Strategi Anugerah Lestari Mobil (ALMO) Medan Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

  • Hermanto Salim Universitas Prima Indonesia
  • Muhammad Agung Anggoro Universitas Prima Indonesia
  • Munawarah Munawarah Universitas Sumatera Utara
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Anugerah Lestari Mobil (ALMO)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa strategi Anugerah Lestari Mobil (ALMO) dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mix methods). Peneliti menggunakan teknik yang dikenal dengan “sampling jenuh”. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 pelanggan. Hasil penelitian dengan pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Amilia, S., & Nst, M. O. (2017, Mei). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VI(1), 660-669. Retrieved Agustus 15, 2023, from https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
Anita, S. Y., Amiruddin, E. E., Wahyuni, R., Wiratmo, L. B., Mustafa, F., Khairo, F., . . . Nurhayati, N. (2023). Perilaku Konsumen. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Budi, P. V., & Yasa, N. N. (2023). Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Niat beli Ulang: Konsep dan Aplikasi Pada Studi Kasus . Binangun: Media Pustaka Indo.
Darmaawan, D., Sutono, Batubara, H. C., Mesa, A. N., Sofiana, S., Saksono, H., . . . Dwijayanti, A. (2023). Strategi Marketing Era 5.0. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Dewi, I. A., & Giantari, I. G. (2023). Niat Beli Konsumen Berbasis Sikap, Norma Subyektif, dan Kualitas Produk. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Dewi, P. A., Rahanatha, G. B., Yasa, N. N., & Dana, I. M. (2023). Kualitas Produk, Brand Image, dan Niat Beli Ulang: Konsep dan Studi pada Konsumen Minyak Oles "Bokashi". Tulung: Lakeisha.
Effendi, H. (2017). Keuangan Negara: Suatu Tinjauan Komprehensif dan Terpadu. Surabaya: Airlangga University Press.
Effendi, N. I., Mulyana, M., Apriani, A., Titing, A. S., Nugroho, H., Purnama, D., . . . Dewanthi, D. S. (2022). Strategi Pemasaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen: Studi Terhadap Word Of Mouth, Kualitas Layanan dan Citra Merek. Serang: Bintang Sembilan Visitama.
Nadya, S., & Fadli, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga, dan Strategi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas Honda pada Arengka Auto Mall Pekanbaru. Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), XXI(01), 43-55. doi:http://dx.doi.org/10.31258/jab.21.1.43-55
Pratama, A. R., Santoso, E., & Hartono, S. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Showroom Mobil Manggala Motor Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kewarganegaraan, VI(2), 3825-3834. Retrieved January 10, 2024, from https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3590/pdf
Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuisioner. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Sahrun, Qomariyah, E., & Febriyah, A. (2021). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Siswanto, A., Haryono, A. T., & Fathoni, A. (2018). PENGARUH INOVASI PRRODUK, EKSPEKTASI INOVASI DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU SIGRA DI SEMARANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Journal of Management, IV(4). Retrieved January 10, 2024, from https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/998
Suwitho. (2022). Pengusaha yang Sukses Pasti Menjaga Kepuasan Pelanggannya: Sebuah Monograf dari Sudut Pandang Manajemen Pemasaran. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Published
2024-07-24
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times