MODEL STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DI JAIL COFFEE KEMAYORAN

Authors

  • Muhammad Fazry Harris Universitas Bunda Mulia
  • Hari Iskandar Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11440

Keywords:

Model Strategi, Peningkatan Daya Saing, UMKM, Peningkatan Penjualan, Jail Coffee Kemayoran.

Abstract

Penelitian ini mengungkap bahwa Jail Coffee Kemayoran telah mengadopsi beragam strategi dalam bauran pemasaran 8P untuk meningkatkan daya saingnya. Strategi ini termasuk menawarkan produk kopi berkualitas tinggi, penetapan harga yang strategis, lokasi yang strategis, iklan yang efektif, manajemen proses produksi yang cermat, dan kemitraan yang kuat dengan pemasok dan mitra bisnis lainnya. Dengan mengintegrasikan semua aspek ini, Jail Coffee Kemayoran berhasil mempertahankan posisinya di pasar kopi lokal, memperkuat loyalitas pelanggan, dan meraih pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Namun, dalam menjalankan strategi tersebut, Jail Coffee Kemayoran juga menghadapi beberapa tantangan, seperti persaingan sengit, keterbatasan sumber daya, perubahan preferensi konsumen, regulasi ketat, serta keterbatasan infrastruktur dan teknologi. Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, Jail Coffee Kemayoran terus melakukan inovasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan, berkolaborasi dengan pihak lain, memberikan pelatihan kepada karyawan, melakukan riset pasar, meningkatkan efisiensi operasional, menyesuaikan strategi pemasaran, memperbarui teknologi, mematuhi regulasi, dan menjadi fleksibel serta responsif terhadap perubahan pasar. Dengan upaya-upaya ini, Jail Coffee Kemayoran dapat mengatasi hambatan yang dihadapi dan terus meningkatkan daya saingnya.

 

References

Anjayani. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Umkm Yjs Sukabumi). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3610–3617. https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/1175
Mauladin, P., & Alamsyah, M. I. (2023). Indikasi Tindakan Agresivitas Pajak Melalui Peran Inventory Intensity, Koneksi Politik Dan Kepemilikan Institusional. JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 9(1), 57–70. https://doi.org/10.34204/jiafe.v9i1.6197
Mulyana, M. (2019). Peran Pemasaran Dalam Masyarakat Dan Perusahaan. Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–6.
Pradana, N. W., & Sumiyana, S. (2023). Analisis Kebutuhan UMKM Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Penalaran Hierarki Maslow Secara Organisasional. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 11(3), 260. https://doi.org/10.22146/abis.v11i3.85988
Setiawan. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dalam Upaya Meningkatkan Laba Dan Penjualan. 2(7), 2893–2904.
Setiawati, E., Hadi, K., Sari, P. R. K., Ariffianti, I., & Narung, I. G. G. (2023). UMKM Membangun Negeri Melalui Kesadaran Membayar Pajak. Jurnal Pengabdian, 1(2), 32–40.
Siregar 1. (2020). Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Strategi Marketing Mix Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Subur Kecamatan Air Joman. 1(1), 49–58. https://doi.org/10.30596/maslahah.v
Utama. (2019a). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829
Utama, I. D. (2019b). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era Digital di Kota Bandung. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i1.3829.

Downloads

Published

2024-08-26