Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Pariwisata, Aksesbilitas, Pengalaman Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Wisatawan (Studi Pada Pengunjung Kawasan Wisata Telaga Sarangan Magetan)

  • Dwie Sulistyono Universitas Negeri Surabaya
  • Sanaji Sanaji Universitas Negeri Surabaya
  • Yessy Artanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Niat Berkunjung Ulang, Daya Tarik Wisata, Fasilitas Pariwisata, Aksesibilitas Wisata, Pengalaman Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh daya tarik wisata, fasilitas pariwisata, aksesibilitas wisata, dan pengalaman wisata terhadap niat berkunjung ulang wisatawan ke Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh 200 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata tidak berpengaruh terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Telaga Sarangan. Fasilitas pariwisata tidak berpengaruh terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Telaga Sarangan. Aksesibilitas tidak berpengaruh terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Telaga Sarangan. Pengalaman wisata berpengaruh positif terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Telaga Sarangan. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun daya tarik, fasilitas, dan aksesibilitas tidak menjadi faktor penentu dalam keputusan wisatawan untuk kembali berkunjung, pengalaman wisata yang positif memiliki peran signifikan dalam meningkatkan niat kunjungan ulang.

References

Al Gazzally, A. D. U., Arinastuti, Muntahanah, S., & Masita, T. E. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Aksesibilitas, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Camp Area Umbul Bengkok Kabupaten Banyumas. Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (MIMB), 20(1). http://mimb-unwiku.com/index.php/mimb
Alnawati, D. E., Nurhidayah, & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Daya Tarik Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus pada Pengunjung Wisata New Mitra Apel, Kota Batu).
Anggraeni, P. W. P., Antara, M., & Sari, N. P. R. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Yang Dimediasi Oleh Memorable Tourism Experience. JUMPA, 9(1).
Arwanashri, A. (2018). Implementasi Perda No. 15 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magetan tahun 2012-2032, terhadap Perkembangan Kepariwisataan di Kabupaten Magetan.
Aziz, Z. A. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Pengalaman Pengunjung terhadap Loyalitas Pengunjung yang Dimediasi oleh Kepuasan Pengunjung (Survey pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). In Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 17, Issue 2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/32470
Badan Pusat Statistiik. (2022). Frekuensi Arus Perjalanan Wisatawan .
Badan Pusat Statistik. (2023). Perkembangan Pariwisata Desember 2023.
Barus, N. S., Kencana, I. P. E. N., & Sukarsa, K. G. (2013). Pengelompokkan Kabupaten di Provinsi Bali Berdasarkan Perkembangan Fasilitas Pariwisata.
Cahyanti, M. M. (2018). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Berkunjung Ulang Melalui Kepuasan Wisatawan (Studi pada wisatawan “Kampung Warna Warni” di Kota Malang).
Chen, H., & Rahman, I. (2018). Cultural tourism: An analysis of engagement, cultural contact, memorable tourism experience and destination loyalty. Tourism Management Perspectives, 26, 153–163. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2017.10.006
Chen, N., & Funk, D. C. (2010). Exploring destination image, experience and revisit intention: A comparison of sport and non-sport tourist perceptions. Journal of Sport and Tourism, 15(3), 239–259. https://doi.org/10.1080/14775085.2010.513148
Chen, X., Cheng, Z. feng, & Kim, G. B. (2020). Make it memorable: Tourism experience, fun, recommendation and revisit intentions of Chinese outbound tourists. Sustainability (Switzerland), 12(5), 1–24. https://doi.org/10.3390/su12051904
Chien, M. C. (2017). An empirical study on the effect of attractiveness of ecotourism destination on experiential value and revisit intention. Applied Ecology and Environmental Research, 15(2), 43–53. https://doi.org/10.15666/aeer/1502_043053
Chin, C. H. (2018). The Impact of Accessibility Quality and Accommodation Quality on Tourists’ Satisfaction and Revisit Intention to Rural Tourism Destination in Sarawak: The Moderating Role of Local Communities’ Attitude. Global Business and Management Research: An International Journal. https://www.researchgate.net/publication/328899252
Choo, H., Ahn, K., & Petrick, J. F. (2016). An integrated model of festival revisit intentions: Theory of planned behavior and festival quality/satisfaction. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(4), 818–838. https://doi.org/10.1108/IJCHM-09-2014-0448
Cooper, D. R., & Schindler, P. (2014). Business research methods.
Ćulić, M., Vujičić, M. D., Kalinić, Č., Dunjić, M., Stankov, U., Kovačić, S., Vasiljević, Ð. A., & Anđelković, Ž. (2021). Rookie tourism destinations—the effects of attractiveness factors on destination image and revisit intention with the satisfaction mediation effect. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13115780
Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Magetan. (2023). Jumlah PAD dari Telaga Serangan Periode 2020-2022.
Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. . Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fetra, R., Pradiani, T., & Faturrahman. (2023). The Influence of Price, Facilities, and Service Quality on Re-Staying Interest. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), 4(2), 184–193. https://doi.org/10.34306/ajri.v4i2.867
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.).
Gujarati, D. N. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika (1st ed.). Erlangga.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), (2nd ed.). SAGE Publications, Inc.
Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123–133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228
Henry. (2022, January 7). 6 Fakta Menarik Magetan, Kabupaten Berjuluk The Nice of Java. Liputan6.
Hidayat, T. T. N., Chalil, & Sutomo, M. (2017). Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Telaga Tambing. 3(2), 201–212.
Islam, P. I., & Savitri, F. M. (2023). Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Kunjung Ulang Peziarah di Makam Syekh Abu Bakar Jepara. 3(1), 2776–7434. https://doi.org/10.21274
Jeon, H. (2013). The Effect of Experiential Marketing on Customer Satisfaction and Revisit Intention of Beauty Salon Franchise Stores. Fashion Business, 17(3), 109–121. https://doi.org/10.12940/jfb.2013.17.3.109
Junaida, E. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Word of Mouth terhadap Keputusan Wisata …. JURNAL SAMUDRA EKONOMI DAN BISNIS, 10.
Khairi, M., & Darmawan, D. (2021). The Relationship between Destination Attractiveness, Location, Tourism Facilities, and Revisit Intentions. In Journal of Marketing and Business Research (Vol. 1, Issue 1).
Kim, H.-B. (1998). Perceived Attractiveness of Korean Destinations. Annals OfTourism Research, 25(2), 340–361.
Kim, J. H., Ritchie, J. R. B., & McCormick, B. (2012). Development of a scale to measure memorable tourism experiences. Journal of Travel Research, 51(1), 12–25. https://doi.org/10.1177/0047287510385467
Lee, H., Lee, J., Chung, N., & Koo, C. (2018). Tourists’ happiness: are there smart tourism technology effects? Asia Pacific Journal of Tourism Research, 23(5), 486–501. https://doi.org/10.1080/10941665.2018.1468344
Lestyaningsih, D., & Pramudyo, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat Pada Objek Wisata Laguna Depok Bantul Yogyakarta.
Lin, C. H. (2014). Effects of Cuisine Experience, Psychological Well-Being, and Self-Health Perception on the Revisit Intention of Hot Springs Tourists. Journal of Hospitality and Tourism Research, 38(2), 243–265. https://doi.org/10.1177/1096348012451460
Liu, R. X., Kuang, J., Gong, Q., & Hou, X. L. (2003). Principal component regression analysis with SPSS. Computer Methods and Programs in Biomedicine, 71(2), 141–147. https://doi.org/10.1016/S0169-2607(02)00058-5
Magetan Regency Culture & Tourism Office. (2024). Jumlah Wisatawan yang Berkunjung di Telaga Serangan Periode 2020-2023.
Makawoka, C. D. P., Soepeno, D., & Loindong, S. S. R. (2022). Destinasi dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Pantai Kenzo Desa Kombi. 10(3), 817–829.
Martalia, D., Sudiarta, I. N., & Mananda, I. GPB. S. (2022). Pengaruh Pengalaman terhadap Kepuasan dan Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Nusantara pada Masa Pandemi Di Taman Nasional Baluran.
Mehta, C. R., & Patel, N. R. (2011). IBM SPSS Exact Tests.
Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif.
Murphy, P., Pritchard, M. P., & Smith, B. (2000). The destination product and its impact on traveller perceptions.
Mursid, A., & Anoraga, P. (2022). Halal destination attributes and revisits intention: the role of destination attractiveness and perceived value. International Journal of Tourism Cities, 8(2), 513–528. https://doi.org/10.1108/IJTC-03-2021-0040
Nabila, A. D., & Widiyastuti, D. (2018). Kajian Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas untuk Pengembangan Pariwisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten.
Nastabiq, M., & Soesanto, H. (2021). The Effect of Destination Attractiveness, Destination Service Quality and Tourist Satisfaction on the Intention of Revisit to Kota Lama Semarang. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(2). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Nguyen, T. T. D., Pham, T. M. L., Le, T. T., Truong, T. H. L., & Tran, M. D. (2020). Determinants influencing tax compliance: The case of Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(2). https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no2.65
Noerhanifati, S., Griandini, D., & Monoarfa, T. A. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Wisata dan Pengalaman Berwisat terhadap Intensi Mengunjungi Kembali pada Wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong Kabupaten Pandeglang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(1).
Noerhanifati, S., Griandini, D., Monoarfa, T. A., Mangun, J. R., Raya, M., & Timur, J. (2020). Pengaruh Citra Destinasi Wisata dan Pengalaman Berwisata terhadap Intensi Mengunjungi Kembali Pada Wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong Kabupaten Pandeglang. In Jurnal Industri Pariwisata (Vol. 3, Issue 1).
Nugraheni, V. F., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Analisis Pengaruh Pengalaman Wisata yang Berkesan (Memorable Tourism Experience) terhadap Destination Loyalty.
Nur, M., Salim, M., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. 2(4).
Nurbaeti, Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga dan Fasilitas terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456
Pantouw, P., & Pangemanan, S. S. (2014). The Effect of Destination Image and Tourist Satisfaction on Intention to Revisit In Lembeh Hill Resort. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021, Pub. L. No. 4 (2021).
Rachmasari, I. (2023, December 12). 5 Fakta Menarik Magetan, Keindahan Alam di Kaki Gunung Lawu Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 12 Desember 2023 - 11:49 WIB oleh Intan Rachmasari dengan judul “5 Fakta Menarik Magetan, Keindahan Alam di Kaki Gunung Lawu.” SINDOnews.
Rahmania, A. T., Abrian, Y., Panjang, A., Rahmania, A. T., & Abrian, Y. (2023). Pengaruh Citra Destinasi Dan Atribut Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Ke Destinasi Wisata Alahan Panjang. 2(3).
Reitsamer, B. F., Brunner-Sperdin, A., & Stokburger-Sauer, N. E. (2016). Destination attractiveness and destination attachment: The mediating role of tourists’ attitude. Tourism Management Perspectives, 19, 93–101. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2016.05.003
Riadi, D., Permadi, L. A., & Retnowati, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata Hijau Bilebante yang Dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan.
Sari, W. A., & Najmudin, M. (2021). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Layanan dan Pengalaman Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 12(1), 49–58.
Simanihuruk, M. (2019). Tourist Attraction and Tourist Facilities Intentions to Visitor Satisfaction: Case of Sindang Barang Cultural Village. E-Journal of Tourism, 210. https://doi.org/10.24922/eot.v6i2.53472
Sthapit, E., & Coudounaris, D. N. (2018). Memorable tourism experiences: antecedents and outcomes. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 18(1), 72–94. https://doi.org/10.1080/15022250.2017.1287003
Stylos, N., Vassiliadis, C. A., Bellou, V., & Andronikidis, A. (2016). Destination images, holistic images and personal normative beliefs: Predictors of intention to revisit a destination. Tourism Management, 53, 40–60. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.09.006
Suanmali, S. (2014). Factors Affecting Tourist Satisfaction: An Empirical Study in the Northern Part of Thailand. https://doi.org/10.1051/C
Suárez, E., Calvo-Mora, A., Roldán, J. L., & Periáñez-Cristóbal, R. (2017). Quantitative research on the EFQM excellence model: A systematic literature review (1991–2015). European Research on Management and Business Economics, 23(3), 147–156. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2017.05.002
Suleman, N. R., Ariesta, D., & Sukotjo, E. (2020). The Effect Of Attraction, Accessibility And Facilities On Destination Images And It’s Impact On Revisit Intention In The Marine Tourism Of The Wakatobi Regency. Article in International Journal of Scientific & Technology Research. www.ijstr.org
Suyono, B. (2020). Analisis Kepuasan Wisatawan Telaga Sarangan Magetan Berdasarkan Tourism Experience. EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks
Syahputra, S., & Anjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Experiential Marketing terhadap Niat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar).
Teguh, R., Djamhur, S., Devi, H., & Azizah, F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 25, Issue 1).
Viet, B. N., Dang, H. P., & Nguyen, H. H. (2020). Revisit intention and satisfaction: The role of destination image, perceived risk, and cultural contact. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1796249
Wei, C., Zhao, W., Zhang, C., & Huang, K. (2019). Psychological factors affecting memorable tourism experiences. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 24(7), 619–632. https://doi.org/10.1080/10941665.2019.1611611
Wibowo, S. F., Sazali, A., & P, K. R. A. (2016). The Influence of Destination Image And Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. In Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) | (Vol. 7, Issue 1). www.kemenpar.go.id/userfiles/Ranking%20pariwisata%202014%20final%281%29.pdf
Yunfin, M., Kusumah, E. P., MS, M., & Reniati, R. (2023). Revisit Intention Framework: Is It Real that Cultural Contact and Destination Attractiveness Can Have Direct Impact? Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 10(2), 205–218. https://doi.org/10.24252/minds.v10i2.36478
Yuniawati, Y., & Finardi, A. D. I. (2016). Pengaruh Customer Experience terhadap Revisit Intention di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu. THE) Journal, 1.
Zhang, H., Wu, Y., & Buhalis, D. (2018). A model of perceived image, memorable tourism experiences and revisit intention. Journal of Destination Marketing and Management, 8, 326–336. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2017.06.004
Published
2024-08-25
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 11 times