PENGARUH PRICE, STORE ATMOSPHERE, TANGIBLE DAN EMPATHY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA RICHEESE FACTORY DI BANDUNG RAYA

  • Nur Fakhirah Khairunnisa Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Hariyadi Triwahyu Putra Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Kata Kunci: Price, Store Atmosphere, Tangible, Empathy,Customer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Pengaruh Price, Store Atmosphere, Tangible, juga Empathy terhadap Customer Satisfaction Richeese Factory di Bandung Raya. Insrumen dari penelitian ini sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, juga uji hipotesis. Instrumen-instrumen tersebut digunakan sebagai alat analisis data dari responden pelanggan Richeese Factory yang berdomisili di Bandung Raya dengan kategori usia 15-35 tahun. Jumlah responden yang ditetapkan di dalam penelitian ini sejumlah 100 orang. Alat analisis data yang diterapkan  untuk uji insrumen data yaitu software SPSS versi 25. Dari hasil penelitian ini diketahui Price & Store Atmosphere tidak berpengaruh terhadap Customer Satisfaction, sedangkan Tangible & Empathy berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Satisfaction. Kemudian, diketahui bahwa Price, Store Atmosphere, Tangible dan Empathy berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction secara simultan. Pembeda penelitian ini dari penelitian terdahulu yaitu objek yang dinilai dalam penelitian ini adalah Richeese Factory di Bandung Raya.

References

Ali, H. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. Jurnal Internasional Studi Pemasaran 7, 7(2). https://doi.org/10.5539/ijms.v7n2p35
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Andreas Sukarasa, Devi Phina, Dyah Ratna Anggraini, Jimmy Jaya Nugraha, Kevin Andrianto Rivansky, E. A. (2022). the effect of Price and perceived quality dimensions on Customer Satisfaction. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 5. https://doi.org/10.21632/perwira
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Beni Agus Setiono, S. H. (2022). influence of service quality with the dimension of reliability, responsiveness, assurance, Empathy and Tangibles on Customer Satisfaction. Journal of Economics, Business and Anagement Research, 6. https://doi.org/10.1505/ijebmr.2022.6924
Effendy, F. H. (2019). Effect of Quality Service, Price and Store Atmosphere on Customer Satisfaction (Study on Cangkir Coffee Shop in Surabaya). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 123–148. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i2.2033
Fandy Tjiptono, G. C. (2016). Service, quality dan satisfaction 4. Yogyakarta: penerbit ANDI.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis multivariate dengan program ibm spss 21 update pls regresi (I). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gilbert, A. (2005). Dasar-dasar riset pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Goklas Agus Efendi Sianturi Lila Muliani, H. P. R. S. (2021). pengaruh cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen ragusa es krim italia. Hospitaliti Dan Pariwisata, 3 No.1. http://ojs.stiami.ac.id
Handoko, J. L. (2023). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Berunding Coffee Yogyakarta. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.37715/jp.v8i3.2985
Kotler and Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler and Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (13th ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Lauw, J., & Kunto, Y. S. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di The Light Cup Cafe Surabaya Town Square Dan The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–7.https://www.neliti.com/publications/132466
Lembang, R. D. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II di Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021a). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), 88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216
Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021b). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. BIP’s Jurnal Bisnis Perspektif, 13(2), 88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216
Lubis, A. S. dan N. R. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Business Administration, 1, 232–243. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619
Mahfud, I. A., Soleh, A., & Nurzam, N. (2021). The Effect of Taste and Service Quality on Customer Satisfaction in Pertamax Mie Ayam Bakso, Kaur Regency. Journal of Indonesian Management (JIM), 1(3), 244–251. https://doi.org/10.53697/jim.v1i3.164
Maris Agung Triandewo, R. P. I. (2021). the effect of service quality, Store Atmosphere, and Price fairness on Customer Satisfaction and their impact to customer loyalty on kopi kenangan in jakarta. International Journal of Business, Economics and Law, 25(2). https://www.ijbel.com/wp-content/uploads/2022/01/IJBEL25.ISU-2_52.pdf
Minor, M. J. . dan M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Muhajada, I. N., & Setiawati, C. I. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN Jurusan S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis , Universitas Telkom. 7(2),6855–6862.https://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30129
Ni Putu Shinta Vishuda Yoga Sasmitha, I Wayan Ruspendi Junaedi, & I Gede Agus Mertayasa. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen di Bhineka Muda Merdeka Denpasar. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(3), 155–163. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i3.308
Nofrianda, H. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Industry/ Toko Bakery di Kota Bengkulu). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 71–85. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.71-85
Pamela Montung, Jantje Sepang, D. A. (2015). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price Perception to Customer Satisfaction on Kawan Baru Restaurant. 15(303), 308. https://doi.org/10.1093/nq/s9-XII.303.308-b
Phillip Kotler and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management (15th ed.). Jakarta: Pearson Education Limited.
Putri, L. H. (2014). Pengaruh Store Atmosphere terkadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan ( Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116733
Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(5), 2. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3072
Rusydi. (2017). Customer Excelence (1st ed.). Gosyen Publishing. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/20241
Sadewa, H. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan BangunanDi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu PintuKota Semarang. Journal of Politics and Government Studies, 7(2).https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/20241
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article=3 450585&val=13365&title=Pengaruh%20Kualitas%20Pelayanan%20dan%20Harga%20terhadap%20Kepuasan%20Konsumen%20pada%20Dsruput%20Lapai%20Padang
Sekaran & Bougie. (2017). Metode penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Soekotjo, W., & Astuti, L. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Restoran Mamamia Madiun). Journal of Economic, Accounting and Management Service , 2(1), 1–14. https://www.jeams.ovari.id/index.php/jeams/article/view/14
Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunyoto. (2013). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/144174/slug/konsep-dasar-riset-pemasaran-dan-perilaku-konsumen.html
Syahfitri, A., Nasution, Z., & Hanum, F. (2023). Analysis of The Influence of Price, Quality of Service, Facilities and Location on Customer Satisfaction at Cafe Dapur Kampung, Marbau District. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(3), 476–483. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1663
Tanu, M., Sondang, Y., Si, S., Sc, M., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2009). Jade, Imperial. Dictionary of Gems and Gemology, 1(1), 480–480. https://doi.org/10.1007/978-3-540-72816-0_11862
Tjiptono, F. dan G. C. (2016). Pemasaran Strategic. Yogyakarta: Andi.
Utami, christina widya. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Utomo, P., Maskur, A., & Ekonomi, J. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan (Studi pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang). Fokus Ekonomi, 17(1), 40–60. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe
Wardhana, F. A., & Sitohang, F. M. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Tempat Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warkop Benpadang Sidoarjo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(3), 1–19. https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3942/#:~:text=Hasil%20penelitian%20ini%20menunjukan%20bahwa%20variabel%20produk%20tidak,bagi%20anak%20muda%20yang%20berkunjung%20di%20tempat%20tersebut.
Yamit, Z. (2017). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Yulisetiarini, D., & Mawarni, T. D. (2021). The influence of service quality, brand image, and Store Atmosphere on customer loyalty through Customer Satisfaction at indomaret plus jember. Quality - Access to Success, 22(181), 101–104. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103808
Zhong Y, M. H. (2020). What Drives Customer Satisfaction, Loyalty, and Happiness in Fast-Food Restaurants in China? Perceived Price, Service Quality, Food Quality, Physical Environment Quality, and the Moderating Role of Gender. Foods. https://doi.org/10.3390/foods9040460
Published
2024-11-21
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times