Analisis Pengelolaan Administrasi Keuangan Pada Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan Keuangan Pada Kantor Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data secara detail dan bermanfaat, sehingga pada Kecamatan Tulangan memiliki beberapa tahab untuk pengelolaan administrasi keuangan yaitu : Perencanaan, Pencairan, Belanja, Pelaporan. Hasil dari penelitian yaitu terdapat anggaran belanja kantor kecamatan tulangan pada tahun 2022 sebesar Rp 6.290.506.732,00 yang mencangkup belanja pegawai sebesar Rp 3.882.946.680,00, belanja barang dan jasa sebesar Rp 2.297.079.772,00, dan belanja modal peralatan dan mesin sebesar Rp 110.480.280,00. Dari anggaran tersebut pada tahun 2022 penyerapan anggaran sebesar Rp 5.846.296.232,00 atau sebesar 92,94 %.. kesimpulan pada penelitian ini pengelolaan keuangan pada kecamatan tulangan masih belum bisa maksimal 100% tereaslisasi sehingga dampaknya seksi keuangan pada kantor Kecamatan Tulangan membuat laporan keuangan sisa anggaran sehingga anggaran yang tidak terealisasikan dikembalikan ke kas negara, hal tersebut membuat perhitungan keuangan belum tertata dengan baik.
References
[2] R. Indonesia, “Undang-Undang nomor 17 tahun 2003 tentang,” Keuangan Negara, 2003.
[3] H. A. Z. Sembiring dan R. R. Prana, “The Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Guna Menilai Kinerja Keuangan Sekolah Dasar,” Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), vol. 5, no. 1, hlm. 233–241, 2023.
[4] M. Edowati, H. Abubakar, dan M. Said, “Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Deiyai,” Indonesian Journal of Business and Management, vol. 4, no. 1, hlm. 87–96, 2021.
[5] Supardi dan Aulia Anshari, “Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Ptpn Ix Batujamus,” Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, vol. 1, no. 1, hlm. 85–95, 2022, doi: 10.55606/jupumi.v1i1.243.
[6] Y. H. Rahmawati, E. Roesminingsih, dan N. Hariyati, “Analisis pengelolaan administrasi keuangan sekolah (studi kasus pada smp lab unesa),” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 9, no. 1, hlm. 38–49, 2022.
[7] R. Mendrofa, M. M. BATE’E, dan Y. N. TELAUMBANUA, “Analisis pengelolaan administrasi keuangan Pada Kantor Pengadilan Agama Gunungsitoli,” Jurnal Ilmiah Maksitek, vol. 7, no. 3, hlm. 1–9, 2022.
[8] M. A. Ja’o, A. Rengga, dan E. Luju, “Analisis Pengelolaan Administrasi Keuangan Dan Anggaran Pada Kantor Camat Waigete,” Jurnal Projemen UNIPA, vol. 10, no. 3, hlm. 50–60, 2023.
[9] M. H. Waruwu, S. Gulo, P. Lahagu, O. Halawa, dan O. Laia, “Analisis Tata Kelola Pemerintahan Desa Dalam Pengelolaan Administrasi dan Keuangan,” Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, vol. 2, no. 1, hlm. 44–47, 2023.
[10] A. Syukron dan Purwaningsih, “Sistem Informasi Manajemen Administrasi Keuangan Panti Asuhan Berbasis Website,” Jurnal Responsif : Riset Sains dan Informatika, vol. 2, no. 2, hlm. 150–157, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i2.246.
[11] I. Bararah dan M. Pd UIN Ar-Raniry Banda Aceh, “PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN,” vol. 10, no. 2, doi: 10.22373/jm.v10i2.7842.
[12] “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus 2022”.
[13] E. Sasmita Susanto, F. Hamdani, dan Y. Tari, “Sistem Informasi Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Al-Kahfi),” Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, vol. 2, no. 1, hlm. 7–14, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i1.553.
[14] M. Waruwu, “Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, hlm. 2896–2910, 2023.
[15] F. Silkyanti, “Analisis peran budaya sekolah yang religius dalam pembentukan karakter siswa,” Indonesian Values and Character Education Journal, vol. 2, no. 1, hlm. 36–42, 2019.
[16] O. D. Handayani, “Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sebagai Sarana Sosialisasi bagi Anak,” PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 8, no. 2, 2019.
[17] M. Rahardjo, “Metode pengumpulan data penelitian kualitatif,” 2011.
[18] M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, dan S. J. Merliyana, “Metode penelitian kualitatif studi pustaka,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, hlm. 974–980, 2022.
[19] M. S. Jailani, “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, hlm. 1–9, 2023.
[20] M. A. Thalib, “Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya,” Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, vol. 5, no. 1, hlm. 23–33, 2022.
Copyright (c) 2024 Wisnu Panggah Setiyono, Agung Tovanda Putra, Supardi Supardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.