Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, Pengadaan Barang Dan Jasa Dan Pencatatan Administrasi Terhadap Penyerapan Apbd Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

  • Novianti Mugi Rahayu Universitas Stikubank
  • Sri Isnowati Universitas Stikubank
Keywords: Kualitas SDM, Pelaksanaan Anggaran, Perencanaan Anggaran, Pencatatan Administrasi, Pengadaan Barang dan Jasa dan Penyerapan Anggaran

Abstract

Otonomi daerah memberi kebebasan mengelola sumber daya sesuai dengan kepentingan, prioritas dan peluang lokal, serta bertanggung jawab kepada publik. Anggaran memegang peran yang krusial dalam Pemerintahan Daerah, karena anggaran digunakan untuk menjalankan program kegiatan yang direncanakan oleh instansi tersebut. Setiap instansi dituntut untuk transparan, akuntabel, efisien dan efektif dalam menggunakan anggaran agar terciptanya good governance. Penelitian ini berfokus pada pendekatan kuantitatif dengan tujuan menjelaskan analisis data numerik dengan metode statistik untuk mengetahui  pengaruh kualitas SDM, pelaksanaan anggaran, perencanaan anggaran, pengadaan barang dan jasa, dan pencatatan administrasi terhadap penyerapan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh langsung dari partisipan melalui pengisian kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari 42 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan jumlah sampel sebanyak 126 orang. Hasil penelitian (1) Variabel pelaksanaan anggaran, perencanaan anggaran, pengadaan barang dan jasa, serta pencatatan administrasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, (2) Variabel kualitas SDM tidak mempengaruhi penyerapan APBD, (3) Variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi penyerapan APBD juga mempunyai hasil positif signifikan.

 

References

Abdul Halim. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Achmadi, Abu dan Narbuko Cholid. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi. Aksara.
Ahmad Yani. 2013. Hubungan Keuangan Antar Pemerintah Pusat dan Daerah di. Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Anggita, M. S. dan Budi, Y. A. B. 2023. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Pada Direktorat Jenderal Anggaran. Jurnal Ekonomi Trisakti. Vol. 3. No. 1. pp. 1339-1350.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bastian, I. 2015. Akuntansi Sektor Publik : Suatu Pengantar. Yogyakarta: Erlangga.
Devas, Nick dkk. 2010. Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Elim, M. A., Ndaparoka, D. S., dan Tomasowa, T. E. D. 2018. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Kota Kupang. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Audit. Vol. 3. No. 2. pp. 46–56.
Ferdinan., Isnurhadi., Widiyanti, M., Adam, M. 2020. Pengaruh Perencanaan Anggaran dan Pelaksanaan Anggaran terhadap Penyerapan Anggaran dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 17. No. 2. pp.117-134.
Gagola, L. S., Sondakh, J. J., dan Warongan, J. D. L. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “Goodwill,”. Vol. 8. No.1. pp. 108–117.
Ghozali, Imam. 2016. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan ke VIII. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, S. A. S., Taufik, T., dan Nurazlina. (2020). Pengaruh Perencanaan Anggaran , Pelaksanaan anggaran , Pencatatan Administrasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Tingkat Penyerapan Anggaran ( Studi Empiris pada OPD Kota Dumai ). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, Vol. 13. No 1, pp. 1–10.
Kuncoro, Mudrajad. 2013. Mudah Memahami & Menganalisis Indikator Ekonomi. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mahsun, Mohamad. 2018. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pert. Yogyakarta: BPFE.
Mardiasmo, 2018. Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta : Andi.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Oktaliza, Y., Ahyaruddin, M., dan Putri, A. M. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau. Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal.
Putra, F. B., Kennedy, dan Zarefar, A. 2021. Pengaruh Perencanaan Anggaran, Pencatatan Administrasi, dan Kompetensi Sumber Daya ManusiaTerhadap Penyerapan Anggaran (Studi pada OPD Provinsi Riau). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, Vol.14 No 2. pp 221–230.
Ramdhani, D., dan Anisa, I. Z. (2017). Pengaruh Perencanaan Anggaran, Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pelaksanaan Anggaran. Jurnal Riser Akuntansi Terpadu, 10(1), 134–148.
Safpremi, Y., dan Putri, A.M. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Pasaman. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, Vol. 7 No 2. pp 188–199.
Sari, N.D., Maria, dan Indriasari, D. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Palembang. Jurnal of Economic, Business dan Accounting, Vol. 6 No 2. pp 1896–1915.
Shenny, Anggaeni. 2012. Hubungan Penyusunan Anggaran Belanja Modal Dengan Efektivitas Penyerapan Anggaran Belanja Modal. Studi pada Pemeritah Kabupate/Kota Wilayah IV Priangan Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ulandari, V., Akram dan Santoso, B. 2021. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Anggaran Belanja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Dengan Administrasi Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 31 No 6. pp 1577–1591.
Published
2024-07-26
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times