Strategi Reformasi Birokrasi Dalam Pengembangan Talenta Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Pegawai Bkd Provinsi Jawa Timur)

  • Pradika Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Andre Dwijanto Witjaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Anang Kistyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi reformasi birokrasi dalam pengembangan talenta sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja pegawai, dengan menggunakan penelitian kualitatif engan metode studi kasus berdasarkan rumusan dari Robert K. Yin. Menurut Yin (2014, p. 18). Hasil penelitian menunjukkan bahwa BKD Provinsi Jawa Timur menerapkan kriteria ketat untuk seleksi pegawai yang memenuhi syarat, Kualifikasi pendidikan juga diperhatikan secara ketat, memastikan bahwa setiap pegawai sesuai dengan jabatan yang mereka lamar. Assessment dilakukan secara sistematis dan rutin untuk memetakan pegawai dalam box manajemen talenta, memastikan bahwa setiap penempatan jabatan didasarkan pada data yang objektif

References

Jackson, Robert D. (2010). Perceptions of Strategic Planning, Organizational Alignment, and talent: A Multiple Site Case Study of Selected Small Business in Pennsylvania. Pennsylvania.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-07-23
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times