Digitalisasi Rantai Pasok Melalui Prototype Aplikasi Untuk Komoditas Unggulan Sulawesi Tengah

  • Rahma Rahma Universitas Tadulako
  • Suryadi Hadi Universitas Tadulako
  • Sulaeman Miru Universitas Tadulako
Keywords: Digitalisasi, Rantai pasok, Aplikasi, Komoditas Unggulan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat prototype aplikasi digitalisasi rantai pasok komoditas unggulan Sulawesi Tengah yang mencakup komoditas beras, jagung dan kelapa. Prototype aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi harga komoditas dan menjadikan pasar lebih mudah diakses oleh petani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan responden 10 orang, diantaranya adalah petani, tengkulak, pengepul besar, dan pedagang pengecer. Pembuatan prototype aplikasi rantai pasok komoditas unggulan Sulawesi Tengah menggunakan metode Waterfall (metode air terjun) yang memerlukan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi sistem, dan pengujian Prototype aplikasi. Hasil penelitian berupa prototype aplikasi yang dapat memudahkan petani dalam mengakses informasi pasar. Prototype aplikasi telah diuji mulai dari halaman login, dashboard, daftar produk, artikel, fitur komunitas barang, jadwal transportasi, dan manajemen pengguna. Fitur prototype berjalan baik, namun prototype ini masih memiliki kekurangan yang memerlukan pengembangan lebih lanjut agar bisa difungsikan untuk mengontrol dan membantu digitalisasi rantai pasok komoditas unggulan Sulawesi Tengah.

References

Adam, R. P., Suardi, S., & Lahay, M. (2023). Pricing strategy and marketing distribution channels on customer satisfaction and purchasing decision for green products. Uncertain Supply Chain Management, 11(4), 1467–1476. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.7.022
Bezrukova, N., Huk, L., Chmil, H., Verbivska, L., Komchatnykh, O., & Kozlovskyi, Y. (2022). Digitalisasi sebagai Tren Perkembangan Modern Dunia Ekonomi.
Furqana, A. C., Karim, F., Yuniar, L. S., Gunarsa, A., & Erwinsyah, E. (2023). The effects of information and communication technology on village development performance. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1941–1948. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.6.018
Hadi, S., Thahir, H., Hidayah, N., Abdullah, M. I., Karim, F., Rombe, E., & Mendi, R. I. (2022). Sustainable marine ecotourism in the togean islands during the covid-19 pandemic. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1075(1), 012055. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1075/1/012055
Hidayat, A. R., Alifah, N., & Rodiansjah, A. A. (2023). Kontribusi Digitalisasi Bisnis Dalam Menyokong Pemulihan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran di Indonesia. Syntax Idea, 5(9), 1259–1269. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i9.2559
Ignat, V. (2017). Digitalization and the global technology trends. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 227, 012062. https://doi.org/10.1088/1757-899X/227/1/012062
Lukman S Suplay Chain Management.pdf. (2021.).
Mangun, N., Rombe, E., Taqwa, E., Sutomo, M., & Hadi, S. (2021). AHP STRUCTURE FOR DETERMINING SUSTAINABLE PERFORMANCE OF INDONESIAN SEAFOOD SUPPLY CHAIN FROM STAKEHOLDERS PERSPECTIVE. 24(7).
Naibaho, R. S. (2017). PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN.
Oswald, G., & Kleinemeier, M. (Eds.). (2017). Shaping the Digital Enterprise. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40967-2
Pautina, A. R. (2017). KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIMBINGAN KONSELING. 5. Rejeki Bangun, dkk.pdf. (2023.).
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.005 Sugiyono, 2013.pdf. (2013.).
Suparman, S., Muzakir, M., Wahyuningsih, W., Tope, P., & Ponirin, P. (2023). Promoting tourism governance and supply chain management in the competitiveness of tourism sector. Uncertain Supply Chain Management, 11(3), 1247–1256. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.3.023
Syamsuddin, Saharuddin, Yusrizal, Dharmawati, T., & Fatmawati, E. (2023). Utilizing Blockchain Technology in Global Supply Chain Management: An Exploration of Scalable Information Systems. ICST Transactions on Scalable Information Systems, 11(1). https://doi.org/10.4108/eetsis.4374
Thahir, H., Rombe, E., . P., Vesakha, G., & Hadi, S. (2018). Analysis of Internal Risk Management in Indonesian Seaweed Farming. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.15), 200. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.15.21446
Vesakha, Z., Hadi, S., & Zahara, G. (2019). Bagaimana Cara Mengurangi Sampah Makanan di Restoran Kecil di Indonesia? 8.
Widowati, D., Darasih, R., & Ibrahim, H. D. (2023). DIGITALISASI RANTAI PASOK TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI INTEGRASI INTERNAL. Action Research Literate, 7(9), 97–116. https://doi.org/10.46799/arl.v7i9.165
Yamanda S C, Pamungkas B P, Permana B, Hendrawan B, & Sahara S. (2023). Analisis Dari Dampak Yang Terlihat Pada Perkembangan E-Commerce Di Era Digitalisasi Dan Rantai Pasok Logistik. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8218081
Yulius, R., Nasrullah, M. F. A., Sari, D. K., & Alban, M. A. (2022). DESIGN THINKING: KONSEP DAN APLIKASINYA.
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business & Management, 10(2), 2204592. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592
Zahara, Z., Muslimin, M., & Chintya Dewi Buntuang, P. (2022). The impact of marketing innovations and business plans on business sustainability during the COVID-19 pandemic. Innovative Marketing, 18(3), 121–135. https://doi.org/10.21511/im.18(3).2022.11
Published
2024-08-02
Abstract viewed = 13 times
pdf downloaded = 7 times