Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Brand Scarlett Whitening Pada Shopee

  • Dea Pramesty Noor Indah Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rizky Eka Febriansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Supardi Supardi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi, E-Wom, Keputusan Pembelian

Abstract

Kemajuan era digital sudah mempermudah gaya belaja dipenduduk masa kini. Ini dikarenakan kejadian yang ada di penduduk sekarang diantaranya belanja offline yang sudah berubah jadi belanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah  menumbuhkan kebudayaan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan lewat mobilisasi dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan perubahan supaya menuju pola konsumsi dan produksinya yang baik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling dengan banyak 96 responden.  Teknik analisis data menggunakan  Smart PLS atau Smart Partial Least Square ialah software statistik yang maksudnya digunakan guna menilai kaitan dengan variabel. Pendekatan  smart PLS dikatakan  baik bila sesuai dari bermacam asumsi. Kesimpulan dari penelitian ini dapat disimpulkan jika variabel Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif serta signifikan pada Keputusan Pembelian Variabel Word Of Mount secara parsial berpengaruh positif dan signigikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Promosi secara parsial berpenagruh positif dan signifikan terhadap keputusan.

References

[1] A. jN. jSayidah, jHartono, jand jM. jS. jHidayat, j“Pengaruh jBrand jImage, jProduct jVariety, jPerceived jService jQuality, jVanity jSeeking, jDan jCustomer jValue jTerhadap jKeputusan jPembelian jUlang jKonsumen jPada jProduk jSkincare j(Studi jpada jJM jBeauty jMojokerto),” jJ. jCakrawala jIlmiahT, jvol. j1, jno. jBrand jImage, jProduct jVariety, jPerceived jService jQuality, jVanity jSeeking, jCustomer jValue, jPembelian jUlang, jpp. j3094–3106, j2022.
[2] K. D. Jayanti, N. Nurlenawati, and D. Triadinda, “Whitelab Skincare Products On The Shopee Marketplace Pengaruh Harga Dan Testimoni Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Whitelab Pada Marketplace Shopee,” vol. 4, no. 6, pp. 7284–7303, 2023.
[3] A. Zulfahmi, A. Rayhan, and A. Ramanda Saputra, “Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention,” J. Kewirausahaan, Akunt. Dan Manaj. Tri Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 124–138, 2023, doi: 10.59806/tribisnis.v5i2.284.
[4] N. N. Sadevia, I. B. E. Artika, and Satriawan, “Pengaruh Digital Marketing, Brand Image Dan Influencer Marketing Pada Keputusan Pembelian Scarlett Whitening Di Shopee,” KredibeL J. Ilm. Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 51–59, 2023.
[5] Y. Dwi Utari, “Analisis Kualitas Produk, Promosi Online Dan Testimonial TerhadapKeputusan Pembelian Produk Scarlett Di Shopee,” pp. 169–177, 2022.
S[6] Mayroza jWiska, jFenisi jResty, jand jH. jF. jHidayatul jFitriani, j“Analisis jContent jMarketing jDan jElectronic jWord jof jMouth j(E-Wom j) jTerhadap jKeputusan jPembelian jGenerasi jZ jPada jMedia jSosial jTik-Tok j(Studi jKasus jGenerasi jZ jKabupaten jDharmasraya),” jManaj. jDewantara, jvol. j6, jno. j2, jpp. j153–162, j2022, jdoi: j10.26460/md.v6i2.12524.
[7] F. jI. jSuriyadi, j“Pengaruh jPerceived jInformation jQuality, jDan jEndoser jCredibility jTerhadap jPurchase jIntention jDengan jBrand jTrust jSebagai jVariabel jIntervening; jProduk jScarlett jWhitening,” jJ. jStrateg. jPemasar., jvol. j8, jno. j2, jpp. j1–15, j2021.
[8] J. Bisnis and M. Dan, “ENTREPRENEUR,” vol. 4, no. 2018, pp. 79–88, 2023.
[9] M. Sofyan, R. Ayu, I. Ilmu, S. Dan, and M. Stiami, “JURNAL EKONOMI , MANAJEMEN , BISNIS DAN SOSIAL Pengaruh Media Sosial Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Pada Shopee,” vol. 4, no. November, pp. 42–51, 2023.
[10] I. Y. S. S. R. H. R. H. et al. Novita Djafar, “Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembeli Di CV.Mufidah Kota Gorontalo,” J. Econ. Bus. Educ., vol. (1), no. May/2023, pp. 77–81, 2023.
[11] Anisa, K. Haidar, and R. Riyadi, “Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” Bitkom Res., vol. 63, no. 2, pp. 1–3, 2023, doi: 10.19184/jpe.v17i1.39093.
[12] J. jS. jP. jHulima, jD. jSoepono, jand jM. jV. j. jTielung, j“Pengaruh jKualitas jProduk, jPromosi jDan jPenetapan jHarga jTerhadap jKeputusan jPembelian jPada jWardah jDi jKota jManado,” jJ. jEMBA jJ. jRis. jEkon. jManajemen, jBisnis jdan jAkunt., jvol. j9, jno. j2, jpp. j1167–1177, j2021, j[Online]. jAvailable: jhttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34362/32290
[13] A. jO. jHarianto jand jN. jYucha, j“Pengaruh jDigital jMarketing jDan jPromosi jPenjualan jTerhadap jKeputusan jPembelian jProduk jKecantikan jDi jE-Commerce jShopee jPada jMahasiswa jUmaha,” jIQTISHADequity jJ. jManaj., jvol. j4, jno. j1, jp. j40, j2022, jdoi: j10.51804/iej.v4i1.1663.
[14] I. jZ. jZikra, jJ. jPariwisata, jF. jPariwisata, jand jU. jNegeri, j“Pengaruh jElectronic jWord jOf jMouth j( jE-Wom j) jterhadap jKeputusan jPembelian jPenggunaan jProduk jKosmetik jLT jPro jSmooth jCorrector jCream jFoundation jSurvei jpada jMahasiswi jJurusan jTata jRias jdan jKecantikan,” jJ. jPendidik. jTambusai, jvol. j7, jpp. j950–958, j2023, j[Online]. jAvailable: jhttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5379%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5379/4496
[15] B. jR. jOktaviani jand jH. jEstaswara, j“Pengaruh jElectornic jWord jOf jMouth j( jeWOM j) jdi jMedia jSosial jTwitter j@ javoskinbeuaty jTerhadap jKeputusan jPembelian jAvoskin jEffect jof jElectronic jWord jof jMouth j( jEwom j) jin jSocial jMedia j@ javoskinbeauty jon jPurchase jDecisions jof jAvoskin,” jJ. jPubl., jvol. j1, jno. j1, jpp. j10–24, j2022.
[16] W. Nissah and A. S. Putra, “YUME : Journal of Management Pengaruh Promosi , Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk DnD Twins Care di Pakisjaya Karawang,” vol. 6, no. 2, pp. 730–738, 2023.
[17] A. jD. jCahya, jR. jAndrian, jR. jC. jRamadhani, jand jE. jDwijayanti, j“Pengaruh jKualitas jPelayanan, jdan jHarga jTerhadap jKeputusan jPembelian j(Studi jKasus jRoti jBakar j97),” jJPEK j(Jurnal jPendidik. jEkon. jdan jKewirausahaan), jvol. j5, jno. j1, jpp. j175–183, j2021, jdoi: j10.29408/jpek.v5i1.3444.
[18] V. jF. jT. jAmba jand jSisnuhadi, j“Pengaruh jPromosi jTerhadap jKeputusan jPembelian jDengan jBrand jAwareness jSebagai jMediasi jPada jKonsumen jE-Commerce jShopee,” jForum jBisnis jDan jKewirausahaan jJ. jIlm. jEkon. jDan jBisnis jUniv. jMulti jData jPalembang, jvol. j11, jno. j1, jpp. j69–77, j2021, j[Online]. jAvailable: jhttps://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/download/1403/417
[19] S. S. Sitompul, G. Chrispin, and M. L. Hamzah, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor,” INVEST J. Inov. Bisnis dan Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 27–37, 2020, doi: 10.55583/invest.v1i1.18.
[20] N. M. Padmawati and I. G. A. K. G. Suasana, “Peran Kepercayaan Merek Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime Di Bali,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2621, 2020, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p08.
[21] M. jMazwar jand jY. jKuleh, j“Pengaruh jE-WOM jdan jKualitas jProduk jSerta jLokasi jTerhadap jKeputusan jPembelian,” jEkon. jManajemen, jdan jAkunt., jvol. j25, jno. j2, jpp. j408–417, j2023.
[22] C. jMüller-Bloch jand jJ. jKranz, j“A jframework jfor jrigorously jidentifying jresearch jgaps jin jqualitative jliterature jreviews,” j2015 jInt. jConf. jInf. jSyst. jExplor. jInf. jFront. jICIS j2015, jno. jOctober, j2015.
[23] C. jA. jPratama jand jA. jRakhman, j“Pengaruh jbrand jambassador, jkepuasan jpelanggan jdan jbrand jawareness jterhadap jkeputusan jpembelian jproduk jacne jcare jScarlett jwhitening jdi jKelapa jGading, jJakarta jUtara,” jJ. jIlm. jHosp., jvol. j11, jno. j2, jpp. j621–628, j2022.
[24] R. jIrvawan jand jD. jC. jAmelia, j“Pengaruh jKualitas jProduk jDan jCelebrity jEndorser jDi jMedia jSosial jInstagram jTerhadap jKeputusan jPembelian jProduk jScarlett jWhitening jPada jAplikasi jShopee,” jJ. jAdm. jBisnis, jvol. j369, jno. j4, jpp. j369–379, j2023, j[Online]. jAvailable: jhttp://ojs.stiami.ac.id/index.php/JAMBIS
[25] N. jMaret, jF. jEkonomi, jand jU. jN. jWaluyo, j“Pengaruh jShopee jLive j, jBrand jAmbassador jK-Pop jEXO j, jDan jBrand jImage jTerhadap jKeputusan jPembelian jPada jProduk jScralett jWhitening jDi jE-Commerce jShopee jStudi jKasus jPada jKonsumen jScralett jKota jSemarang jYunita jTri jArviani jsatunya jShopee j. jPada jkuartal jpertama j,” jvol. j2, jno. j2, jpp. j315–325, j2024.
[26] R. jEkasari jand jT. jA. jPutri, j“Pengaruh jKualitas jPelayanan, jPersepsi jHarga, jDan jLokasi jTerhadap jKeputusan jPembelian jKonsumen,” jIQTISHADequity jJ. jManaj., jvol. j3, jno. j2, jp. j266, j2021, jdoi: j10.51804/iej.v3i2.937.
[27] V. jA. jPermatasari jand jA. jL. jHaziroh, j“Pengaruh jKualitas jProduk jDan jKualitas jPelayanan jTerhadap jKeputusan jPembelian jUlang jMelalui jKepuasan jPelanggan jProduk jScarlett jPada jE-Commerce jShopee j(Studi jPada jMahasiswa jKampus jSwasta jDi jKota jSemarang),” jEcon. jDigit. jBus. jRev., jvol. j5, jno. j1, jpp. j384–394, j2024.
[28] C. jCesariana, jF. jJuliansyah, jand jR. jFitriyani, j“Model jKeputusan jPembelian jMelalui jKepuasan jKonsumen jPada jMarketplace,” jJ. jManaj. jPendidik. jDan jIlmu jSos., jvol. j3, jno. j1, jpp. j211–224, j2022.
[29] NS jRamadhini, j“Indikator jkepuasan jpelanggan,” jJ. jIlm., jpp. j10–23, j2022, j[Online]. jAvailable: jhttp://repository.stei.ac.id/7345/3/%28BAB j2%29.pdf
[30] M. jA. jSri jWdyanti jHastuti jand jM. jAnasrulloh, j“Pengaruh jPromosi jTerhadap jKeputusan jPembelian,” jJ. jIlm. jEcobuss, jvol. j8, jno. j2, jpp. j99–102, j2020, jdoi: j10.51747/ecobuss.v8i2.622.
[31] D. jSolihin, j“Pengaruh jKepercayaan jPelanggan jDan jPromosi jTerhadap jKeputusan jPembelian jKonsumen jPada jOnline jShop jMikaylaku jDengan jKeputusan jPembelian jSebagai jVariabel jIntervening,” jJ. jMandiri j jIlmu jPengetahuan, jSeni, jdan jTeknol., jvol. j4, jno. j1, jpp. j38–51, j2020, jdoi: j10.33753/mandiri.v4i1.99.
[32] D. jMarlius jand jN. jJovanka, j“Pengaruh jHarga jDan jPromosi jTerhadap jKeputusan jPembelian jKonsumen jY.O.U jPada jHasanah jMart jAir jHaji,” jJ. jEcon., jvol. j2, jno. j2, jpp. j476–490, j2023, jdoi: j10.55681/economina.v2i2.326.
[33] K. Prilano, A. Sudarso, and F. Fajrillah, “Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada,” J. Bus. Econ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.56.
[34] D. jC. jA. jKadi, jH. jPurwanto, jand jL. jD. jRamadani, j“Pengaruh jE-Promotion, jE-WOM jdan jlokasi jterhadap jkepuasan jkonsumen jmelalui jkeputusan jpembelian jsebagai jvariabel jintervening,” jManag. jBus. jRev., jvol. j5, jno. j2, jpp. j224–238, j2021, jdoi: j10.21067/mbr.v5i2.5833.
[35] L. jLuthfiyatillah, jA. jN. jMillatina, jS. jH. jMujahidah, jand jS. jHerianingrum, j“Efektifitas jMedia jInstagram jDan jE-Wom j(Electronic jWord jOf jMouth) jTerhadap jKeputusan jPembelian jSerta jKeputusan jPembelian,” jJ. jPenelit. jIPTEKS, jvol. j5, jno. j1, jpp. j101–115, j2020, jdoi: j10.32528/ipteks.v5i1.3024.
[36] Agustina jRennie, jHinggo jTachta jHichmaed, jand jZaki jHammam, j“Pengaruh jBrand jAmbassador, jE-WOM, jdan jBrand jTrust jTerhadap jKeputusan jPembelian jProduk jErigo,” jJ. jIlm. jMhs. jMerdeka jEMBA, jvol. j2, jno. j1, jpp. j1–11, j2023.
[37] H. jHardoko, j“Pengaruh je-WOM j(Electronic jWord jof jMouth) jTerhadap jKeputusan jPembelian jonline jdi jDaerah jIstimewa jYogyakarta,” jKaji. jEkon. jdan jBisnis, jvol. j15, jno. j1, j2020, jdoi: j10.51277/keb.v15i1.64.
[38] D. Sosial, P. Masyarakat Desa, dan Perlindungan Anak, and S. Barat, “to Cite: Putra, Anton Sarni Eka. 2021. Pengaruh Kompetensi dan Integritas terhadap,” Kinerja Perangkat Desa, vol. 5, no. 1, pp. 24–35, 2021, [Online]. Available: http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS
[39] A. jT. jSantosa, j“Pengaruh jKualitas jPelayanan, jKualitas jProduk, jStore jAtmosphere, jDan jE-Wom jTerhadap jProses jKeputusan jPembelian j(Survei jTerhadap jKonsumen jZenbu-House jof jMozaru jParis jVan jJava, jBandung),” jJ. jManaj. jMaranatha, jvol. j18, jno. j2, jpp. j148–158, j2019, jdoi: j10.28932/jmm.v18i2.1613.
[40] S. jFitri, jZ. jNasution, jand jD. jSimanjuntak, j“Pengaruh jHarga, jProduk jdan jPromosi jterhadap jKeputusan jPembelian jdi jToko jkhanza jAeknabara,” jRemik, jvol. j6, jno. j3, jpp. j408–417, j2022, jdoi: j10.33395/remik.v6i3.11563.
[41] D. E. C. Na and C. Hipertensiva, structural equation modelling (sem) berbasis varian : konsep dasar dan aplikasi dengan program smartpls 3.2.8 dalam riset bisnis jakarta PT inkubator penulis indonesia 2019.
Published
2024-07-30
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 4 times