Determinan Return Saham Pada Perusahaan Food And Beverage

  • Febri Yanti Nur Hayati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Erry Andhaniwati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Harga Saham, Trading Frequency, Nilai Kapitalisasi Pasar, Return Saham

Abstract

Riset ini memiliki tujuan mempelajari guna menguji berdasarkan pengamatan dampak Harga Saham, Trading Frequency, serta Nilai Kapitalisasi Pasar mengenai level pengembalian ekuitas perusahaan makanan serta minuman yang tercatat pada Pasar Modal Indonesia dari mulai 2017 sampai 2021. Informasi diambil dari Bursa Efek Indonesia, melibatkan 72 emiten yang sesuai kriteria sampling purposif, yang akhirnya terpilih 34 perusahaan dengan total 170 sampel. Metode yang diterapkan yakni pendekatan kuantitatif dengan memakai data sekunder dari subsektor manufaktur food and beverage periode tersebut, dan dianalisis menerapkan metode regresi berganda menggunakan sistem SPSS versi 24. Hasil analisis menggambarkan bahwa tidak ada dampak penting dari harga saham dengan return saham, namun trading frequency serta nilai kapitalisasi pasar mempunyai dampak yang penting mengenai return saham. Uji F juga mengonfirmasi bahwa secara menyeluruh, variabel independen seperti harga saham, trading frequency, dan nilai kapitalisasi pasar secara signifikan mempengaruhi variabel dependen return saham dalam entitas makanan serta minuman yang sudah didaftarkan pada Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2017 hingga 2021.

References

A’iniyah, R. Q., & Taufiqurahman, E. (2021). Pengaruh Indikator Makroekonomi, Kinerja Keuangan Dan Harga Saham Terhadap Return Saham: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Idx30 Di Bei 2015-2019. Jurnal Manajemen, 15(2), 192–202.
Alkusani, A., Handayani, A., & Rahmadani, Y. F. (2020). Linkage Stock Price, Trading Volume Activity, Stock Returns and Trading Frequency on Bid Ask Spread. Innovation Research Journal, 1(1), 28. https://doi.org/10.30587/innovation.v1i1.1189
Arnani, M. (2023). Apa yang Menyebabkan Harga Saham Naik dan Turun. Kompas. https://money.kompas.com/read/2023/02/25/170039626/apa-yang-menyebabkan-harga-saham-naik-dan-turun?page=all
Astutik, W. S. (2020). Manajemen Investasi (Cetakan I). Media Nusa Creative.
Chornelia, M. R. A., & Suhartini, D. (2020). Analisis Trading Day, Trading Volume, Dan Trading Frequency Terhadap Return Saham Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2018. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.
Darwin, J. F., Tantra, J., Royce, V., Rahmi, N. U., & Dewi, P. K. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Harga Saham Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2018-2021. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(3), 535–545. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i3.694
Gery, M. H. (2023). Pengaruh Trading Volume Dan Harga Saham Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi Di BEI. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 01(02), 87–96.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, R., Suhendro, S., & Masitoh W, E. (2022). Pengaruh profitabilitas, debt to equity ratio, price to eraning ratio dan kapitalisasi pasar terhadap return saham. Inovasi, 18(1), 127–138. https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10397
Hartarto, A. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan
Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Kedelapan). BPFE Yogyakarta.
Kartasasmita, A. G. (2021). Industri Makanan dan Minuman Diakselerasi Menuju Transformasi Digital. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/22485/Industri-Makanan-dan-Minuman-Diakselerasi-Menuju-Transformasi-Digital#:~:text=Kementerian Perindustrian mencatat%2C kinerja industri,nonmigas sebesar 4%2C69%25.
Kusnandar, V. B. (2022). Industri Makanan dan Minuman Nasional Mulai Bangkit dari Pandemi Covid-19. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/31/industri-makanan-dan-minuman-nasional-mulai-bangkit-dari-pandemi-covid-19
Maysie, K. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, & Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Pada Sektor Pariwisata Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Manajemen Sains Dan Organisasi, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.52300/jmso.v2i1.3055
Niawaradila, B., Wiyono, G., & Maulida, A. (2021). Pengaruh Frekuensi Perdagangan, Volume Perdagangan, Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2019. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–138. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2078
Novaliasari, E. (2018). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham Dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham LQ45. STIE PERBANAS Surabaya.
Nurhayati, I. (2022). The Effect of Trading Volume, Frequency and Market Capitalization on Stock Return of Chemical Sub Sector. Jurnal Manajemen, 13(2), 283. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v13i2.7247
Putri, N. L. P. I. A., & Diantini, N. N. A. (2016). Analisis Penilaian Pasar Terhadap Return Saham Pada Industri Barang Konsumsi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi (PT Kanisius (ed.)).
Wibowo, A. R., & Hendratno. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham dan Kapitalisasi Pasar terhadap Return Saham Perusahaan yang Berada pada Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2013-2017. E-Proceeding of Management, 6(1), 336–340.
Yusra, M. (2019). Pengaruh Frekuensi Perdagangan , Trading Volume, Nilai Kapitalisasi Pasar, Harga Saham, Dan Trading Day Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 65. https://doi.org/10.29103/jak.v7i1.1841
Zachary, R. F., & Yuyetta, E. N. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Aktivitas Perdagangan Saham. Diponegoro Journal of Accounting, 10(2), 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Published
2024-07-20
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times