Pengembangan Metode Dokumentasi Development Product Dan Facility Berbasis Internet

  • Joan Cristopall Chandra Universitas Kristen Petra
  • I Nyoman Sutapa Universitas Kristen Petra
  • Togar Panjaitan Universitas Kristen Petra
  • Jani Rahardjo Universitas Kristen Petra
Keywords: Manufacturer, DMAIC, TQM, Website, TPM

Abstract

Sebagai salah satu produsen komponen alat berat terbesar, PT X memiliki berbagai macam produk dan fasilitas yang harus dikontrol. Sayangnya, karena banyaknya variasi proyek, fasilitas, dan produk, maka pemantauan terhadap progres dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan menjadi sulit. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan merancang sistem informasi digital pada bagian Manufacturing Engineering Section Engineering Development dan Production Engineering Department. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) sebagai basis kerja dalam proses penelitian dan total quality management (TQM) sebagai kontrol untuk perbaikan berkelanjutan. Beberapa akar penyebab ditemukan melalui analisis diagram tulang ikan. Dari semua faktor tersebut, faktor metode menjadi fokus permasalahan utama yaitu, “belum adanya standar dalam penyimpanan dokumen dan penyampaian informasi”. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diajukan usulan penerapan perbaikan berupa sistem kerja baru yang didukung dengan pengembangan website internal perusahaan. Usulan tersebut, setelah diuji pada kondisi lapangan secara langsung didapatkan capaian dokumentasi 100% dan penyebaran informasi terstandarisasi dan terdigitalisasi.

References

Ahmed, A., Bhatti, S. H., Gölgeci, I., & Arslan, A. (2022). Digital platform capability and organizational agility of emerging market manufacturing SMEs: The mediating role of intellectual capital and the moderating role of environmental dynamism. Technological Forecasting and Social Change, 177, 121513.
Boca, G. D., & Genovese, F. (2021). Tools Used to Improve Quality Management. Review of Management & Economic Engineering, 20(4).
Craven, David W. and Nigel F. Piecry. 2013. Strategic Marketing. 10th ed. New York: McGraw-Hill International Edition.
Eckes, G. (2001). Making Six Sigma Last: Managing the Balance between Cultural and Technical Change. New York: John Wiley & Sons
Gangidi, P. (2019). A systematic approach to root cause analysis using 3× 5 why’s technique. International Journal of Lean Six Sigma, 10(1), 295-310.
Hendrawan, D. (2022). Analisis Strategi Market Driven Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Seni, 1(2).
Kadir, A. (2002). Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Kamaluddin, L. A., Agunawan, A., & Razak, M. (2020). Pengembangan Platform Bisnis Digital Terintegrasi Berbasis Komunitas Sebagai Perwujudan Costumer Relationship Management. YUME: Journal of Management, 3(3), 128-138.
Sivakumar, S.M., Shahabudeen, P., & Krishnamoorthy, V. (2020). Total Productive Maintenance. Boca Raton, FL: CRC Press.
Setiawan. (2021). Flowchart Adalah: Fungsi, Jenis, Simbol, dan Contohnya - Dicoding Blog. https://www.dicoding.com/blog/flowchart-adalah/
Widodo, A., & Soediantono, D. (2022). Benefits of the six sigma method (dmaic) and implementation suggestion in the defense industry: A literature review. International Journal of Social and Management Studies, 3(3), 1-12.
Published
2024-07-27
Abstract viewed = 7 times
pdf downloaded = 4 times