PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Ika Rahmawati Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Novi Susyani Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11500

Keywords:

Product Quality, Price, Customer Satisfaction and Repurchase Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas produk maupun harga atas minat beli ulang, berdasarkan kepuasan pelanggan selaku variabel mediasi, pada pengguna smartphone Xiaomi di Bandung. Metode yang diterapkan di penelitian ini yakni kuantitatif, bersama populasi yang terdiri dari penduduk Kota Bandung berusia minimal 17 tahun yang memakai smartphone Xiaomi. Sebanyak 120 responden dipilih melalui teknik purposive sampling, dan data dianalisis menerapkan pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi berganda bantuan perangkat lunak SPSS versi 24, dan pengujian sobel. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kualitas produk memberikan pengaruh positif atas kepuasan pelanggan. 2) Harga memberikan pengaruh positif atas kepuasan pelanggan. 3) Kualitas produk memberikan pengaruh positif atas minat beli ulang. 4) Harga memberikan pengaruh positif atas minat beli ulang. 5) Kepuasan pelanggan memberi pengaruh positif atas minat beli ulang. 6) Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang. 7) Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh harga terhadap minat beli ulang

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan maupun Minat Beli Ulang.

References

Aziz, A. N., Martini, N., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Fitur Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Komunitas Facebook Mi Fans Karawang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).
Chriswinanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 2221–2229.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBS SPSS 21. Universitas Diponegoro.
Gultom, M., & Ngatno. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Smartphone Samsung Di Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk dan Labelisasi Halal terhadap Kepuasan Konsumen untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang pada Kosmetik Wardah. In Journal of Business Administration (Vol. 3, Issue 1). www.kemenperin.go.id
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13 Jilid 1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition). Pearson Education,Inc.
Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Laptop Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi.
Lutfi, H., Gani, H. A., Abdul Basit, A., & Saepuloh, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengguna Smartphone Xiaomi Di Kota Garut).
Mareta, L. P., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Shampo Rejoice.
Pratama, A. S. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Pembelian Kembali Produk Iphone di Surakarta.
Puspitasari, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorsement, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Kembali Smartphone yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis (6th ed.). Salemba Empat.
Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 15(1).
Sutarsih, T., & Maharani, K. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction (Fourth Edition). Andi .
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik (3rd ed.). Andi.
Top Brand Award. (2023).
We Are Social . (2023).

Downloads

Published

2024-11-07