Analisa Manajemen Hubungan Pelanggan Shartpro

  • Alfi Nur Syilmi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Azizah Fauziyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghia Ghaida Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Customer Relationship Management, VRIO, Creative Agency

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan semaksimal mungkin mempertahankan bisnisnya agar berkelanjutan. Salah satu aspek penting dalam mempertahankan usaha yang berkelanjutan yaitu melalui Customer Relationship Management. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai customer relationship management yang digunakan creative agency SHARTPRO, serta melakukan Analisa customer relationship management menggunakan kerangka VRIO.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui Customer Relationship Management pada perusahaan secara mendalam dengan pengambilan data melalui kegiatan wawancara. Adapun studi literatur digunakan untuk pengambilan data mengenai teori. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa Customer Relationship Management pada SHARTPRO belum ditaraf keunggulan kompetitif berkelanjutan sehingga dibutuhkan beberapa strategi yang tepat untuk pengembangan Customer Relationship Management pada perusahaan agar usahanya dapat bertahan dan berlanjut. 

References

[1] Abu-Shanab, E. (2015). Impact of electronic customer relationship management in banking sector. International Journal of Electronic Customer Relationship Management, 253-271.
[2] Albertus Januaris Kunde, I. W. (2013). Penerapan Customer Relationship Management dengan Dukungan Teknologi Informasi pada PO. Chelsy. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 7-12.
[3] Apristi Yani Rahayu, M. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlabjutan UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Ilmi Manajemen, 1-7.
[4] Barney, J. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of managament, 99-120.
[5] Barney, J. B. (1995). Looking inside for competitive advantage. Academy of Management, 49-61.
[7] Chitra Laksmi Rithmaya, I. K. (2023). Customer Relationship Management melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bisnis Online. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 88-99.
[8] Denny Erica, H. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta. Perspektif, 168-176.
[9] Dessy Kuniawanti, B. H. (2017). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Indonesia Villajaya Dalam Upaya Membangun Loyalitas Pelanggan. Journal of Applied Business Administation, 61-73.
[10] Dodi Ngelyaratan, D. S. (2022). Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 17-34.
[11] Elkington, J. (1998). Partnerships from cannibals with forks: The triple bottom line of 21st-century business. Environmental quality management, 37-51.
[12] Ferran Giones, A. B. (2017). Digital Technology Entrepreneurship: A Desfinition and Research Agenda. Technology Innovation Management Review , 44-51.
[13] Golan Hasan, J. L. (2023). Analisa Penerapan Manajemen Hubungan Pelanggan Pada UMKM MM. Gemini di Kota Batam. Jurnal Minfo Polgan, 747-752.
[14] Hanna Silvola, E. V. (2021). The Limits of Insitutional Work: a field Study on Auditors' Effort to Promote Sustainability Assurance in a Trust Society. Accounting, Auditung & Accountability, 1-30.
[15] Houcine Akrout, A. L. (2019). Interpersonal and Interorganizational Trust in High Involment Customer Supplier Relationships: Antecedents, Consequences, and Moderators. New Insight on Trust in Business-to-Business Relationships, 87-102.
[16] Irina V Kozlenkova, S. A. (2014). Resource-based Theory in Marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 1-21.
[17] Jose Guadalupe Vargas- Hernandez, F. C. (2019). The Link between a Firm's Internal Characteristic and Perfomance: GPTW & VRIO Dimension Analysis. Revista Brasilera de Estrategela, 19-30.
[18] Maidi. (2014). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Moga Djaja di Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1-16.
[19] Nuno Cardeal, N. A. (2012). Valuable, rare, inimitable resources and organization (VRIO) resources or valuable, rare, inimitable resources (VRI) capabilities: What leads to competitive advantage? African Journal of Business Management, 10159-10170.
[20] Nur Asni Aulia, M. H. (2021). Bagaimana Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian? Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 110-126.
[21] Putri Delya, R. M. (2023). Penerapan Customer Relationship Management Pada Perusahaan KFC Indonesia. Musytari Neraca Manajemen, Ekonomi, 1-24.
[22] Putri Fajri M, K. M. (2023). Pengaruh Program Customer Relationship Managament (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Indonesia. Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi, 17-25.
[23] Rana Saifullah Hassan, A. N. (2015). Effect of Customer Relationship Management on Customer Satisfaction. Procedia Economics and Finance, 563-567.
[24] Rudi Syaiful Anwar, S. I. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei). Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 88-95.
[25] Samuel Adomako, A. D. (2015). The moderating influence of financial literacy on the relationship between access to finance and firm growth in Ghana. Venture Capital, 1-19.
[26] Santo Santo, A. R. (2022). Variabel-Variabel Rasio Keuangan yang Mempengaruhi Harga Saham Emiten yang Terdapat pada Indeks Sri Kehati di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1-15.
[27] Saragih, R. B. (2023). Usulan Model Strategi dengan Model PESTLE Framework dan VRIO Framework Pada Industri Pariwisata. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 1-13.
[28] Sarah Diffley, P. M. (2015). Extending Customer Relationship Management Into a Social Context. The Service Industries, 591-610.
[29] Sonia Sarrami, A. K. (2020). Stretegic Sense-Making and Value Creation in SMES. Utopia y Praxis Latinomericana, 477-490.
[30] Sri Kurniasih Agustin, N. D. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Creative Agency Business to Business Melalui Media Instagram Kinaja Indonesia. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 585-600.
[31] Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
[32] Susilo, J. (2012). Pengetahuan Manajemen Tentang Pemahaman Pelanggan Dan Pegawai Mengenai Green Product Terhadap Kualitas Produk Yang Dimoderasi Oleh Akuntansi Lingkungan Dan Kinerja Kualitas. Inovasi dan Kewirausahaan, 47-64.
[33] Timothy Galpin, J. L. (2015). Is Your Sustainability Strategy Sustainable? Creating a Culture of Sustainability. Corporate Governance, 1-17.
[34] Tjetjep Djatnika, A. I. (2021). Persektif Adopsi Media Sosial Sebagi Implementasi Teknologi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Pada UMKM. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 78-87.
[35] V. Kumar, W. R. (2012). Customer Relationship Management Concept Strategy Tools. London: Spinger.
[36] Wandrial, S. (2011). Analisis Internal Perusahaan (Strengh & Weakness), Menggunakan Konsep Resource Based View of The Firm dengan Kerangka VRIO. Binus Business Review, 627-637.
[37] Widya Ariyani, A. D. (2018). Operasionalisasi Analisis Internal Menggunakan Kerangka VRIO: Pengembangan Skala Organisasi Sumber Daya dan Kemampuan (Studi Kasus: Perusahaan XYZ Unit Usaha Pakan Ternak). Jurnal Penelitian Bisnis Asia, 9-14.
[38] Wijaya, H. D. (2024). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kinerja Perusahaan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1279-1289.
Published
2024-07-31
Abstract viewed = 20 times
pdf downloaded = 22 times