PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA BANDUNG

  • Abdulrahman Wahid Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Elis Dwiana Ratnamurni Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Peningkatan pengguna smartphone Xiaomi tidak selalu menunjukan peningkatan Index Top Brand Award untuk beberapa merek smartphone. Xiaomi merupakan salah satunya yang mengalami penurunan index sebesar 0,6% pada tahun 2023 di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepuasan pengguna smartphone merek Xiaomi dipengaruhi oleh kualitas produk yang dimediasi loyalitas pelanggan. Penelitian ini melibatkan 90 responden, yang terdiri dari pria dan wanita yang merupakan mahasiswa/i di Kota Bandung yang pernah menggunakan smartphone merek Xiaomi. Pengumpulan data primer dengan one-shot study untuk mendapatkan data empiris yang mendukung empat hipotesis yang diusulkan. Pengujian instrument penelitian menggunakan Uji validitas, reliabilitas, dan analisis data diuji menggunakan asumsi klasik dan regresi berganda, serta uji sobel dengan menggunakan software SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Namun, peneliti selanjutnya dapat menggunakan ide lain untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan secara langsung. Hasil penelitian ini juga dapat membantu para pengambil keputusan di perusahaan sejenis saat mereka membuat strategi atau program yang sesuai.                                                                                                         

References

Akhyar, M. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web dan Aplikasi Mobile serta Penerapan Teknologi Terbaru (Emerging Technology) untuk Desa Kebontunggul. Conference Untag Surabaya.
Panigrahi, S. K., Azizan, N. A. B., & Al Shamsi, I. R. (2021). Product Innovation, Customer Satisfaction, and Brand Loyalty of Using Smartphones Among University
Students: PLS – SEM Approach. Indian Journal of Marketing,

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6. Salemba Empat.
Sugiyono. (2020). Buku Metode Riset Penelitian Kuantitaif.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Deepublish.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Gultom, M., & Ngatno. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan
Konsumen Smartphone Samsung Di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 169–178.
Gultom, M., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Smartphone Samsung Di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 169–178. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26235
Ibrahim, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb), 4(1), 175–182.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Yosephine, D., & Purnama, Y. (2020). Peran Mediasi Customer Satisfaction Dalam Customer Experience Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 171–184. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm%0A
Published
2024-10-26
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 0 times