani Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Brand Image, Emotional Value, Price Perception, dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh brand image, emotional value, price perception terhadap keputusan pembelian produk wedding offerings (mahar dan seserahan). Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner online yang disebarkan kepada responden yang berencana membeli produk wedding offerings. Variabel independen yang diteliti meliputi brand image, emotional value, dan price perception, sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Analisis data dilakukan menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image (X1), emotional value (X2), dan price perception (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). 

References

Adi, H. W. P., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Mebel di Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1) : 157–168.
Albar, D. N., & Iriani, S. S., (2022). Pengaruh Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Domino’s Pizza Deltasari Sidoarjo), Sibatik Jurnal E., 2809-8544. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.86.
Aprillia, D., & Yanthy, Y. S. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Surabaya, 1(1), 15–30.
Bawono, A., Isanawikrama, Arif, K., & Kurniawan, Y. J. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image, dan Situs Belanja Online (Studi Kasus Pada Situs Belanja Online Xyz ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 131–144.
Cahyani, K. I., & Sustrasmawati, R. E. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian ProdukSealantwax Di Surabaya. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.
Firmanza, H. D., & Artanti, Y. (2022). Online Buying Intentions of Shopee Consumers: The Influence Of Celebrity Endorsement, Social Media Marketing, and Brand Image. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 87─95. doi: 10.9744/pemasaran.16.2.87─95
Dzulkharnain, E. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2).
Hafizh, N., & Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME Products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621–632. https://doi.org/10.21276/sjhss
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
Hidayaturohmah, S. N., Maskur, A., & Semarang, U. S. (2023). Decision (Studies On Prima Komputer’ s Consumers At Demak) Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Prima Komputer Demak ). 4(4), 3633–3643.
Immanuel, D. M., & Mustikarini, C. N. (2018). Price Perception : Effect of Coupon Proneness and Sale Proneness on Consumer Impulse Buying Price Perception : Effect Of Coupon Proneness And Sale Proneness On Consumer Impulse Buying. 36, 51–60.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management Building, Measurin, and Managing Brand Equity (Fifth Edition). Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles Of Marketing (17th Ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Amstrong, G. Prinsip-Prinsip Pemasaran. (Jakarta: Erlangga, 2009), 200.
Kusuma, R. W., & Suwitho. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas, dan Emosional terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(1).
Marbun, M. B., Ali, H., & Fransiskus, D. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Sosial, 3(2). doi: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Melany, Aditya, N., W, E. T. D. W., & Handayati, P. (2022). The Influence of Product Quality and Emotional Value on Souvenir Purchase Decisions by Domestic Tourists During The Covid-19 Pandemic : The Case of SME Products in Malang, Indonesia. International Journal of Scientific Research and Management,10(11), 4139–4150. https://Doi.Org/10.18535/Ijsrm/V10i11.Em03
Mujiyana, & Elissa, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Jurnal Teknik Industri, VIII(3), 143–152.
Nugraha, R., Komalasari, F., & Dethionia, S. (2018). Customer Perception on Prulink Product Purchase Decision : A Case of Greater Jakarta Area. Jurnal Manajemen Indonesia 18(2), 126-143
Pramudita, Y. A. (2013). Analisa Pengaruh Customer Value dan Customer Experience terhadap Customer Satisfaction di De Kasteel Resto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1 (1).
Purwaningsih, N. & Susanto, F. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dirga Mahar. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 1 (1), 2776-1177.
Putro, R. Abdullah Berlinno Suryo (2017) Pengaruh Service Quality dan Perceived Value terhadap Customer Satisfaction pada Pengguna Kartu Seluler Simpati (Studi Pada Mahasiswa S-1 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Ridwan, M. (2020). Kedudukan Mahar Dalam Perkawinan. Jurnal Perspektif, 13(1), 43–51.
Saktiawan, P. D., & Harsono, S. (2021). The Effect of Performance, Price Perception, Brand Image, and Brand Association on Purchase Decision of Honda CBR150R in Surabaya. Philippine Social Science Journal, 4(1), 97–107. https://doi.org/10.52006/main.v4i1.288
Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). Analisis Brand Awareness dan Pengaruhnya terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37–48.
Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal Emba, 3(3). 300-311
Sudarso, E. (2016). Kualitas Layanan, Nilai Fungsional, Nilai Emosional, dan Kepuasan Konsumen : Sebuah Studi Kasus. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 165–178.
Suryana, P. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Minat Beli Ulang. Trikonoimka, 12(2), 190–200.
Sutanto, I. S., & Wulandari, R. (2023). The Effect of Price Perception and Product Quality on Consumer Purchase Interest with Attitude and Perceived Behavior Control as an Intervention Study on Environmentally Friendly Food Packaging ( Foopak ). 85–99. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v6i1p106
Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.
Wardana, W. (2018). Strategi Pemasaran (1 Cetakan). Deepublish.
Weisstein, FL, Asgari, M., & Siew, SW (2014). Pengaruh Presentasi Harga terhadap Niat Pembelian Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Produk & Merek, 23(3), 230-239
Widyasari, S., Maskur, A., Seiawan, B., & Sugiarto, T. (2019). The Effect of Motive, Product Quality, Price Perception and Brand Image toward Buying Decision Process. International Conference on Banking, Accounting, Management and Economics, 91-95.
Woodruff, R. B. (1997) The Next Source For Competitive Advantage. Journal Of The Academy of Marketing Science, 25, (2) pp. 135-158.
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22. https://doi.org/10.2307/1251446
Published
2024-07-17
Abstract viewed = 14 times
pdf downloaded = 0 times