Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Property And Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

  • Mutiara Oktaviani Syahputri Universitas Prof.DR. Hazairin SH
  • Idham Lakoni Universitas Prof.DR. Hazairin SH
  • Sintia Safrianti Universitas Prof.DR. Hazairin SH
Keywords: Likuiditas, Profitabilitas, Agresivitas Pajak, CSR.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas  apakah memiliki pengaruh secara langsung terhadap agresivitas pajak  dan untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak melalui mediasi CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR).  Sampel penelitian ini adalah pengungkapan pertanggung jawaban social pada sektor property and real estate tahun 2020 sampai 2022 dengan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 10 perusahaan pada tahun 2020 sampai 2022 yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bersumber  pada data skunder yang didapatkan dari situs bursa efek Indonesia. Teknik Data penelitian ini diolah menggunakan alat analisis smartPLS versi 4.0. Hasil penelitian Dirrect Effect menunjukan  bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, likuiditas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, likuiditas tidak berpengaruh terhadap CSR, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap CRS, CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian Indirect Effect menunjukan bahwa likuiditas secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap CSR dengan agresivitas pajak sebagai variabel mediasi, likuiditas secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap CSR dengan agresivitas pajak sebagai variabel mediasi.

 

References

Chandra, Alexander Dan M. Imam Sundarta. (2016). Fenomena Pengambpunan Pajak (Tax Annesty), Penghindran Pajak (Tax Avoidance) Dan Perencanan Pajak (Tax Planning). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan 3,103-111,2016.
Dewi, R. P., & Priyadi, M. P. (2013). Pengaruh Free Cash Flow, Kinerja Keuangan Terhadap Earnings Management Dimoderasi Corporate Governance. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).
Fadli, I., Ratnawati, V., & Kurnia, P. (2016). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen, Manajemen Laba, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013) (Doctoral Dissertation, Riau University).
Maharani Dan Suardana (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak. Jurnal Ekonomi, 23(1), 10-19.
Napitu, Army Thesa Dan Christophourd, Heni, Kurniawan. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014. Simposium Nasional Akuntansi 19 (2), 1-24, 2016.
Rini, D. M., Handajani, L., & Sasanti, E. E. (2015). Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Publik Indonesia Yang Melakukan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Paper Dipresentasikan Pada Acara Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.
Sekarwigianti, Mega dan Bahtiar Effendi. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Corporate Social Responbility Disclosure. STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 1(1),16-33,2019.
Pratiwi, F. (2019). Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Pinareswati, S. D., & Mildawati, T. (2020). Pengaruh Pengungkapan CSR, Capital Intensity, Leverage, Profitabilitas, Dan Inventory Intensity Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(9).
Rini, D. M., Handajani, L., & Sasanti, E. E. (2015). Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Publik Indonesia Yang Melakukan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Paper Dipresentasikan Pada Acara Simposium Nasional Akuntansi XVIII, Medan.
Safrianti, S. (2020). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013-2019. Creative Research Management Journal, 3(1), 51. Https://Doi.Org/10.32663/Crmj.V3i1.1265
Published
2024-07-20
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times