Gaya Komunikasi Wali Kota di Instagram: Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Alif Nasution

  • M.Alfian Rosidi Anwar Universitas Dr. Soetomo
  • Nur'annafi Farni Syam Maella Universitas Dr.Soetomo
  • Iwan Joko Prasetyo Universitas Dr. Soetomo
  • Didik Sugeng Widiarto Universitas Dr. Soetomo
  • Nevrettia Christantyawati Univesitas Dr. Soetomo
Keywords: : Communication Style; Instagram; Leadership; Mayor; Posts

Abstract

Seorang pemimpin dituntut untuk memiliki keterampilan dalam membangun hubungan yang baik. Hubungan tersebut tidak terbatas pada ranah internal saja, namun juga di ranah eksternal. Penelitian ini menyoroti gaya komunikasi pemimpin dalam melakukan komunikasi di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi di Instagram Pemerintah Kota Solo dan Instagram Pemerintah Kota Medan. Metode dalam penelitian ini adalah semiotika Roland Barthes, dimana yang menjadi unit analisisnya adalah postingan di Instagram Pemerintah Kota Solo dan Instagram Pemerintah Kota Medan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya komunikasi Gibran Rakabuming Raka lebih dominan oleh gaya komunikasi director, gaya komunikasi agresif, dan gaya komunikasi pasif. Sementara itu, gaya komunikasi Bobby Alif Nasution lebih didominasi dengan gaya komunikasi reflective, gaya komunikasi asertif, dan gaya komunikasi tegas.

References

Allen, G., Bajaj, A., Khatri, V., Ram, S., & Siau, K. (2006). Advances in Data Modeling Research. Communications of the Association for Information Systems, 17(1), 30.
Allen, M. (2017). The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. SAGE Publications.
Brogan, C. (2010). Social media 101: Tactics and tips to develop your business online. John Wiley & Sons.
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi Kedua). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Cole, G. (2018). Beyond Labelling: Rethinking the Role and Value of the Refugee ‘Label’ through Semiotics. Journal of Refugee Studies, 31(1), 1–21. https://doi.org/10.1093/jrs/fex021
Damayanti, N. (2015). Gaya komunikasi jokowi pada debat politik pilpres 2014. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(2), 153–163.
Elaine, M. (2024). Jokowi akan Beri Penghargaan Wali Kota Berprestasi ke Gibran dan Bobby di Surabaya Pekan Ini. https://www.suarasurabaya.net/politik/2024/jokowi-akan-beri-penghargaan-wali-kota-berprestasi-ke-gibran-dan-bobby-di-surabaya-pekan-ini/
Hidayati, F. (2021). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 145–161.
Huberman, A., Miles, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. The United States of America: SAGE Publications.
Hutapea, L. (2016). Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Instagram. (2024a). Profil Instagram Pemerintah Kota Medan. https://www.instagram.com/pemko.medan/
Instagram. (2024b). Profil Instagram Pemerintah Kota Solo. https://www.instagram.com/pemkot_solo/
Kauppinen-Räisänen, H., & Jauffret, M.-N. (2018). Using colour semiotics to explore colour meanings. Qualitative Market Research: An International Journal, 2(1), 101–117.
Kawasati, R. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. In Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong (Vol. 21, Issue 58).
Kusuma, P., & Nurhayati, I. (2017). Analisis semiotika roland barthes pada ritual otonan di Bali. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195–217.
Liliweri, A. (2010). Komunikasi serba ada serba makna. Kencana.
Martianto, R., & Toni, A. (2021). Analisis semiotika gaya komunikasi milenial bambang soesatyo melalui youtube podcast. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 13–28.
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa t PEKOMMAS, 16(1), 73–82.
Rafiq, A., Widaningsih, T., & Diana, R. (2022). Representasi Gaya Komunikasi Agus Harimurti Yudhoyono Dalam Komik Strip: Analisa Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Fanpage Komikkita. Jurnal Akrab Juara, 7(2), 238–257.
Rulli, N. (2017). Media sosial perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Sembodo, A., Faisal, T., Swarnawati, A., Riandi, R., & El Hassan, I. (2022). Gaya Komunikasi Nadiem Makarim. Communication, 13(1), 55–69.
Trochim, W., Trochim, Donnelly, Donnelly, J., & Arora, K. (2014). Research Methods: The Essential Knowledge Base. Cengage Learning.
Published
2024-07-26
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times