MEMAHAMI DAMPAK TANTANGAN PRIVASI TERHADAP PENGUNGKAPAN DATA KONSUMEN DALAM PEMASARAN: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS

Authors

  • Aulia Hainung Savitri Universitas Airlangga
  • Aldo Septa Nugraha Universitas Airlangga
  • Arman Arman Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.11589

Keywords:

Kata Kunci: Privacy Challenges, Consumer Willingness, Personal Data Disclosure, Digital Marketing Platforms, Algorithm Awareness, Brand Betrayal, Risk Perception, Benefit Perception, Transparent Advertising, Consumer trust

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak tantangan privasi terhadap kesediaan konsumen untuk mengungkapkan data pribadi mereka di platform pemasaran digital. Menggunakan metode systematic literature review dengan kerangka PRISMA, data diekstraksi dari ScienceDirect dan 10 artikel dipilih untuk analisis lebih lanjut. Temuan utama menunjukkan bahwa kesadaran pengguna terhadap algoritma meningkatkan kepercayaan dan mempengaruhi keputusan pengungkapan data pribadi. Pengalaman pengkhianatan oleh personel merek meningkatkan kecenderungan konsumen untuk mengungkapkan informasi pribadi, terutama jika didorong oleh pola pikir afirmasi sosial. Persepsi manfaat yang lebih tinggi daripada risiko mempengaruhi kesediaan konsumen untuk memberikan data pribadi, terutama dalam layanan perbankan mobile dan aplikasi berbagi ekonomi. Selain itu, iklan yang transparan dan objektif dapat mengurangi dampak negatif kekhawatiran privasi terhadap sikap dan niat penggunaan teknologi. Penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai faktor seperti kesadaran algoritma, pengalaman pengkhianatan merek, persepsi risiko dan manfaat, serta transparansi iklan mempengaruhi kesediaan konsumen untuk mengungkapkan data pribadi, dan memahami interaksi faktor-faktor ini sangat penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan memperkuat kepercayaan konsumen di era digital.

References

Cheng, J., Chen, B., & Huang, Z. (2023). Collective-based ad transparency in targeted hotel advertising: Consumers’ regulatory focus underlying the crowd safety effect. Journal of Retailing and Consumer Services, 72. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103257
Hayes, J. L., Brinson, N. H., Bott, G. J., & Moeller, C. M. (2021). The Influence of Consumer–Brand Relationship on the Personalized Advertising Privacy Calculus in Social Media. Journal of Interactive Marketing, 55, 16–30. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2021.01.001
Kim, Y., Kim, S. H., Peterson, R. A., & Choi, J. (2023). Privacy concern and its consequences: A meta-analysis. Technological Forecasting and Social Change, 196. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122789
Lu, C. H. (2024). The moderating role of e-lifestyle on disclosure intention in mobile banking: A privacy calculus perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 64. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2024.101374
Shahidi, N., Tossan, V., Bourliataux-Lajoinie, S., & Cacho-Elizondo, S. (2022). Behavioural intention to use a contact tracing application: The case of StopCovid in France. Journal of Retailing and Consumer Services, 68. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.102998
Shin, D., Kee, K. F., & Shin, E. Y. (2022). Algorithm awareness: Why user awareness is critical for personal privacy in the adoption of algorithmic platforms? International Journal of Information Management, 65. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2022.102494
Souka, M., Bilstein, N., & Decker, R. (2024). Give me your data and I’ll dress you: A two-sided messaging approach to address privacy concerns surrounding in-store technologies. Journal of Business Research, 172. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114396
Tan, T. M., Salo, J., & Aspara, J. (2024). You fooled me, so I’ll tell you about myself! personnel-related brand betrayal experiences and disclosure of personal information. Journal of Business Research, 171. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114367
Tang, Y., & Ning, X. (2023). Understanding user misrepresentation behavior on social apps: The perspective of privacy calculus theory. Decision Support Systems, 165. https://doi.org/10.1016/j.dss.2022.113881
Xiao, Y., & Watson, M. (2017). Guidance on Conducting a Systematic Literature Review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93–112. https://doi.org/10.1177/0739456X17723971
Zhu, Y., & Grover, V. (2022). Privacy in the sharing economy: Why don’t users disclose their negative experiences? International Journal of Information Management, 67. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2022.102543

Downloads

Published

2024-12-06